Anda Sibuk Bekerja Namun Tetap Ingin Jadi Sarjana? Kuliah Karyawan Solusinya

 
Kuliah karyawan

Saya punya pengalaman pribadi kuliah sambil bekerja dan ternyata butuh perjuangan yang luar biasa. Kejadian tersebut saya jalani pada tahun 2016 tepatnya ketika saya berniat mengambil Magister di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya.

Walaupun akhirnya saya bisa lulus kuliah dengan nilai yang memuaskan namun memang ada keringat dan harga yang harus dibayar mahal di balik perjuangan saya ingin meraih gelar Magister itu.

Saya ingin berbagi pengalaman juga bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda seorang karyawan kantoran yang keberulan memiliki motivasi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi antara lain:
  • Sesuaikan waktu kerja dengan jadwal kuliah
Jangan sampai hanya karena ambisi ingin mendapat gelar sarjana menyebabkan tanggung jawab di pekerjaan menjadi terganggu. Sebelum mendaftar ke perguruan tinggi idaman, Anda harus melihat terlebih dahulu jadwal kuliah yang ditawarkan oleh kampus tersebut apakah bentrol dengan jam kerja atau tidak.

Usahakan untuk mencari perbandingan di antara beberapa perguruan tinggi yang ada agar Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk menimba ilmu namun juga tidak meninggalkan pekerjaan utama sebagai karyawan kantoran.
  • Pertimbangkan lokasi perguruan tinggi dengan tempat kerja Anda
Hal inilah yang saya lakukan ketika tahun 2016 lalu dimana kampus tempat saya kuliah relatif sangat dekat dengan kantor. Tujuannya adalah agar mudah dalam melakukan koordinasi manakala saya harus menyelesaikan dua kewajiban sekaligus, yaitu pekerjaan dan juga tugas kuliah.

Namun memang jika kita melihat situasi pandemi saat ini dimana kegiatan pembelajaran lebih banyak menggunakan sistem online, maka menurut saya faktor lokasi kampus tidak terlalu menjadi masalah yang esensial. Terlebih ada beberapa kampus yang menawarkan kuliah karyawan sebagai solusinya.

Kuliah di Binus University


  • Pertimbangkan budget yang harus dikeluarkan untuk membiayai kuliah Anda
Bagi sebagian orang mungkin melihat jika seorang berstatus karyawan akan lebih mudah untuk membiayai dirinya melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi namun apakah benar adanya? Tentu yang tahu adalah individu bersangkutan calon mahasiswa tersebut.

Budget perkuliahan memang seharusnya dipersiapkan sebelum mantap memilih hendak kuliah dimana minimal untuk dua semester pertama. Hal ini dikarenakan biaya kuliah tidak sama dengan ketika kita sekolah. 

Maka dari itu sebelum memilih kampus mana yang akan menjadi tujuan Anda, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu biaya pendidikan di beberapa perguruan tinggi untuk perbandingan. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari dengan budget yang mungkin di luar ekspektasi.

Kuliah Karyawan di Binus University Online Learning: Solusi Bagi Anda yang Ingin Menjadi Sarjana

Bagi Anda yang bingung memilih perguruan tinggi swasta yang bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja di kantor maka saya rekomendasikan Binus University sebagai kampus untuk menimba ilmu sekaligus meraih gelar sarjana yang didambakan.

Binus University menyelenggarakan Binus Online Learning dimana sistem pembelajaran diadakan secara online bagi kalian para pekerja kantoran, wirausaha bahkan ibu rumah tangga yang masih memiliki semangat menempuh pendidikan tanpa khawatir terkendala dengan waktu dan juga tempat untuk berkuliah. 

Binus University

Keunggulan yang bisa Anda dapat jika berkuliah di Binus University Online Learning adalah:
  • Sistem Kuliah yang Fleksibel
Jika dulu saya masih mengalami perkuliahan tatap muka dimana pukul 07.00 WIB harus sudah hadir di kelas untuk mengikuti mata kuliah dosen pengampu, namun zaman telah berubah. Perkuliahan di era milenial saat ini sudah tidak perlu repot datang ke kelas sambil terburu-buru dikarenakan macet di jalan.

