Ini Dia 3 Manfaat Bleaching Gigi yang Harus Anda Ketahui

 
Manfaat Bleaching Gigi
Credit Photo: Pixabay

Gigi merupakan bagian dari tubuh manusia yang digunakan untuk mempermudah dalam mengunyah makanan. Di samping itu juga, keberadaan gigi tentunya berfungsi untuk menambah kepercayaan diri seseorang. Apabila seseorang memiliki struktur gigi yang bagus dan berwarna putih, tentu saja ketika tersenyum pun akan terasa indah dipandang oleh lawan bicaranya. 

Tentu saja keberadaan gigi harus dirawat sebagaimana organ tubuh manusia lainnya. Cara untuk merawat gigi antara lain:
  1. Sikat gigi secara teratur minimal dua kali setiap hari, yaitu ketika bangun tidur di pagi hari dan juga sebelum tidur. Namun ada beberapa orang yang rutin menyikat gigi setelah selesai makan dimana hal ini juga bagus dilakukan.
  2. Batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Selain itu juga kafein dapat merusak enamel pada gigi, yaitu bagian paling keras pada gigi yang apabila terkikis akan menyebabkan gigi menjadi sensitif.
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal ini dikarenakan fluoride dapat melindungi gigi dari kerusakan.
  4. Rutin pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan gigi.
Gigi bagi sebagian orang bisa jadi merupakan aset terpenting, misalnya saja profesinya yang menuntut untuk tampil prima seperti pembawa acara (MC), pembaca berita dan masih banyak lagi profesi yang menuntut seseorang harus selalu memperlihatkan deretan gigi putihnya melalui senyuman dan perkataan.

Bagaimana bagi seseorang yang sudah telanjur memiliki gigi yang tak cerah warnanya akibat pola makan yang keliru namun ingin kembali menjadikan giginya putih bersih? Tentu saja bisa, dengan menggunakan metode bleaching gigi.

Apa Itu Bleaching Gigi dan Manfaatnya

Bleaching gigi merupakan prosedur atau tindakan dalam dunia kedokteran gigi berupa proses pemutihan gigi agar nampak lebih cerah dibandingkan dengan warna sebelumnya. Bleaching gigi sendiri tidak bersifat permanen namun dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu, maksimal sampa jangka 3 tahun ke depan. Selebihnya Anda harus melakukan bleaching gigi kembali untuk mendapatkan warna gigi yang lebih cerah.

Ada beberapa manfaat ketika seseorang melakukan bleaching gigi, diantaranya:

1. Membantu Mengubah Warna Gigi Menjadi Lebih Cerah

Gaya hidup seseorang sering tidak disadari membuat gigi berubah warna, dari yang tadinya putih menjadi kuning kecoklatan. Merokok, nongkrong sambil minum minuman berkafein mengakibatkan gigi berubah warna menjadi kuning.

Jika dibiarkan lama kelamaan warna kuning selain tidak menyehatkan gigi juga akan berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Dengan melakukan tindakan bleaching gigi, maka setidaknya maksimal sampai 3 tahun gigi seseorang bisa berwarna cerah kembali. 

2. Menambah Rasa Percaya Diri

Tentu saja kita tahu bahwa bleaching gigi artinya mengubah warna dari gigi itu sendiri menjadi lebih cerah dibanding warna sebelumnya. Sebagai manusia normal, wajar jika kita ingin punya gigi putih bersih sehingga ketika tersenyum pun menjadi lebih percaya diri.

Setelah melakukan tindakan bleaching gigi, pastinya akan ada perubahan pada warna gigi kita sehingga ketika berbicara di hadapan khalayak umum pun menjadi lebih percaya diri.

3. Kesehatan Gigi dan Mulut Lebih Terjaga

Ketika melakukan prosedur bleaching oleh dokter gigi langganan, tentu saja menggunakan bahan-bahan yang memang aman digunakan untuk gigi itu sendiri. Bahan yang digunakan untuk bleaching gigi juga dapat menekan pertumbuhan bakteri di dalam mulut itu sendiri, sehingga tentu saja selain menjadi cerah warna gigi, kesehatan mulut akan terjaga. 

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan bleaching gigi, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya. Apa sajakah hal tersebut, berikut penjelasannya:
  • Warna setelah dilakukan bleaching gigi tidak permanen. Artinya Anda harus bersiap apabila dalam jangka waktu beberapa bulan atau tahun kemudian, warna gigi kembali ke warna semula. Jika ada budget, maka tak masalah Anda melakukan bleaching gigi kembali.
  • Akan ada beberapa pantangan bagi gigi yang telah dibleaching, sebut saja pasiean diharapkan setelah bleaching gigi menghindari makanan atau minuman yang berwarna seperti soda ataupun kopi.

Penutup

Apabila Anda sudah siap baik dari segi financial dan juga meluangkan waktu untuk melakukan bleaching gigi, maka carilah klinik gigi terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter gigi kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses bleaching.

Pastikan Anda mengetahui bahwa klinik gigi tersebut sudah berpengalaman dan berkompeten dalam melakukan tindakan bleaching gigi.

Semoga bermanfaat.
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

2 komentar untuk "Ini Dia 3 Manfaat Bleaching Gigi yang Harus Anda Ketahui"

  1. Pas banget sedang mempertimbangkan mau bleaching atau nggak sama suami, trus baca postingan ini fix mau bleaching aja pokoknya..

    BalasHapus
  2. Aku tuh sempat mau bleaching gigi mbak, uda tanya tarif bleaching di bbrp dentist tp kok ya harganya lumayan bgt ya. Belum cocok sm aku yg masih mending2 wkwkwk

    BalasHapus