Rutin Service Motor di Planet Ban, Jadikan Mesin Lebih Awet

Rutin Service Motor di Planet Ban


Rutin melakukan service motor merupakan hal yang sering saya tekankan kepada suami terhadap sepeda motor yang kami miliki. Saya dan suami kebetulan selalu mengendarai sepeda motor kemanapun kami pergi. Entah kenapa, hidup di kota besar membuat saya merasa lebih praktis berkendara menggunakan sepeda motor. Lebih cepat sampai ke tempat tujuan dan juga minim mengalami kemacetan. Maklum saja, saya tinggal di Ibukota terbesar kedua setelah Jakarta, sehingga pada jam-jam tertentu selalu terjadi kemacetan.

Karena transportasi utama kami berdua ada sepeda motor, maka sebisa mungkin setiap bulan suami saya selalu melakukan servis motor rutin agar kondisi motor lebih terjaga dan tentu saja awet. Bagi kami, biaya yang dikeluarkan setiap bulannya tidak sebanding apabila sepeda motor mengalami kerusakan total yang mengakibatkan harus turun mesin Tentunya biaya perbaikan akan lebih mahal lagi.

Untuk kalian yang memiliki motor matic, harus banget mengetahui bagian-bagian yang wajib rutin dicek ketika service motor. Bagian-bagian tersebut antara lain:

1. Oli Gardan

Oli gardan sendiri memiliki fungsi yang cukup vital pada motor matic yaitu memperlancar kinerja gear ratio atau seberapa banyak gear berputar dalam satu rotasi. tentunya jika kalian menggunakan sepeda motor matic untuk jarak tempuh yang cukup jauh maka penggantian oli gardan pun harus rutin dilakukan.

2. Oli Mesin

Mengganti oli mesin secara rutin sesuai dengan jarak kilometer yang telah dicapai oleh pengendara tentunya akan membuat mesin lebih awet dan nyaman digunakan. Pada umumnya oli mesin diganti ketika sebuah kendaraan sudah mencapai jarak 2.000 sampai 3.000 km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Tentu saja hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, melainkan karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Hal tersebut wajar adanya apabila retailer tersebut mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Tentu saja oli motor matic berbeda dengan oli motor biasa, dimana oli motor matic hanya bekerja untuk memberi pelumas pada mesin saja, Hal ini dikarenakan motor matic tidak memiliki gear untuk berputar sehingga tidak perlu dilumasi.

3. Filter Udara

Sebagaimana arti dari kata filter itu sendiri yaitu penyaring, maka filter udara pada motor tentu saja akan menyaring udara yang masuk. Udara adalah salah satu komponen penting dalam proses pembakaran bahan bakar di mesin sepeda motor, dan kualitas udara yang bersih sangat penting untuk menjaga kinerja mesin agar tetap awet.

4. Kampas Rem

Rem merupakan bagian dari sepeda motor yang sangat penting untuk memberhentikan laju kendaraan. Kampas rem sendiri berfungsi untuk menekan bagian dalam cakram sepeda motor untuk memperlambat bahkan menghentikan putaran roda sepeda motor itu sendiri.

Jadi apabila mekanik mengatakan kampas rem sepeda motor matic kalian sudah menipis, maka segeralah untuk menggantinya dengan kampas rem yang baru agar berkendara semakin aman.

5. Busi

Pemilihan busi yang sesuai dan pemeliharaan yang tepat tentu akan menjaga performa optimal mesin sepeda motor. Jika busi aus atau kotor, maka dapat mempengaruhi efisiensi pembakaran dan kinerja mesin secara keseluruhan. Oleh karena itu, periksa dan ganti busi secara teratur adalah bagian penting dari pemeliharaan rutin sepeda motor.

6. Tune Up Motor Rutin

Tune-up merupakan perawatan dan penyesuaian yang dilakukan untuk memastikan sepeda motor berfungsi dengan optimal. Dengan melakukan tune-up secara teratur, kalian dapat menjaga sepeda motor dalam kondisi optimal, meningkatkan umur mesin, mengurangi konsumsi bahan bakar yang berlebihan, dan mencegah masalah yang mungkin timbul akibat kelalaian perawatan.