Zaman telah berubah ke arah digitalisasi sehingga segala kendala di masa lalu dapat dipermudah dengan sistem yang lebih simple dan fleksibel. Kuliah di Binus University Online Learning memungkin bagi Anda dari luar kota, luar pulau bahkan luar negara untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Dosen pengajar selain berasal dari kota kampus Binus berlokasi, juga bisa berada di luar daerah bahkan luar negeri tanpa terbatas waktu dan juga tempat.
  • Materi serta Dosen Pengampu yang Berkualitas
Binus University Online Learning menggunakan sistem LMS yaitu Learning Management System dimana adanya interaksi yang intens diantara para mahasiswa, mahasiswa dengan dosen pengampu mata kuliah dan juga interaksi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa yang berkuliah di Binus University dengan metode Online Learning memiliki output yang sama dengan mahasiswa yag berkuliah dengan metode tatap muda. Output yang dimaksud adalah dari segi kualitas, skill dan juga kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa di kelas Online Learning.
  • Biaya Kuliah Fleksibel
Bayangkan, mungkin hanya di Binus University Anda bisa mengatur budget perkuliahan sesuai kemampuan finansial. Seorang mahasiswa dapat mengatur budget sesuai kemampuan berdasarkan mata kuliah yang diambil per semester. Jika mahasiswa tersebut sedang minim budget maka bisa mengambil mata kuliah di semester berikutnya. Binus University sangat memperhatikan kemampuan finansial para mahasiswa dengan harapan dapat lulus sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Prosedur Pendaftaran

Sebagai calon mahasiswa Binus University Online Learning, Anda dapat memilih berbagai jurusan kuliah yang terdapat di Binus University sesuai minat dan bakat, antara lain:
  1. Akuntansi
  2. Teknik Industri
  3. Sistem Informasi
  4. Teknik Informatika
  5. Business Management
Karena program perkuliahan di Binus University Online Learning adalah setara Strata Satu atau S1, maka Anda yang kebetulan merupakan lulusan D3 di perguruan tinggi lain dapat meneruskan ke tingkat S1 di Binus University Online Learning.

Adapun cara mendaftar di Binus University Online Learning yaitu:
  1. Mengisi form pendaftaran BINUS Online Learning. Pendaftaran bisa melalui 2 cara yaitu langsung datang ke bagian admini BINUS University maupun link berikut https://binus.edu/admissions/
  2. Mengumpulkan pas foto ukuran 3x4
  3. Scan asli akte kelahiran calon mahasiswa
  4. Mengumpulkan Curriculum Vitae 
  5. Scan asli kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk maupun Pasport
  6. Bagi Anda lulusan SMU maupun SMK, harus menyertakan scan asli ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
  7. Bagi lulusan Diploma 3 atau D3, harap untuk menyertakan scan asli ijazah dan transkrip nilai.
  8. Untuk Anda yang berstatus karyawan di sebuah perusahaan, harap untuk menyertakan surat keterangan bekerja
  9. Bagi Anda yang sebelumnya telah lulus dari program D3 maka harap untuk melakukan pengecekan data Anda di situs https://pddikti.kemdikbud.go.id/ karena bagi lulusan D3 syarat untuk dapat diterima di Binus University Online Learning maka data Anda harus terdaftar dalam website tersebut.
Untuk biaya perkuliahan di Binus University Online Learning tergolong ramah untuk budget Anda sebagai seorang pekerja kantoran dikarenakan pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun sistem cicilan. 

Pembayaran dengan sistem cicilan pun dapat Anda pilih apakah ingin menggunakan kartu kredit atau juga melalui Koinworks, sebuah lembaga fintech yang tentu saja sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengapa Anda harus mengikuti kuliah karyawan di Binus University untuk meraih gelar sarjana dan tentunya ilmu untuk menunjang kompetensi di dunia kerja.

Kuliah karyawan merupakan solusi bagi Anda semua yang mungkin mengalami kendala jika harus melakukan perkuliahan tatap muka. Kuliah karyawan sangat cocok bagi pekerja kantora, pebisnis bahkan ibu rumah tangga sekalipun yang masih memiliki motivasi kuat untuk menimba ilmu di perguruan tinggi.

Jadi tunggu apalagi, segera amankan kursi Anda di Binus University Online Learning.

Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

59 komentar untuk "Anda Sibuk Bekerja Namun Tetap Ingin Jadi Sarjana? Kuliah Karyawan Solusinya"

  1. Binus University Online Learning solusi banget ya kak, pendaftaran dan pelaksanaannyapun relatif mudah dan terjangkau ^^

    BalasHapus
  2. Tiap baca ulasan soal program kampus gini, aku jadi pengen bisa kuliah deh kak. Apalagi kalau yang menawarkan BINUS sih ya, udah terbukti kualitasnya deh di Indonesia ini. Bakal meluncur dan cari info lebih banyak lagi deh soal kuliah karyawannya BINUS ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Arai, kuliah lagi. Xixixi.. aku juga pengen banget ni kuliah lagi tetapi nunggu anak-anak rada gedean dikit. Sekarang masih rempong sangat.

      Hapus
  3. Ya Allah jadi pengen lanjut kuliah lagi jadinya nih mbak, aku mandek di skripsiku. Senangnya bisa ada kuliah karyawan begini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangaaaat lah kak Nyi, belajar tidak pandang usia kalau kata pujangga. Aku juga langsung penasaran sama BINUS gegara baca artikel ini, kangen sekolah

      Hapus
  4. Keponakan saya kuliah di Binus Malang nih mbak jurusan Design Interior memang keren tuh kuliah disini semester 4 udah mulai kerjain proyek kecil-kecilan bareng teman-temannya

    BalasHapus
  5. Ternyata ada ya kuliah karyawan begini. Bagus, bagus! Ini bisa menambah kemampuan karyawan sehingga mereka bisa mendapat pekerjaan yang lebih bagus lagi sambil bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih kak, jadi gak galau lagi. Terutama bagi yang tamatan SMA/SMK mereka bisa tetap kerja sambil kuliah.

      Hapus
  6. Gak salah pilih deh kalo mau kuliah ke Binus University. Fasilitas lengkap menurut siswa-siswi saya yang lanjut kuliah ke situ. Pas banget nih ya buat para karyawan bisa kuliah sambil kerja dengan waktu fleksibel. Jadi bisa menyesuaikan dengan waktu libur kerja dll. Keren Binus ini memang....

    BalasHapus
  7. Wah, enak nih kalau ada kuliah karyawan. Untungnya Binus University Online Learning menyediakan fasilitas ini ya. Ini jadi solusi buat yang ingin kuliah sambil kerja juga karena bisa online

    BalasHapus
  8. Saya selalu salut, sama orang yang bekerja sekaligus kuliah. Ngebagi waktu nya itu butuh perjuangan banget. Belum lagi masalah kesehatan dan fisik, pastinya harus dijaga dengan sangat baik. Dulu saya sempat kepikiran akan ngelakuin hal ini, eh begitu udah kerja, ternyata masih belum terlaksana juga, hehehe.

    Makin mudah nih belajar di Binus, meski statusnya seorang karyawan. Udah gitu bisa belajar secara online pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali kak Hendra, hihihi, saya juga pengen lho aslinya kerja sambil kuliah. Kadang kangen gitu kalo udah kuliah kan pergaulannya semakin luas. Ilmunya juga makin nambah.

      Hapus
    2. Iya betul kak Hendra, sayapun begitu, sangat antusias lagi untuk kuliah sebenarnya, pengen lanjut S2 sambil kerja, cuma masih banyak kesibukan belum ada waktu pas untuk menjalaninya.

      Btw, kampus Binus ini emang dari dulu emg udah terkenal dengan kampus yang menyediakan kelas karyawan, jadi dah gak heran lagi... keren juga kampusnya...

      Hapus
  9. Duh kalau baca artikel kuliah lagi, jadi suka sedih. Niat saya merantau ke luar negeri jadi TKW dulu karena ingin melanjutkan kuliah. Tapi ternyata setelah ada biaya, eh kebutuhan lain malah bertambah juga.
    Akhirnya kuliah batal, cuma masih harapan.
    Sekarang kalaupun mampu, waktunya sudah bisa dibilang telat.
    Ada biaya sekarang buat sekolah anak saja.

    BalasHapus
  10. Nggak semua memang memiliki kesempatan untuk berkuliah dengan nyaman tanpa memikirkan bagaimana biayanya. Banyak juga yang harus bekerja dulu. Mengumpulkan uang dulu. Baru deh kuliah.

