Wajan Granit: Wajan Anti Lengket Untuk Masak Martabak Mie

Wajan Granit


Siapa disini yang hobinya makan, cung. Kalau itu sih saya banget nih. Sepertinya saya tidak memiliki pantangan apapun dalam hal makanan. Asal halal dan tidak pahit serta aneh-aneh jenis makanannya, maka saya mau makan apa saja. Maka dari itu di rumah selalu ada stok bahan makanan jika sewaktu-waktu lapar dan ingin memasak sendiri. Ingat, masak sendiri jauh lebih sehat dan ekonomis yah ketimbang jajan di luar.

Ohya, kalau bisa sih masaknya pakai wajan granit karena anti lengket sehingga peralatan masak kalian lebih awet dan tahan lama. Kali ini saya ingin berbagi resep kudapan sore hari yang biasa disantap sekeluarga, yaitu martabak mie. Namun mie yang saya gunakan bukan mie instant melainkan mie telur kemasan.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara memasaknya.

Bahan dan bumbu:
  1. 2 bungkus mie telur ukuran kecil
  2. Telur ayam 3 butir
  3. Daun Bawang Seledri secukupnya
  4. Cabai rawit secukupnya, bagi yang tahan pedas.
  5. 1 siung kecil bawang bombay
  6. Kornet 
  7. Sosis
  8. Garam dan lada secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya.
Cara Masak:
  1. Rebus mie telur terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah matang dan kenyal, angkat lalu tiriskan.
  2. Lalu kita buat bumbunya, Iris bawang bombay, daun bawang seledri dan juga cabai rawit kecil-kecil.
  3. Isi sosis sesuai selera.
  4. Campur irisan bawang bombay, daun bawang selederi, cabai rawit, sosis, kornet bersama 3 butir telur, dan juga garam serta lada.
  5. Kocok hingga rata hingga menyatu seluruh bahan.
  6. Setelah itu campur mie telur yang sudah ditiriskan tadi bersama campuran telur di point keempat.
  7. Panaskan wajan yang sudah dituangkan minyak goreng. Minyak goreng bisa diganti dengan margarin.
  8. Setelah wajan panas, tuangkan adonan martabak mie ke dalam wajan.
  9. Diamkan hingga berwarna kecoklatan. Balik martabak agar sisi sebelahnya juga berwarna kecoklatan.
  10. Setelah matang dan sudah berwarna kecoklatan, angkat martabak mie dari wajan.
  11. Martabak mie siap dihidangkan dengan cocolan saus sambal.
Sungguh mudah bukan memasak martabak mie! Tidak perlu bahan-bahan yang ribet. Sebenarnya Anda pun bisa menggunakan mie instant, bahkan jika menggunakan mie instant maka tidak perlu repot menambahkan bumbu lainnya. Namun saya pribadi berusaha tidak terlalu sering konsumsi mie instant. 

Wajan Granit: Teman Memasak Apapun Jenis Masakannya

Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa mungkin sudah sebaiknya kita mengganti peralatan masak di rumah dengan granit sebagai bahan dasarnya. Salah satunya wajan maupun panci granit. Hal ini dikarenakan wajan granit memiliki keunggulan sebagai berikut:
  1. Tidak lengket. Masakan yang dimasak di atas wajan lengket tentu akan menyisakan bekas sehingga mencucinya pun harus ekstra lama. Selain itu pula, makanan menjadi tidak estetik ketika diangkat dari wajan jika lengket.
  2. Lebih awet dan tahan lama. Saya pernah punya pengalaman dengan wajin bukan granit. Karena sering lengket, akhirnya wajan tersebut mengelupas. Wajan yang mengelupas tentu menyebabkan hasil masakan tidak maksimal, sehingga saya harus membuang wajan itu. Sungguh merupakan pemborosan bagi saya seorang ibu rumah tangga.
  3. Menghasilkan masakan yang lebih sehat serta nutrisinya terjaga. Makanan yang sehat tentu akan berpengaruh pada pola hidup seluruh anggota keluarga di dalam rumah.
Adapaun perlakuan terhadap wajan granit setelah digunakan agar tetap awet adalah:
  1. Setelah dipakai memasak, dingingkan terlebih dahulu wajan baru dicuci. Jangan mencuci wajan granit dalam keadaan panas.
  2. Cuci wajan granit dengan spon yang lembut, dan jangan pernah menggunakan kawat pencuci piring. Hal ini untuk menghindari lapisan anti lengketnya menjadi terkelupas.
  3. Jika kebetulan terdapat noda membandel di wajan granit Anda, maka jangan buru-buru membersihkannya. Gunakan baking soda lalu diamkan kurang lebih 30 menit. Lalu gosok dengan spon lembut agar wajan granit tidak lekas rusak.
Penutup

Demikian sedikit ulasan saya mengapa sebaiknya Anda menggunakan wajan granit untuk perlengkapan masak di rumah. Semoga resep martabak mie dari saya bisa jadi salah sati referensi resep yang berguna untuk keluarga di rumah ya.

Selamat mencoba!
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Wajan Granit: Wajan Anti Lengket Untuk Masak Martabak Mie"