Tips Mudah Belajar Al Qur'an Melalui Smartphone

 
Tips Belajar Al Qur'an

Saya punya tips mudah belajar Al Qur'an melalui smartphone yang Anda miliki. Saya saat ini sedang membayangkan kembali pada zaman dimana belum berkembangnya teknologi seperti sekarang ini. era tahun 1990an dimana saya harus belajar mengaji dengan guru ngaji yang khusus didatangkan oleh almarhum Bapak ke rumah. 

Saya bersama kedua kakak saya harus belajar mengaji ketika pulang sekolah tiba. Selama 2 kali dalam sepekan, kami harus merelakan waktu tidur siang demi bisa lancar mengaji. Saya masih ingat bagaimana saya mendapat urutan paling buncit untuk belajar mengaji, sementara kedua kakak saya didahulukan karena level mereka sudah lebih tinggi dari saya untuk urusan pembelajaran Al Qur'an ini.

Bersyukurnya untuk kalian yang hidup di era serba canggih ini, karena ada banyak kemudahan yang didapat ketika hendak mempelajari Al Qur'an. Sebagai umat Islam, tentu saja diharapkan kita mampu untuk membaca setiap surat di Al Qur'an. Hal ini dikarenakan:
  1. Al Qur'an merupakan pedoman hidup bagi setiap umat Muslim di dunia.
  2. Al Qur'an merupakan petunjuk hidup ke arah yang benar bagi setiap umat Islam.
  3. Bagi yang rutin membaca Al Qur'an, akan mendapat pahala dan juga syafaat di hari kiamat kelak.

Belajar Al Qur'an

Pertama kali ketika memantapkan diri ingin belajar Al Qur'an adalah mencari metode yang tepat bagi diri kita sendiri, agar mudah memahami. Bagi saya pribadi, ada beberapa tips yang dapat dipraktikkan oleh kita semua agar dapat lancar belajar Al Qur'an, antara lain:
  1. Dimulai dari yang sederhana yaitu belajar Iqra terlebih dahulu
  2. Rutin mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur'an
  3. Mendatangkan guru mengaji.
  4. Berlatih sendiri membaca Al Qur'an setiap hari walau hanya beberapa ayat.
Untuk kalian yang mungkin tidak punya cukup waktu mendatangkan guru mengaji ke rumah, maka tidak perlu kuatir. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali aplikasi belajar Al Qur'an yang dapat diunduh melalui smartphone kita sendiri. 

Jika kalian masih bingung mulai darimana untuk belajar Al Qur'an dari smartphone, maka berikut tips agar lancar belajar Al Qur'an:
  • Install aplikasi belajar Al Qur'an
Ada banyak aplikasi belajar Al Qur'an yang dapat kita unduh melalui smartphone. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin canggih teknologi yang dapat kita manfaatkan sekarang ini tanpa terkecuali.

Pilihlah aplikasi yang benar-benar sesuai kebutuhan Anda dan tentu saja Anda mudah serta memahami cara pengaplikasiannya. 
  • Pelajari menu-menu yang disediakan oleh aplikasi belajar Al Qur'an
Setiap aplikasi pasti memiliki menu yang berbeda-beda. Anda bisa membandingkan satu aplikasi dengan lainnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi mana yang terbaik.

Pelajari setiap menu di aplikasi belajar Al Qur'an yang sudah Anda pilih. Kalau bisa jangan sering berganti-ganti aplikasi agar tidak perlu mengulang belajar dari awal.
  • Luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk belajar Al Qur'an
Disiplin ketika sedang belajar sesuatu hal merupakan kunci sukses bisa menguasai. Sama halnya ketika kita belajar Al Qur'an melalui aplikasi di smatphone, maka kita harus disiplin meluangkan waktu untuk belajar. Jika Anda seseorang yang cukup sibuk, maka 30 menit sudah sangat berharga untuk belajar Al Qur'an.
  • Praktik secara otodidak
Belajar Al Qur'an yang terpenting adalah praktik. Tanpa praktik yang kontinyu, Anda tidak akan bisa mahir dalam melakukan segala sesuatu, khususnya belajar AL Qur'an. Menggunakan aplikasi belajar Al Qur'an artinya kita harus siap praktik secara otodidak tanpa pengawasan orang lain.

Penutup

Demikian penjelasan singkat dari saya bagaimana tips mudah belajar Al Qur'an saat ini melalui smartphone yang kita miliki. Al Qur'an online juga merupakan solusi bagi kita yang tidak sempat mengaji di rumah dan bisa tilawah di mana saja seperti di kantor, maupun saat menunggu angkutan umum.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang masih bingung jika ingin belajar Al Qur'an namun tidak ada waktu, maka download aplikasi di Playstore bisa merupakan solusi terbaik saat ini.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Belajar Al Qur'an Melalui Smartphone"