Menulis : Dari Hobi Menjadi Penghasilan

.Menulis

 

Menulis : dari hobi menjadi penghasilan. Kok bisa? Ya bisa donk kalau kita mau telaten dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Mengenal dunia literasi sejatinya tidak begitu membosankan kok asal kalian memiliki niat terlebih dahulu. Namun kembali lagi, niat tanpa tindakan maka tidak akan terealisasi apapun. Jika hanya niat ingin menggeluti dunia literasi tanpa dibarengi dengan kegiatan membaca buku ya sami mawon kalau kata orang Jawa nih.

Waktu saya masih duduk di bangku kuliah, saya suka sekali membuat work planner di organizer. Tahu ga waktu tahun 2000an zamannya lagi ngetrend organizer saya sampai koleksi lho. Sekarang kan zamannya journal ya semacam agenda tapi bentuknya lebih cantik karena ada printilan-printilannya.

Nah dulu saya penggila organizer. Apa saja saya tulis disitu. Seiring berjalannya waktu, saya tak ada waktu untuk menulis di organizer itu. Akhirnya beberapa ada yang dikasih ke tetangga yang membutuhkan.

Raih Impianmu Dari Hobi Mejadi Penghasilan

Banyak orang yang tak malu berkembang mencari nafkah dari hobinya. Misal ada teman yang suka masak akhirnya mencoba membuka bisnis katering rumahan. Mungkin untung rupiah tak seberapa namun dia untung kelebihan dari masakan yang dijual. Alhasil lebih mengirit biaya operasional rumah donk ya.

Nah, untuk kalian yang hobi menulis bisa kok ditekuni hingga jadi penghasilan. Namun saran saya agar jangan patah semangat ya apalagi jika tidak instan dalam menghasilkan uang.

Saya baru setahun lebih beberapa bulan menekuni hobi menulis. Lebih tepatnya kegiatan yang saya paksakan menjadi hobi karena kalau tidak begitu maka akan menguap begitu saja.

Untuk menjadikan penghasilan dari hobi bagi beberapa orang tidaklah mudah. Walau bisa saja bagi individu lainnya jalannya terbuka lebar. 

Kalau untuk saya, hobi menulis ini banyak tantangannya antara lain :
  • Harus melawan rasa malas
Terkadang rasa malas dan lelah dapat mematahkan keinginan kuat menulis dan juga membaca padahal justru tidak boleh demikian. 
  • Ada rasa senang namun juga bertanya pada diri sendiri ketika melihat teman-teman seperjuangan banyak mendapat job. 
Bertanya pada diri sendir dalam arti kenapa job belum juga menghampiri saya.Namun saya yakin bahwa rezeki itu sudah ada yang mengatur. Mungkin saat ini Tuhan masih memberi saya kesempatan bekerja di kantor dulu baru kemudian menyelesaikan impian menulis yang tersendat-sendat.

Bagi kalian yang saat ini memiliki hobi maka segera berpikir kreatif agar bisa menjadi penghasilan. Jangan banyak berpikir mengenai peluang. Peluang itu dicari bukan ditunggu.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Menulis : Dari Hobi Menjadi Penghasilan"