Tips dan Trik Naik Argo Parahyangan untuk Para Pemudik

Tips dan Trik Naik Argo Parahyangan
Credit Photo: Pexels


Menjelang ramadhan, mudik ke kampung halaman sangatlah dinanti. Kamu dapat bertemu keluarga besar setelah sekian lama di perantauan. Selain itu, mudik kini jadi lebih mudah dengan Argo Parahyangan. Kamu dapat mudik dengan nyaman dan cepat. Selain itu, fasilitas dan layanan yang diberikan pun akan membuat kamu rela membayar berapapun.

Namun, sebagai seorang pemula apa saja sih yang harus kamu perhatikan? Sebelum mudik bersama Argo Parahyangan kamu perlu tahu dulu apa yang perlu dipersiapkan. Nah, simak selengkapnya tips dan trik naik Argo Parahyangan untuk mudik.

Ketahui jadwal keberangkatan

Sebelum berangkat, tips dan trik naik Argo Parahyangan yang pertama adalah mengetahui jadwal keberangkatan. Argo Parahyangan memiliki dua rute yaitu dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya. 

Terdapat 20 unit kereta yang dibagi menjadi dua rute terhitung dari unit 19 hingga 38F. Kereta bernomor ganjil akan berangkat dari Bandung menuju Jakarta. Sedangkan kereta bernomor genap akan berangkat dari Jakarta menuju Bandung.

Kereta dari Bandung beroperasi mulai pukul 04.00 pagi hingga 08.55 malam. Sementara itu, kereta dari Jakarta mulai beroperasi 05.00 pagi hingga 00.45 dini hari.

Ketahui rangkaian dan kondisi kereta

Selanjutnya adalah kamu perlu mengetahui rangkaian dan kondisi kereta agar tidak tersesat. Argo Parahyangan merangkaikan gerbong kelas ekonomi, gerbong kelas eksekutif, dan gerbong makan menjadi satu. Selain itu, gerbong kelas ekonomi telah difasilitasi dengan ac dengan kabin yang modern.

Kamu juga perlu jeli dalam memilih kursi karena kereta ini membagi dua posisi kursi yaitu menghadap depan dan belakang. Tetapi setiap kursi telah dilengkapi dengan colokan listrik, tempat penyimpanan tas, dan barang bawaan lainnya. Jadi, kamu dapat mudik dengan nyaman. 

Opsi pembayaran dan cara beli tiket

Setelah itu, kamu perlu mengetahui cara membeli tiket dan bagaimana proses pembayarannya. Untuk pembelian tiket, kamu dapat melakukannya dalam beberapa cara. Yang pertama adalah secara online dengan mengakses website resmi KAI dan atau Traveloka. Pembayaran di Traveloka dapat kamu lakukan menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan Traveloka Paylater

Selain itu, kamu juga dapat membeli tiket menggunakan vending machine. Kamu dapat menemukan vending machine di counter check-in pada setiap stasiun. Dengan vending machine, kamu hanya perlu memasukkan tujuan, nomor identitas, tanggal keberangkatan, nama, memilih kursi, dan melakukan pembayaran.

Kamu juga dapat membeli tiket secara langsung di counter penjualan. Ini akan memudahkan kamu jika ingin membeli tiket dalam jumlah banyak. Selain itu, pembelian tiket untuk lansia di atas 60 tahun akan dikenakan potongan harga sebesar 20% dari harga tiket.

Stasiun pemberhentian dan waktu tempuh

Sebelum menggunakan Argo Parahyangan, kamu perlu mengetahui stasiun pemberhentian kereta agar tidak tersesat. Untuk dari arah Jakarta ke Bandung, kereta akan berhenti di Bekasi, Purwakarta, Cimahi, dan Bandung. Sebaliknya, dari arah Bandung ke Jakarta – kereta akan berhenti di Cimahi, Bekasi, Purwakarta, Jatinegara, dan Gambir. 

Untuk jarak tempuh adalah sekitar 2 jam 40 menit hingga 3 jam 30 menit bergantung pada jam keberangkatan kereta. 

Tips memilih kursi

Nah, karena kereta memiliki dua tipe kursi maka kamu perlu jeli dalam memilih nomor kursi. Ini akan membantu kamu agar tidak duduk berlawanan dari arah jalannya kereta jika belum terbiasa.

Untuk kereta dari Bandung ke Jakarta, pilihlah nomor 1 sampai 11 untuk kursi yang searah dengan jalannya kereta. Sebaliknya, nomor 12 hingga 20 adalah kursi yang berlawanan arah. Sementara itu, untuk kereta dari Jakarta ke Bandung, pilihlah nomor 12 hingga 20 untuk kursi yang searah.

Bawa barang secukupnya

Sebelum mudik, pastikan kamu tidak membawa barang berlebihan. Selain mencegah kamu kerepotan, barang bawaan juga akan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Jadi, pastikan barang yang kamu bawa merupakan barang penting karena beberapa barang lainnya dapat kamu beli setelah sampai di tempat tujuan.

Jaga suasana tetap nyaman

Kamu juga perlu menjaga suasana gerbong agar tetap nyaman. Jika kamu bepergian bersama anak, jangan biarkan anak berlarian karena akan mengganggu penumpang lain. Selain itu, jangan berbicara terlalu keras terutama saat menerima telepon. 

Untuk kamu yang bepergian bersama bayi, kamu dapat membuat cenderamata untuk penumpang di sekitar kamu sebagai bentuk pemberitahuan dan permintaan maaf. Ini sangat membantu jika sewaktu-waktu bayi kamu menangis atau menginginkan sesuatu dan dapat mengganggu penumpang lain.

Itu dia tips dan trik naik Argo Parahyangan untuk mudik ramadhan. Pastikan kamu membawa barang-barang penting dan tetap menjaga kenyamanan umum. Kamu dapat memesan tiket kereta melalui Traveloka agar lebih mudah. Jadi, kamu tidak perlu lagi antri di counter dan bisa langsung masuk ke dalam kereta. Selamat mudik dan hati-hati di jalan.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Naik Argo Parahyangan untuk Para Pemudik"