Tips Memilih Undangan Pernikahan Online

 
Undangan Pernikahan Online


Pernah terpikir tidak dalam benak kalian untuk membuat undangan pernikahan online? Apalagi di masa pandemi ini segala sesuatu penuh tidakpastian sehingga menikah saja perlu pertimbangan dan perencanaan yang matang termasuk urusan pernikahan.

Jadi saya ingin bercerita sedikit mengenai teman yang 3 bulan lalu tepatnya bulan Mei 2021 sudah melangsungkan pernikahan bersama suaminya saat ini. Hubungan LDR yang sempat mereka jalani setahun akhirnya berpadu di pelaminan bahkan di masa pandemi.

Teman saya sempat bingung karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan menjelang pernikahan di masa pandemi, antara lain:
  1. Jumlah kedatangan tamu yang dibatasi dalam resepsi
  2. Berbagai pemeriksaan jelang akad nikah salah satunya SWAB Antigen yang harus dijalani kedua mempelai.
  3. Protokol Kesehatan yang disiplin ketika hajatan pernikahan perlangsung.
Teman saya yang sempat bingung karena banyak sekali rencana kerabat yang mau diundang akhirnya melakukan screening siapa-siapa saja yang harus diundang ke resepsi pernikahannya sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan oleh vendor pernikahan.

Selain itu, teman saya rada bingung nih karena dia harus menyebar undangan yang tidak sedikit sekadar pemberitahuan bahwa dia akan menikah. Mendatangi satu per satu kerabat di saat pandemi rasanya merupakan suatu hal yang mustahil karena akan memperbesar kan tertular virus, apalagi dia merupakan calon mempelai yang harus menjaga kesehatannya.

Undangan Online

Akhirnya setelah diputuskan, teman saya dan suaminya pun memilih menggunakan undangan online untuk memberi kabar kepada seluruh kerabat dan sanak saudara bahwa mereka berdua akan menikah.

Undangan Pernikahan Online Solusi di Masa Pandemi

Sebenarnya tidak sengaja juga mereka menemukan jasa pembuatan undangan online ketika sedang scroll media sosial. Wah, ternyata memang zaman sudah semakin canggih ya sehingga undangan saja bisa dipesan secara online.

Saya pun sangat senang adanya terobosan baru berupa undangan pernikahan online bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Mungkin ketika pandemi ini berakhir, konsep undangan online ini bisa dipertahankan untuk seterusnya karena memberi manfaat antara lain:
  1. Paperless dan ramah lingkungan, alias tidak menimbulkan sampah kertas yang dapat mencemari lingkungan ya di beberapa kejadian. Walau ada juga undangan yang dibuat dari kertas daur ulang namun ujung-ujungnya tetap saja dibuang kan.
  2. Praktis. Mengapa saya sebut praktis karena kita sebagai pemilik hajat tidak perlu repot mengantar atau memilikirkan hendak menggunakan kurir apa ketika hendak mengirim undangan. Tinggal kirim via whatsapp dan beres deh urusan.
  3. Hemat waktu dan tenaga. Berhubungan dengan point 2 dimana undangan online dapat menghemat waktu serta pikiran kita dan bisa digunakan untuk melakukan hal-hal lain yang sama pentingnya dibanding hanya memikirkan bagaimana mengirimkan undangan satu per satu.
Namun ketika kita sudah bulat memutuskan memilih undangan pernikahan online sebagai pembawa kabar baik bagi kerabat, tentu ada tips agar jangan sampai menyesal ketika menggunakan jasa tersebut. 

Tips memilih jasa pembuatan undangan online antara lain:
  1. Lihat testimoni dari para pelanggan sebelumnya
  2. Sebelum memutuskan menggunakan jasa undangan online, ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai konsep yang akan kalian gunakan di dalam pembuatan undangan tersebut. 
  3. Pilih template yang sesuai karakter kalian
  4. Last but nont least, pilih jasa undangan online yang menawarkan budget sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Perlu diingat bahwa undangan merupakan satu dari sekian komponen yang harus Anda persiapkan menjelang pernikahan.

Kesimpulan

Demikian tips sederhana dari saya untuk kalian yang berencana membuat undangan pernikahan online. Teknologi dan zaman sudah semakin berkembang sehingga informasi tidak hanya terbatas pada satu metode saja.

