Tips Mengirim Barang Ke Malaysia, Ini yang Harus Anda Ketahui

 
Tips Mengirim Barang Ke Malaysia
Credit Photo: Pixabay

Tahun 2006 saya pernah bekerja di perusahaan eksportir ikan ke Malaysia. Meskipun masih taraf perusahaan kecil namun ketika itu pimpinan saya mampu mengirim bisa lebih dari 3 ton setiap bulannya. Saya sendiri tidak begitu mengetahui pimpinan menggunakan jasa pengiriman apa untuk mengirim produk ikan tersebut, namun setiap saya melakukan pembayaran bisa dikatakan biayanya cukup mahal juga.

Tentunya sudah 17 tahun berlalu dan saat ini perkembangan zaman semakin maju sehingga ada banyak perusahaan ekspedisi ke luar negeri pun makin bertumbuh seiring kemudahan membuka usaha. Mengirim barang ke luar negeri tentu saja harus melengkapi beberapa persyarakat yang dimiliki oleh seseorang maupun badan usaha. Apalagi mengirim barang ke luar negeri dalam jumlah yang cukup besar, maka kegiatan tersebut bisa tergolong ke dalam kegiatan ekspor.

Berbagai tujuan ketika seseorang berencana untuk mengirim barang ke Malaysia, misalnya saja:

1. Untuk Kepentingan Pribadi

Mengirimkan barang dalam rangka kepentingan pribadi bisa saja dilakukan apabila kita memiliki kerabat yang membutuhkan barang dari Indonesia, sehingga minta bantuan untuk dikirimkan ke Malaysia.

Mengirimkan barang untuk kepentingan pribadi biasanya dilakukan dalam kategori kecil sehingga proses pengirimannya pun tidak terlalu membutuhkan prosedur yang detail.

2. Dalam Rangka Kepantingan Bisnis

Nah, jika Anda berencana mengirimkan barang ke Malaysia untuk tujuan bisnis maka biasanya berada dalam jumlah yang besar dan kegiatannya disebut ekspor. Jika mengirimkan barang dalam rangka kepentingan bisnis, maka biasanya ada beberapa tahapan prosedur yang harus dilalui agar barang dapat tiba ke tujuan dengan selamat.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak mengirim barang ke Malaysia, antara lain:

1. Pilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Di Indonesia ada banyak jasa ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman barang ke Malaysia ataupun negara lainnya. Namun pastikan jasa ekspedisi yang Anda pilih itu terpercaya dan berpengalaman dalam melakukan pengiriman barang.

Anda bisa menanyakan legalitas dari perusahaan jasa ekspedisi ke Malaysia tersebut, karena sebagai badan usaha bidang jasa khususnya menangani jasa pengiriman barang ke luar negeri, harus memiliki legalitas yang lengkap agar bisa beroperasional.

Tentunya sebagai konsumen, kita ingin agar barang yang dikirim selamat sampai tujuan dan tidak ada kerusakan. Pastikan perusahaan ekspedisi memberikan jaminan bahwa barang kiriman Anda aman selama dalam perjalanan. Jangan lupa untuk diingat bahwa sebagai pengirim barang, Anda juga berkewajiban untuk melakukan packing barang secara aman untuk mempermudah jasa ekspedisi dalam membawa barang kiriman.

2. Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Karena Anda akan melakukan ekspor barang ke Malaysia, maka akan ada kelengkapan dokumen yang wajib disertakan dalam pengiriman tersebut. Detail barang seperti nama barang, kuantiti dan juga berat barang yang akan dikirim menjadi keterangan wajib ketika hendak mengirim barang.

Apabila Anda bingung dengan kelengkapan dokumen yang harus diisi ketika mengirim barang, maka Anda bisa meminta penjelasan kepada pihak ekspedisi tempat melakukan pengiriman barang. Tentu saja jika ekspedisi pengiriman barang ke Malaysia sudah berpengalaman di bidangnya, mereka akan membantu Anda terkait informasi kelengkapan barang yang wajib diisi ketika hendak dikirim ke Malaysia.

3. Melakukan Pembayaran Bea Cukai Jasa Kirim Barang

Ketika hendak melakukan pengiriman barang untuk kategori tertentu ke Malaysia, maka biasanya akan dikenakan bea cukai. Barang-barang tersebut meliputi:
  • Kayu
  • Kulit
  • Produk Kakao atau biji coklat
  • Kelapa Sawit
  • Produk turunan kelapa sawit
  • Produk hasil olahan logam
  • Produk mineral logam yang memiliki keterbatasan dalam melakukan kegiatan ekspor
Panduan kirim barang Malaysia merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan jika memang memiliki kebutuhan rutin dalam hal mengirim barang ke negeri Jiran tersebut. Meskipun bisa dikatakan negara Malaysia dekat dengan Indonesia, akan tetapi kita tetap harus mengikuti prosedur pengiriman barang yang sudah ditetapkan oleh negara tersebut.

Semoga bermanfaat


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Mengirim Barang Ke Malaysia, Ini yang Harus Anda Ketahui"