Jam Trading Crypto Terbaik yang Harus Anda Ketahui

 
Jam Trading Crypto Terbaik
Picture Source: Pexels


Jika banyak berseliweran di beranda media sosial saya bahwa tahun 2023 dikabarkan aka nada resesi yang menerpa negara kita, maka sebagai manusia yang penuh rasa optimis sebaiknya tidak terlalu terpengaruh dengan berita tersebut. Kita lakukan saja yang terbaik untuk mengamankan aset, bahkan kalau bisa menambah asset yang sudah ada. Sebab jika kita terlalu mempercayai prediksi di tahun 2023 namun tak mengambil langkah apapun, itu bisa jadi kita akan mengalami resesi ekonomi internal sebelum berusaha. 

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mempersiapkan prediksi dari beberapa ahli ekonomi mengenai kemungkinan resesi di tahun 2023, berikut sedikit tips sederhana dari saya:

1. Persiapkan dana darurat

Sebenarnya konsep dana darurat bagi saya baru ada sejak terimbas pandemic tahun 2020 lalu. Tentu saja jangan ikuti cara saya ya, karena sebisa mungkin miliki dana darurat semenjak kalian berusia muda, sehingga ketika tiba-tiba di tengah perjalanan kehidupan terjadi hal tak diinginkan maka sudah ada pegangan finansial.

2. Coba buka usaha atau bisnis sampingan

Tidak ada salahnya mulai berpikir membuka usaha sendiri apabila kalian seorang karyawan tetap di sebuah perusahaan. Selain bisa berpeluang mendapat penghasilan tambahan, sebagai antisipasi manakala terjadi gejolak di internal perusahaan. Tentunya kita berharap hal positif ketika bekerja, namun tak ada salahnya melakukan antisipasi.

3. Lakukan investasi

Jangan berpikiran kalau investasi itu harus dengan menaruh sejumlah uang dengan nominal besar. Saat ini di era digitalisasi, banyak sekali perusahaan yang menawarkan kepada masyarakat untuk berinvestasi dalam bentuk digital hanya melalui gadget. Dan menariknya lagi berinvestasi secara digital atau online tidak memerlukan modal besar. 

Salah satu bentuk investasi yang saat ini sedang diminati oleh sebagian masyarakat adalah crypto. Jika ada dari kalian yang masih bingung bagaimana memulai berinvestasi crypto, maka akan saya jelaskan sedikit mengenai investasi tersebut.

Crypto merupakan mata uang virtual yang dapat diperjual belikan secara online melalui marketplace. Crypto memiliki keamanan berupa sandi atau kode rahasia, sehingga mata uang virtual ini lebih terjaga keamanannya. Mata uang Crypto menggunakan teknologi blockchain dimana dalam teknologi ini dilakukan penyimpanan atas segala bentuk transaksi yang dilakukan oleh crypto.

Lalu mengapa asset crypto bisa dijadikan salah satu instrumen investasi, berikut alasannya:
  1. Menawarkan return tinggi/high return yang berujung pada keuntungan besar bagi pemiliknya.
  2. Lebih aman karena terenkripsi oleh kode pengaman sehingga tidak bisa dipalsukan
  3. Tidak ada batasan waktu dalam melakukan transaksi. Anda dapat bertransaksi crypto selama 24 jam sesuai keinginan.
Apabila kalian berminat untuk berinvestasi pada mata uang cryptocurrency, maka tidak perlu khawatir harus bertransaksi dimana. Kalian bisa melakukan transaksi crypto melalui marketplace yang sudah terdaftar dan diawasi BAPPEBTI, salah satunya adalah Indodax.

Transaksi Crypto di Indodax: Aman dan User Friendly

Indodax merupakan platform jual beli bitcoin dan asset crypto terbesar yang ada di Indonesia. Indodax berdiri sejak tahun 2014 dan sudah melayani lebih dari 4,3 juta member yang terdaftar serta terverifikasi. 

Dengan visi dan misi berdedikasi dalam menyediakan akses serta layanan asset crypto yang mudah, cepat dan aman untuk semua orang menjadikan Indodax meraih tiga sertifikasi internasional pada tahun 2019 dan 2021.