Pada beberapa kasus ketika melakukan service motor, tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir karena jika ada pergantian yang bersamaan, maka mekanik bengkel akan memberi tahu konsumen terlebih dahulu. Jika konsumen setuju, maka proses penggantian sparepart dan oli pun akan dilakukan.

7. Ban

Ban sepeda motor memiliki usia tertentu yang mengharuskan kalian sebagai pemilik motor menggantinya dalam rentang waktu tertentu. Seharusnya ban motor diganti maksimal 2 tahun sekali, namun tidak menutup kemungkinan lebih cepat dari usia ideal penggantian ban. 

Sepeda motor yang sering menempuh perjalanan panjang dan medan yang dilalui tergolong curam, maka disarankan mengganti ban lebih cepat dari rentang waktu ideal.

8. Accu atau Aki Motor

Setiap sepeda motor pasti memiliki aki di dalamnya, dimana berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan energi listrik yang diperlukan untuk menyalakan mesin motor.

Selain itu, aki juga berfungsi untuk menyediakan daya listrik untuk komponen elektronik pada motor seperti lampu, klakson, sistem pengapian, sistem injeksi bahan bakar, dan perangkat lainnya.

Aki bisa habis dan tentu saja akan meghambat apabila kalian ketika hendak melakukan perjalanan. Oleh sebab itu ada baiknya ketika melakukan servis motor, tanyakan kepada mekanik bagaimana kondisi aki pada sepeda motor kalian.

Tentu saja pilihan mencari bengkel untuk melakukan servis sepeda motor ada di tangan kalian sebagai pemilik kendaraan. Saran saya adalah carilah bengkel servis motor terbaik yang bisa memberikan sistem servis terpadu agar motor pun terasa baru ketika dikendarai. Dan tentu saja rekomendasi jatuh pada Planet Ban sebagai bengkel servis motor terbaik.

Keunggulan Service Motor di Planet Ban Dibanding Bengkel Lainnya

Keunggulan Service Motor di Planet Ban
Credit Photo: planetban.com

Planet Ban merupakan toko ban yang modern, dimana kalian yang memiliki sepeda motor dapat melakukan service rutin motor dan tentu saja pembelian berbagai sprarepart yang dibutuhkan oleh kendaraan roda dua. 

Saya pernah mempunyai pengalaman yang kurang enak ketika servis di bengkel yang bukan langganan. Maklum saja, ketika itu sepeda motor suami sudah sangat tidak nyaman digunakan untuk berkendara akhirnya kami bawa ke bengkel terdekat. Nyatanya masih banyak sisa pembakaran, kotoran maupun debu, yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Dan ternyata setelah selesai servis motor pun, mesin masih terasa berat dikarenakan kotoran dan debu masih tertinggal di blok CVT. Adapun CVT merupakan kepanjangan dari Continuously Variable Transmission yang berfungsi meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin sebuah sepeda motor.

Namun hal yang berbeda akan kalian rasakan ketika servis motor di Planet Ban secara rutin, dimana seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Mekanik Planet Ban dengan telaten akan membersihkan seluruh bagian mesin dari sepeda motor para pelanggan.

Bagian motor yang dibersihkan meliputi blok CVT, kepala silinder, piston, klep mesin, throttle body, sehingga semua komponen tersebut bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran. Kalau pembersihan merata begini, maka mesin akan terasa seperti baru bukan.

Tentunya kalian ingin  donk punya mesin sepeda motor seperti baru setelah diservis di Planet Ban. Rasakan saja deh dimana tarikan jadi lebih enteng, emisi bisa turun mencapai lebih dari 70%, bisa lebih menghemat BBM, dan tentu saja mesin jadi bersih total.

Kalian tidak perlu khawatir karena biaya servis di Planet Ban itu sangat terjangkau banget. Biaya service motor injeksi hanya Rp20.000,- sementara service CVT sekaligus rantainya yaitu  Rp19.500,-. Yang lebih bikin kaget adalah service throttle body kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp20.000,-.

