Saatnya Menjadi Blogger dan Influencer

 
Dunia baru

Menjadi Blogger bukan menjadi cita-cita saya sebenarnya. Namun saat ini saya benar-benar ingin nyemplung sebagai blogger bahkan kalau bisa menjadi influencer sekaligus. 

Profesi influencer bahkan tidak ada dalam bayangan saya sama sekali ketika saya sudah mengenal dunia blogging.

Bagi saya seorang blogger juga merupakan influencer karena melalui tulisan-tulisannya seorang blogger bisa mempengaruhi pembaca. 

Mungkin bukan pengaruh besar namun setidaknya bisa menjadi referensi pembaca manakala suatu saat menemukan masalah yang tidak sengaja dibacanya dari tulisan seorang blogger.

Saya tidak ingin terlalu ambisius ketika memutuskan menjadi blogger maupun influencer. Learning by doing sajalah dalam benak saya ketika nyemplung.

Kalau kalian bertanya kenapa saya tidak ambisius maka jawabannya karena saya masih memiliki pendapatan utama dari pekerjaan kantoran saat ini.

Ngeblog ibaratnya masih camilan yang mungkin bisa saja menjadi nasi saya di kemudian hari. Wallahu A'lam.

Berkenalan Dengan Dunia Influencer 

Sebenarnya merupakan ketidak sengajaan manakala saya akhirnya tahu dunia influencer. Dulu saya merupakan orang yang tidak suka dengan media sosial, apalagi ketika usia menjelang 30 tahun. Harusnya makin tua makin tidak suka yah, hehehe. 

Namun justru saya sekarang mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi selalu berusaha untuk tidak ketinggalan dengan yang namanya media sosial.

Memang benar bahwa kita tidak boleh berlebihan dalam memanfaatkan media sosial. Harus bijaklah dalam bermedsos, begitu yang sering digaungkan oleh sebagian masyarakat. Saya sendiri setuju akan hal itu. Asal kita tahu batasan-batasan bermedsos, maka tak masalah.

Zaman sekarang profesi apapun asal menghasilkan uang halal mungkin akan dilakukan oleh semua orang. Salah satunya influencer. 

Dulu dalam persepsi saya, yang menjadi influencer haruslah dari kalangan selebritas dan ternyata anggapan itu keliru.

Asal punya pengikut banyak pun bisa kok menjadi influencer. Bergabung dengan agency pun tak ada salahnya demi mendapat penghasilan dari media sosial. Yang saya lihat para influencer rata-rata bergabung dengan agency agar bisa mendapat job.

Sebagai blogger pun sebaiknya tidak kuper alias kurang pergaulan. Tidak munafik seorang blogger seperti saya ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang sudah saya besarkan dari setahun lalu. 

Apalagi Domain Authority blog saya sudah lumayan tinggi juga. Sayang kan kalau tidak dimanfaatkan untuk mencari cuan. Tentu dengan hal yang positif ya seperti menerima sponsored post atau content placement.

Seorang blogger dan influencer biasanya akan selalu mengikuti perkembangan informasi yang ada di media sosial. 

Bagi saya pribadi banyak keuntungan menjadi blogger maupun influencer, antara lain:
  • Menambah banyak teman
  • Selalu update dalam perkembangan dunia medsos
  • Mengerti bagaimana cara menulis yang baik dan benar
  • Belajar bagaimana teknik fotografi yang baik
Saya pribadi bersyukur bisa kenal dunia ini. Dunia yang tak harus bertatap muka secara langsung namun dapat berinteraksi melalui grup Whatsapp.

Apapun profesi baru yang mungkin baru kalian tekuni, maka saran saya adalah jangan mudah putus asa. Teruslah menulis dan menebarkan kebaikan. 

Mungkin saat ini rezeki dari jalan ngeblog belum lancar seperti teman-teman lainnya namun bisa jadi kalian memang disuruh berlatih menulis dulu sampai tulisan kalian menjadi sangat berkualitas. Barulah rezeki itu akan datang menghampirimu.

Demikian cerita singkat saya yang masih newbie dalam dunia blogger. Yang pasti saya ingin bermanfaat untuk orang lain.





Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Saatnya Menjadi Blogger dan Influencer"

  1. aku juga seneng bisa terjun di dunia perbloggingan seperti ini, dari yang awalnya dulu nggak terlalu berexpetasi terlalu tinggi soal jadi blogger. Dan ternyata bisa dapetin duit juga dari ngeblog.

    BalasHapus