Kelebihan apabila kita melakukan trading Crypto di Indodax antara lain:
  1. Terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga BAPPEBTI serta Kemkominfo BAPPEBTI merupakan Badan Pengawas Perdagangan Komoditi Berjangka dimana memiliki kewenangan dalam menerbitkan izin usaha bagi Bursa Berjangka. Sementara OJK merupakan badan independen yang bertugas mengawasi kegiatan dalam sektor jasa keuangan. Dengan begitu masyarakat tidak perlu khawatir apabila menjadi bagian dari anggota Indodax.
  2. Transaksi berlangsung selama 24 jam
  3. Biaya trading dan presentasi penarikan mulai dari 0%
  4. Pembelian aset kripto  dapat dilakukan dengan sistem deposit dan bisa dibeli mulai dari Rp. 10.000,-
  5. Sistem deposit dapat dilakukan melalui semua bank lokal Indonesia
  6. Aset kripto dapat dikonversikan dalam nilai Rupiah tak perlu menunggu lama alias instan
Salah satu asset crypto yang diperjualbelikan di Indodax adalah Tezos. Bagi kalian yang belum familiar dengan Tezos, maka akan saya jelaskan sedikit mengenai Tezos sebagai salah satu asset crypto. Tezos atau yang lebih dikenal dengan XTZ ini merupakan jaringan blockchain yang didirikan oleh pasangan suami istri bernama Arthur dan Kathleen Breitman pada tahun 2014 di Swiss.

Keuntungan apabila kita melakukan transaksi menggunakan Tezos antara lain:
  1. Memberikan  kesempatan pada Anda sebagai stakeholder untuk berpartisipas melakukan kontribusi terhadap keamanan dan juga stabilitas jaringan.
  2. Memungkinkan bagi para pengembang membuat smart contract. Istilah smart contract merupakan bahasa pemrograman, dimana adanya kontrak kedua belah pihak dalam sistem blockchain.  
  3. Tezos menggunakan mekanisme Proof of Stake klasik, dimana platform ini menjadi lebih murah dibandingkan blockchain lain. 
Ketika kita ingin melakukan transaksi crypto, sebaiknya tidak asal melakukan transaksi. Tentunya harus ada strategi agar transaksi jual beli asset crypto mendapatkan keuntungan. Salah satu strategi yang perlu diperhitungkan adalah jam trading crypto.

Untuk mengetahui jam trading crypto terbaik, mari kita simak ulasan berikut.

Jam Trading Crypto Terbaik Untuk Meraih Keuntungan Maksimal

Waktu tersibuk trader melakukan transaksi crypto adalah antara pada pukul 14.00 sampai 16.00 UTC (Universal Coordinate Time). UTC merupakan rujukan waktu internasional. Namun jika dikonversikan dengan waktu di Indonesia, maka jam trading Crypto terbaik adalah mulai pukul 19.00 sampai dengan 23.00 Waktu Indonesia Barat. Walau cukup larut malam, namun Anda bisa mencobanya, siapa tahu keberuntungan berpihak pada Anda.

Sementara waktu senggang untuk melakukan trading crypto yaitu antara pukul 01.00 sampai dengan 03.00 UTC. Jika dikonversikan dengan waktu Indonesia yaitu sekitar pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB.

Dengan memilih waktu senggang untuk bertransaksi, maka biaya transaksi yang dikeluarkan bisa ditekan sehingga menjadi rendah. Sebaiknya Anda lakukan transaksi ketika pasar dalam kondisi stabil dan usahakan untuk menghindari transaksi ketika harga sedang fluktuatif. 

Pada umumnya transaksi crypto mengacu pada waktu pasar saham di Amerika Serikat. Akhir pekan merupakan trend harga akan bergerak turun sehingga tidak disarankan untuk menjual aset crypto. Namun tidak masalah apabila Anda ingin melakukan pembelian aset crypto di akhir pekan.

Disarankan kepada para trader untuk tidak melakukan transaksi pada akhir pekan, dikarenakan:
  1. Volume perdagangan yang cenderung menurun. Hal ini disebabkan banyak orang lebih cenderung melakukan aktivitas lain ketika akhir pekan dibanding harus melakukan trading.
  2. Cenderung ada pembatasan terhadap likuiditas pasar. Faktor ini disebabkan oleh tutupnya bank pada akhir pekan sehingga para trader sedikit kesulitan untuk melakukan top up pada wallet crypto mereka. 
Penutup

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang ingin belajar mengenai investasi, Anda tentunya harus melek literasi ketika ingin berinvestasi. Indodax mempunyai kanal edukasi yang bernama Indodax Academy yang bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari bagaimana asset crypto.

Jadi tunggu apa lagi, segera install aplikasi Indodax di smartphone Anda, lalu lakukan jual beli asset crypto di sana. 



Referensi:

https://money.kompas.com/read/2021/11/12/125905426/kripto-pengertian-jenis-cara-kerja-dan-aturannya-di-ri?page=all
https://blog.indodax.com/newsroom-about-us/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Tezos 
https://zipmex.com/id/learn/apa-itu-tezos-keuntungan-cara-jual-beli/
https://zipmex.com/id/learn/ketahui-cara-kerja-smart-contract-ethereum-blockchain/

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Jam Trading Crypto Terbaik yang Harus Anda Ketahui"