Dengan menggunakan undangan online Anda bisa memberitahukan kepada seluruh kerabat dan sanak saudara yang tinggal jauh dari Anda mengenai perhelatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat,

Jadi tunggu apa lagi, segera cari informasi mengenai undangan online dan lakukan pemesanan sekarang juga.
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

15 komentar untuk "Tips Memilih Undangan Pernikahan Online"

  1. Keren banget, pandemi seperti ini memang membuat orang selalu berinovasi yaa, idenya keren lho kan jadi ramah lingkungan juga

    BalasHapus
  2. Aku juga pernah dapat undangan pernikahan online. Menurutku inovatif sih, memangkas segala pemborosan 😁. Cuma itu ya masih jarang yang buka jasa beginian. Harus jeli cari vendornya.

    BalasHapus
  3. zaman now rasanya ga perlu undangan fisik ya, selain sampah. kita juga hemat bisa kirim via wa. namun, undangan fisik perlu buat para sesepuh keluarga saja menurut saya mbak.

    BalasHapus
  4. Di masa Pandemi yg serba saat ini undangan online memang menjadi salah satu komposisi yang bisa jadi pilihan
    Lebih simpel dan tentu jangkauan juga lebih luas

    BalasHapus
  5. Di masa pendemi gini mau nikah sebenarnya simple dan bisa hemat biaya. Cuma karena tradisi orang Indonesia, aneh kalo nggak pakai acara mengundang banyak orang apalagi saudara.

    Undangan online mulai bisa dikenalkan ke masyarakat, meski terkesan asing juga.karena kalo saudara antar undangan pasti harus datang ke rumahnya. Kalo cuma lewat chat bisa dianggap tidak sopan. Ya, memang jadi serba salah..

    BalasHapus
  6. Iya saya juga kalau beli barang-barang online selalu liat testimoni yang beli. Kalau bagus ya saya coba pakai.

    BalasHapus
  7. Baru pekan lalu ada teman kantor yang menikah. Meskipun sifatnya sebagai pemberitahuan - bukan undangan, tapi terbantu banget untuk menyebarkan pemberitahuan bahwa mereka akan menikah. Bukannya nggak mau mengundang, tapi memang dibatasi kan jumlah tamu yang hadir. Pastinya prioritas untuk keluarga dulu. Perkembangan jaman semakin canggih ya ide dan inovasinya.

    BalasHapus
  8. Setuju banget! undangan online itu bikin hemat segala-galanya dari mulai budget hingga menghemat waktu untuk menyebarkannya

    BalasHapus
  9. Aku ga pernah tau nih cara memilih undangan pernikahan online hehehe. Tapi karena pandemi, sekarang juga jadi booming yaa. Apalagi yang live streamingnya disiarkan juga

    BalasHapus
  10. Sepertinya undangan online ada sejak sebelum pandemi ya? Dulu soalnya beberapa teman melakukan itu,, aku juga sempat bikin krn undangan fisik terbatas. Cuma buat woro2 yg gak dapat undangan fisiknya hehe

    BalasHapus
  11. Aku pertama kali nerima undangan online itu tahun 2008. Waktu itu rasanya wow. Eh, sekarang malah jadi tren dan lahan bisnis. Alhamdulillah. Selalu ada peluang buat usaha :)

    BalasHapus
  12. Agaknya gak jadi hemat juga kalau punya hajat di kala pandemi begini..
    Soalnya tamunya selain jadi terbatas, pun waktunya jadi lebih panjang, gak boleh kumpul-kumpul.

    Tapi bagaimana pun, iinlah rejekinya.
    Semoga perjalanan rumah tangganya sakinna mwaddah dan warahmah.
    Aamiin~

    BalasHapus
  13. Undangan online atau digital sebenarnya udah marak sejak 3 tahun yang lalu ya, tapi sekarang jadi menemukan momentum baru untuk lebih menjangkau masyarakat luas

    BalasHapus
  14. Waktu keponakan nikah juga bikin undangan online, lebih hemat biaya dna parkrtis banget

    BalasHapus
  15. Sekarang memang semakin banyak ya jasa pembuatan undangan pernikahan online. Aku kadang suka lihat desain2nya seliweran di explore IG dan lucu-lucu banget. Templatenya beragam dan unik.

    Kalau dulu pas aku nikah sih aku bikinnya ke tempat cetak undangan. Tapi ya 12 tahun yang lalu model template undangan ya gitu2 aja.

    BalasHapus