Jaga Kesehatan dari Penyakit Ini

 

Menjelang usia 40 tahun kali harus mulai jaga kesehatan dari penyakit yang mungkin sering timbul. Saya sendiri menyadari bahwa usia 40 tahun bagi seorang perempuan itu sangat rentan. Apalagi perempuan juga mengalami apa yang namanya menstruasi, hamil dan melahirkan. Walapun saya belum mengalami dua hal terakhir namun setidaknya diakui atau tidak kesehatan saya sudah mulai menurun menjelang usia 40 tahun.

Saya pribadi di usia yang sekarang lebih cepat lelah dibanding biasanya. Ada yang bilang karena faktor kegemukan. Mungkin ada benarnya namun entah kenapa nafsu makan sulit sekali dikendalikan, hehehe. Biasanya saya memberi keseimbangan dengan minum air putih yang banyak walau sebenarnya percuma juga jika tidak menjaga pola makan yang bar bar.

Jaga Kesehatan dari Penyakit Adalah Obat Mujarab

Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang perempuan ketika menjelang usia 40 tahun diantaranya :
  • Kolesterol
Sebenarnya penyakit kolesterol tidak hanya menyerang individu usia tua namun bisa juga terjadi pada anak muda. Saya sendiri sempat chek kolesterol dan diketahui sudah berada di atas ambang batas normal. Sebenernya gejala kolesterol sudah saya rasakan lama seperti sering sakit kepala dan sakit di bagian pundah. Namun tidak saya rasakan. 

Sehingga saya memutuskan untuk periksa darah atas permintaan sendiri. Betapa terkejutnya saya ketika tahu kadar kolesterol berada di angka 200. Segera saja saya membawa hasil laboratorium ke dokter BPJS dan diberi obat penurun kolesterol.
  • Obesitas
Hal ini yang paling saya takutkan sebenarnya karena sudah mulai menunjukkan tanda-tanda mengarah ke sana. Jika seseorang sudah mencapai taraf obesitas maka biasanya akan berpengaruh pada penyakit yang lain. Tidak menutup kemungkinan akan menderita penyakit komplikasi.
  • Asam Urat
Penyakit ini diyakini menyerang perempuan yang sudah menopouse dengan disertai gejala nyeri pada persendian. Namun pada beberapa kasus perempuan yang masih menstruasi pun bisa terkena asam urat.
  • Osteoporosis
Bagi perempuan dengan segala kodrat yang diterima, kecenderungan osteoporosis lebih cepat terjadi dibanding laki-laki. Bahkan penelitian menyebutkan perempuan beresiko empat kali lebih besar menderita osteoporosis dibanding laki-laki. Hal ini karena perempuan memiliki kodrat mengandung dan melahirkan 
  • Diabetes
Sebenarnya diabetes ini bisa dicegah apabila kita sudah mulai menerapkan hidup sehat. Semua kembali ke individu masing-masing apakah sudah siap meninggalkan kebiasaan makan yang berlebihan, menghindari karbohidrat berlebihan dan lain sebagainya. Walaupun diabetes diyakini sebagai penyakit keturunan namun zaman sekarang segala sesuatunya tidak hanya ditentukan oleh faktor keturunan. Ada kerabat yang terkena diabetes sementara riwayat kesehatan keluarganya bersih dari Diabetes. Usut punya usut ternyata kerabat tersebut sedari muda suka sekali minuman bersoda dan hampir setiap hari meminumnya padahal kandungan gula dari minuman itu sangatlah tinggi.

Kita tidak mungkin ketergantungan pada obat-obatan terus menerus. Selain tidak baik untuk kesehatan ginjal, minum obat juga bukan solusi ketika sakit.

Demikian beberapa penyakit yang mungkin beresiko terkena pada perempuan menjelang atau berada di usia 40 tahun. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya gaes.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Jaga Kesehatan dari Penyakit Ini"