Tips Memilih Toko Dalam Berbelanja Online

Tips memilih toko

Saya punya tips memilih toko dalam berbelanja online nih unuk kalian semua. Siapa disini yang suka banget belanja online? Cung... Pastinya walau hanya sekali kalian pernah donk ya belanja online. Ini saya membahas sebagian besar masyarakat pengguna smartphone ya, yang bisa menginstall berbagai macam aplikasi toko daring online.


Tak ada yan salah dengan belanja di toko online. Mau sehari sampai lima kali belanja online pun juga tak apa asal ada budgetnya. Eh kalau belum ada budget tapi punya kartu kredit monggo loh. Kan fasilitas kartu kredit bisa digunakan untuk belanja online. Daripada hanya bayar iuran tahunan tanpa belanja apapun, kan sayang bingit.

Berbicara perkembangan zaman yang tak ada hentinya bahkan semakin berkembang, maka segala bentuk kemudahan akan ditawarkan oleh penyedia jasa maupun produk. Kita sebagai user tentu akan merasa senang salah satunya belanja online. Apalagi masa pandemi yang mengharuskan kita dalam membatasi diri berkumpul di luar bersama orang banyak yang tak diketahui riwayat kesehatannya.

Belanja online pun setidaknya kita memiliki trik agar tidak mudah tertipu. Ingat walau zaman sudah canggih namun namanya manusia juga pernah khilaf. Jangan sampai terulang jika pernah tertipu online shop, minimal kita sudah tahu bagaimana antisipasinya.

Jangan Sampai Salah Toko Ketika Berbelanja Online

Saya yakin di tahun 2021 ini hampir semua toko online punya media sosial. Kenapa begitu? Karena akun media sosial mereka akan menjadi pendukung dalam berjualan dan mendapatkan feedback positif.

Beberapa tips memilih toko dalam berbelanja online:
  • Cek media sosial toko tersebut. 
Media sosial toko online biasanya memiliki follower yang tidak sedikit. Kalian bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli barang dengan melihat berapa follower dan tingkat keaktifan dalam mengupload barang dagangan toko tersebut.

Lihat juga berapa jam terakhir si pelapak online di aplikasi tersebut. Biasanya sih kalau marketplace akan terlihat berapa menit yang lalu pelapak itu online. Hal ini dapat membantu mengurangi kecemasan kita ketika ingin belanja di lapak tersebut.
  • Lihat kolom komentar yang berisi testimoni dari pembelinya.
Saya selalu menghindari toko online yang menutup kolom komentar di akun Instagram mereka, Entahlah, perasaan saya mengatakan kurang bagus jika toko online tidak mau dikomentari oleh netizen. Seolah-olah timbul kecurigaan akan testimoni mengecewakan dari para pembelinya.

Saya pernah mendapatni toko sembako online yang menjual barang sembako sangat miring namun setelah di chek ternyata kolom komentarnya ditutup. Anehnya lagi harga kebutuhan sembako itu sangat berada di bawah harga pasaran. Kan takut juga jika ternyata penipuan.
  • Cek juga apakah toko online tersebut punya akun di daring market
Daring market atau saat ini yang lebih terkenal dengan sebutan marketplace. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lainnya. Kalau saya pribadi setelah mengecek toko online itu juga mendaftarkan di daring market maka cuzz saya akan segera belanja melalui daring market saja. Selain lebih terpercaya, jika terjadi apa-apa uang kita tidak akan hilang melainkan akan dikembalikan oleh aplikasi tersebut.

Namun semua kembali lagi dengan konsumen ya. Jika lebih nyaman berbelanja di toko onlinenya langsung ya engga masalah juga sih.

Penutup

Demikian tips memilih toko dalam berbelanja online yang saya terapkan selama ini. Alhamdulillah sih berhasil apalagi sekarang sudah ada daring market yang lebih terpercaya ketika akan melakukan transaksi online.

Semua orang punya pengalaman berbeda dalam berbelanja online dan semua tergantung kesukaan sih ya. Tidak ada yang benar ataupun salah dalam berbelanja online. Bahkan ada juga orang yang hampir tidak pernah berbelanja online juga lho.

Kalau kalian lebih suka belanja online apa ofline?



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

1 komentar untuk "Tips Memilih Toko Dalam Berbelanja Online"

  1. Nah, iya tu mbak kadang kalau harga terlalu murah dan review cuma dikit nggak berani ambil risiko deh. Harus cermat dan hati2 ya

    BalasHapus