Jadi tunggu apa lagi, jangan biarkan sepeda motor kalian tidak terawat dan hanya dipakai saja. Segera servis motor di Planet Ban dan rasakan sepeda motor seperti baru pertama kali dibeli.
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

17 komentar untuk "Rutin Service Motor di Planet Ban, Jadikan Mesin Lebih Awet "

  1. pantesan motor adik aku sering kali rusak. rupanya jarang ganti oli dan asal pilih oli... kayanya boleh nih service motor di planet ban biar awet mesin motornya

    BalasHapus
  2. pantesan motor adik aku sering kali rusak. rupanya jarang ganti oli dan asal pilih oli... kayanya boleh nih service motor di planet ban biar awet mesin motornya

    BalasHapus
  3. Eh beneran lho kak, after service motor di planet ban mesin motor terasa baru ya

    BalasHapus
  4. Kapan hari motor Saya mogok ternyata olinya bocor , untung cepat ketauan kata montir bengkel harus rutin servicenya ..nah jadi sekarang ga boleh males lagi service motornya bbiar ga mogok kebetulan juga dekat rumah Aku baru buka bengkel Planet Ban ternyata bagus service nya

    BalasHapus
  5. Yippieee jadi pengen buru-buru ke Planet Ban buat service.. Terjangkau banget biaya servicenya.
    Untuk emak-emak kadang suka lupa sama perawatan motor. Padahal gak kalah penting nih karena selalu motoran anter anak.

    BalasHapus
  6. Terjangkau ya ternyata harga servis motor di Planet Ban mba.. mana cabangnya banyak lagi.. sungguh mempermudah konsumen untuk melakukan perawatan terhadap motornya

    BalasHapus
  7. Punya motor yang aktif dipakai jelas harus rajin diservis tepat waktu jangan sampai telat ya..

    BalasHapus
  8. Pengecekan secara rutin memang dipercaya bisa memperpanjang masa kendaraan disini maksudnya ya dengan service rutin jadi segera ketahuan kalau ada masalah. Segera diperbaiki sebelum rusak parah gitu ya

    BalasHapus
  9. Dulu pas masih kerja kantoran, motor adalah kaki saya kemana-mana.
    Berhubung saya gak pagam mesin motor, taunya cuma pake aja, jadilah saya harus rajin servis.
    Bahkan bikin reminder di hp buat servis motor, biar gak lupa.
    Tapi dulu saya ndak kenal planet badan.
    Kalo sekarang masih motoran, pasti de planet ban jadi langganan servis

    BalasHapus
  10. Senangnya ke Planet Ban ga cuma toko ban tapi kita dapat melakukan service rutin motor dan membeli berbagai sprarepart yang dibutuhkan oleh kendaraan roda dua. Lengkaap!

    BalasHapus
  11. Bukan cuma urusan ganti oli, tapi banyak juga bagian dari si kendaraan roda dua yang harus diperhatikan sih ya biar performanya tetao maksimal dan bikin nyaman untuk mobilitas keseharian kita.

    BalasHapus
  12. Dulu ga ngerti banget soal urusan service service begini tapi setelah tinggal di Jogja jadi ngerti karena bawa kendaraan sendiri dan kebetulan banget sebelah flat saya tinggal ada Planet Ban

    BalasHapus
  13. Langganan suamiku ini. Tapi emang gampang banget ditemukan di mana-mana. Bannya pun ori, mo servis pun hati tenang

    BalasHapus
  14. Suka mampir ke Planet Ban karena isi anginnya gratis. :D

    BalasHapus
  15. setuju mba awet kalau rajin ganti oli juga aku sering ingetin suamiku buat rajin rervis

    BalasHapus
  16. senang sekali kalau bisa merawat motor kita ya kak, allhamdulillah sudah dibagi tipsnya

    BalasHapus
  17. Semenjak tahun lalu, aku servis motor matic ku di Planet ban, lebih nyaman karena teliti banget nyervisnya dan lokasinya dekat sama rumah

    BalasHapus