Melepas Anak Kuliah Di Luar Kota


melepas anak

Anak kuliah di luar kota merupakan pengalaman yang mungkin sudah pernah terjadi pada sebagian orang tua dan hal itu membutuhkan persiapan tersendiri. Namun ada pula orang tua yang tidak pernah melepas anak mereka menuntut ilmu di luar kota sehingga tidak terlalu ribet dalam memikirkan kebutuhan anak ketika di perantauan.

Dahulu ketika saya tinggal di kota Balikpapan tahun 1990an banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka ke Pulau Jawa khususnya di tingkat perguruan tinggi. Hal ini mereka lakukan karena di Balikpapan belum ada universitas yang diyakini dalam memberikan ilmu-ilmu terbaik di bidangnya, Ya kalau istilahnya belum ada universitas yang bonafide.

Walaupun sebenarnya asumsi tersebut tidak selamanya benar. Bukankah universitas lama juga awalnya dari universitas baru? Pasti awal berdirinya suatu perguruan tinggi tentu ada keraguan bagi mahasiswa yang masuk ke dalamnya apakah perguruan tinggi tersebut mampu melakukan transfer ilmu secara menyeluruh dan ketika lulus apakah si mahasiswa tersebut punya nilai lebih ketika terjun ke masyarakat.

Tantangan menulis



Yah, kalau sekarang sih saya melihat keadaan orang tua calon mahasiswa di era 90an tersebut lebih berdasarkan gengsi semata. Dan salah satu orang tua yang gengsi anaknya bisa kuliah di Jawa adalah Bapak dan Ibu saya.

Kedua kakak saya bisa mengenyam sekolah tingkat SMU sampai kuliah di Pulau Jawa. Bapak beranggapan jika melanjutkan SMU di Pulau Jawa maka kesempatan untuk diterima di perguruan tinggi negeri akan besar. Padahal tidak juga loh, terbukti kedua kakak saya gagal semua masuk PTN hehehe. Malah saya yang bersekolah di SMU di Balikpapan Alhamdulillah bisa tembus Universitas Negeri di Surabaya.

Baiklah, sekarang kembali ke fokus utama yaitu pembahasan mengenai anak kuliah di luar kota yang mengharuskan orang tua mempersiapkan sedini mungkin apa saja yang diperlukan anak di kota tujuan.

Persiapan Anak Kuliah Di Luar Kota

Bercermin dari Bapak dan Ibu saya ketika mempersiapkan kedua kakak kuliah di luar kota maka beberapa hal berikut wajib diperhatikan :
  1. Perguruan tinggi yang dituju
  2. Tempat kost yang cocok dan nyaman
  3. Biaya hidup selama kuliah di luar kota
Berbicara mengenai perguruan tinggi yang akan dituju oleh anak, maka orang tua harus banyak melakukan diskusi dengan anak. Jangan sampai orang tua memaksakan kehendak akan jurusan yang harus ditekuni anak ketika kuliah kelak.

Carilah fakultas atau jurusan yang menjadi minat anak tersebut. Setelah anak memilih dimana dia harus melanjutkan kuliah maka segera cari kost yang nyaman dan tidak jauh dari kampus anak.

Hal tersebut penting agar anak tidak merasa lelah ketika jarak kampus dan kost jauh. Dan pastinya agar anak lebih konsentrasi belajar.

Terakhir yang harus dipertimbangkan oleh orang tua ketika anak kuliah di luat kota adalah biaya hidup yang harus dikeluarkan anak saat kost. Tentu orang tua harus menyediakan extra budget untuk buah hati mereka yang sudah berstatus menjadi mahasiswa.

Adapaun dari sisi anak ketika sudah memutuskan untuk kuliah di luar kota, maka hal ini harus menjadi pertimbangan antara lain :
  1. Bisa menjaga nama baik orang tua ketika melanjutkan pendidikan di luar kota
  2. Mampu mengatur keuangan sedemikian rupa dari uang bulanan yang diberi orang tua agar tiap bulan tidak kekurangan sehingga harus mempersulit orang tua dalam mencari dana tambahan.
  3. Belajar dengan giat agar bisa lulus kuliah tepat waktu.
Ketika anak tidak mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu maka secara otomatis biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua membengkak dari perkiraan awal. 

Anak harus memahami kemampuan finansial orang tua dalam menyekolahkannya sehingga sedapat mungkin jangan menjadi benalu padahal dirinya sudah lebih dari cukup untuk dikatakan mandiri dan lepas dari tanggung jawab orang tua.

Demikian beberapa tips singkat dari saya untuk kalian para orang tua yang mungkin sedang mempersiapkan anak kuliah di luar kota.

Semoga bermanfaat ya!


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Melepas Anak Kuliah Di Luar Kota"

  1. Dulu, bapakku sulit sekali melepasku kuliah di luar kota. Waktu itu, aku ingin sekali kuliah di Jogja. Sayangnya nggak boleh. Makanya, pilih kuliah di Madura juga.

    BalasHapus