Destinasi Wisata Solo yang Wajib Untuk Dikunjungi

 
Destinasi Wisata Solo


Apakah Anda berniat untuk berlibur dan jalan-jalan ke kota Solo? Jika iya maka manfaatkanlah promo tiket.com OTW salah satunya tiket kereta api yang bisa Anda gunakan untuk berlibur ke Solo. Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita kunjungi apabila berlibur ke Solo dan pastinya tidak akan menyesal.

Promo di tiket.com tentu saja tidak hanya bagi Anda yang ingin berlibur ke Solo, namun ada beragam promo menarik lainnya. Salah satunya adalah apabila Anda ingin beli tiket pesawat ke Jakarta ke Menado maka manfaatkan promo menarik dari aplikasi pemesanan online tiket.com yang sebentar lagi akan tayang.

Untuk layanan yang bisa Anda nikmati dari aplikasi tiket.com ini antara lain:
  1. Pemesanan tiket pesawat terbang
  2. Pemesanan tiket kereta api
  3. Pemesanan voucher hotel
  4. Pembelian tiket pertunjukan musik serta hiburan lainnya
  5. Pembelian paket wisata ke beberapa objek wisata
Bagi saya pribadi aplikasi tiket.com ini benar-benar user friendly sehingga selalu ada di smartphone meskipun sudah beberapa kali ganti merk. 

Untuk para wisatawan lokal yang senang bepergian dengan jalur darat, harga tiket kereta api Solo ke Jakarta begitu juga sebaliknya, cukup terjangkau bagi Anda yang suka berlibur dengan cara backpacker.

Berlibur ke Solo: Wajib Kunjungi Destinasi Wisata Berikut

Entah mengapa saya jatuh hati ketika menginjakkan kaki pertama kali ke kota Solo. Kota yang berada di propinsi Jawa Tengah ini memang tidak terlalu besar, namun suasana yang ramah membuat saya betah dan ingin berkunjung kembali apabila ada waktu dan rezeki.

Solo merupakan nama lain dari kota Surakarta. Terletak di propinsi Jawa Tengah, Solo hanya berpenduduk sekitar 575ribu jiwa penduduk dan memiliki luas sekitar 44 kilometer persegi. 

Teringat akan tahun 2019 ketika saya bersama suami mengajak Ibu ke Solo karena kota tersebut merupakan kenangan di masa remaja beliau. Langsung saja tak pakai lama kami menuruti keinginan Ibu. Dengan menggunakan kereta api, kami berangkat naik kereta api dari Stasiun Gubeng menuju Stasiun Solo Balapan.

Sedikit ingin berbagi mengenai destinasi wisata di Solo yang tak kalah menarik dengan kota wisata lainnya. Berikut destinasi wisata di Solo yang wajib untuk dikunjungi apabila Anda ke sana:

1. Keraton Surakarta

Membawa orang tua yang sudah lansia berlibur tentu kita tidak bisa asal dalam memilih destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata aman yang bisa dinikmati sambil berjalan santai adalah Keraton Surakarta.

Kita dapat mengenal sejarah dari kota Solo, seolah bernostalgia ke masa lalu dengan melihat beberapa miniatur bangunan bersejarah. Ada juga beberapa replika barang peninggalan zaman kerajaan dahulu yang dapat kita lihat di Keraton ini. Jika ingin mengenal sejarah secara langsung, maka kita dapat menyewa jasa pemandu yang siap mengantar pengunjungnya berkeliling melihat setiap sudut Keraton.

Tiket masuk ke Keraton Surakarta ini pun bisa dibilang terjangkau oleh semua pengunjung. Cukup dengan merogoh kocek sebesar lima belas ribu rupiah saja, Anda dan pengunjung lainnya dapat berkeliling menikmati wisata sejarah kota Solo. Menarik bukan!

2. Benteng Vastenburg

Satu lagi bangunan bersejarah yang terdapat di kota Solo dan ramai dikunjungi adalah Benteng Vastenburg. Benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1754 di masa pemerintahan Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff ini masih terlihat kokoh walau tak berpenghuni, dan sekarang sudah dikukuhkan sebagai cagar budaya.

Di sekitar Benteng Vastenburg ini banyak diselenggrakan kegiatan yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang ingin berkunjung. Kegiatan tersebut seperti festival, konser musik serta acara lainnya yang diperuntukkan bagi masyarakat.

Tiket masuk ke Benteng Vastenburg ini cukup terjangkau, yaitu hanya dua rupiah saja Anda sudah bisa berkeliling melihat wisata sejarah ini.

3. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe sendiri awalnya merupakan pabrik gula yang dibangun pada masa Hindia Belanda tahun 1862. Pabrik gula ini didirikan oleh Mangkunegaran IV namun sekarang sudah tidak beroperasi lagi selama puluhan tahun lamanya. 

Terletak di Kabupaten Karanganyar, Anda bisa melihat pabrik gula yang sudah tidak berfungsi lagi menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan tempat lainnya. Di dalamnya ada kafe yang dapat disinggahi oleh para wisatawan untuk bersantai, makan dan juga minum sambil menikmati berbagai kegiatan wisata yang diadakan di dalam De Tjolomadoe

4. Alun-alun Surakarta

Rasanya hampir setiap kota besar di Indonesia memiliki alun-alun. Tak terkecuali di kota Solo yang memiliki Alun-alun Surakarta untuk para pengunjung yang ingin berjalan-jalan atau hanya sekadar duduk sambil berbincang dengan kerabat.

Alun-alun Surakarta ini awalnya didirikan pada tahun 1744 oleh pemerintahan Susuhunan Pakubuwana II. Alun-alun tersebut dikelilingi oleh tempat tinggal para abdi dalem yang disebut dengan Kampung Baluwarti. 

Seiring berjalannya waktu dan beralihnya fungsi, maka bisa dikatakan Alun-Alun Surakarta merupakan salah satu destinasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Jika malam tiba, maka Anda dapat menikmati berbagai jajanan yang dijual di pinggir alun-alun. Disebut juga dengan nama Alkid atau ALun-alun Kidul, tempat ini bisa jadi merupakan salah satu spot menarik bagi anak muda Solo yang ingin menghabiskan akhir pekan mereka.

Penutup

Setiap orang pasti memiliki kota impian yang berbeda-beda ketika ingin berlibur bersama keluarga tercinta. Bagi saya pribadi, Jawa Tengah memiliki pesona yang kuat untuk dikunjungi salah satunya kota Solo.

Jadi untuk Anda yang bingung hendak liburan ke mana tahun 2022 ini, maka cobalah untuk mempertimbangankan kota Solo sebagai destinasi liburan yang tak terlupakan. Tentunya beli tiket pesawat atau kereta api serta membeli voucher hotel melalui aplikasi tiket.com donk.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Destinasi Wisata Solo yang Wajib Untuk Dikunjungi"