    Tapi kalau misalkan bisa kuliah sambil kerja kan lebih baik ya. Binus menawarkan sesuatu yang keren banget sih.

    BalasHapus
  11. Minggu lalu saya cari-cari kampus untuk sarjna penerjemahan atau magister linguistik juga boleh. Yang bisa full daring. Di Binus ada ga ya... Jadi pengen lihat-lihat ke sana.

    BalasHapus
  12. Jadi solusi banget nih, bagi karyawan yang pengen upgrade ilmu dan status pendidikan. Apa aku saranin aja ini ke suamiku ya, soalnya dia D3 Akuntansi, kali aja bisa ambil S1 di Binus University Online Learning ini

    BalasHapus
  13. Akhirnya sekarang sudah ada kuliah online yang diakui oleh pemerintah ya, beberapa tahun ke belakang kelas jauh gini masih dipersulit, syukurlah salah satu hikmah adanya pandemi, masyarakat bisa ikutan kuliah online di Binus, penting banget buat mereka yang sudah bekerja dan masih ingin meningkatkan ilmunya

    BalasHapus
  14. Binus kualitasnya enggak diragukan lagi deh. Memang kalau melakukan 2 task dalam satu waktu seperti kuliah sambil bekerja bisa bikin pontang panting ya mba. Tapi keren mba Maria bisa lulus dengan memuaskan sambil bekerja.

    BalasHapus
  15. Jadi kangen deh, dulu pas kerja di Cikarang aku juga ngambil kuliah karyawan di Bandung. Lumayan juga yag jaraknya. Untung cuma kuliah di akhir pekan. Rasanya jadi pengen lanjut kuliah lagi hihi.

    BalasHapus
  16. "BINUS" itu udah seperti jaminan kualitas ya. Btw, duluuuu banget aku pernah ngajar di kelas karyawan di kampus lain. Iya, ngajar. Yang diajar lebih tua semua. Selesai kelas banyak yang pengen nganter pulang dengan alasan "Nggak tega Mbak pulang sendirian malam-malam" :D

    BalasHapus
  17. Teman kerjaku dulu kuliah sambil kerjanya juga ngambilnya Binus University, ambil kelas karyawan. Sekarang semakin memudahkan ya karena ada kuliah online. Jam kerja dan lembur nggak terganggu, kuliah juga lancar. Mantap banget Binus.

    BalasHapus
  18. wah keren, Binus ada kelas online

    kemarin di forum, ada yang mengeluh ingin kuliah tapi gak punya dana

    ya kuliah sambil kerja dong ya?

    Binus University Online Learning jawabannya

    BalasHapus
  19. Enak banget kalau ada perguruan tinggi yg memungkinkan mahasiswanya kuliah sambil kerja. Biasanya kan engga mau tahu, kuliah ya kuliah, kerja ya kerja. Ya kalik, kuliah kan perlu biaya...Untunglah ada Binus University...

    BalasHapus
  20. Selamat Mbak tuntas kuliah Magister di saat sambil bekerja. Pasti perjuangannya luar biasa. Maka Binus University Online begini bisa jadi jawaban bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ya...Mudah dan membantu pasti!

    BalasHapus
  21. Sekarang banyak jalan menuju Roma, eh maksudnya jalan menuju pendidikan yang lebih baik. Saat terbatas waktu untuk bekerja, bisa juga ambil opsi karyawan dan belajar secara online. Keren banget.

    BalasHapus
  22. Wah ini jawaban buat yang pengen kuliah tapi sambil kerja cari uang, jadi waktunya bisa lebih fleksibel

    BalasHapus
  23. Sekarang semua serba mudah ya mba, kuliah pun sudah menyesuaikan kondisi mahasiswa. Buat yg kerja bisa menyesuaikan waktu dan biaya. Apalagi banyak kelas yg serba online jd dimanapun dan kapanpun tetap bisa belajar melanjutkan jenjang pendidikan yang diinginkan❤️❤️

    BalasHapus
  24. Kuliah sambil kerja itu memang butuh perjuangan dan effort. Banyak yang dipertimbangkan, dari tenaga, waktu, dan budget.
    Oh iya, sering liat infonya kalau Binus punya kelas online ya, waktunyapun fleksibel jadi bagi yang ingin kerja sambil kuliah, bisa banget nih ke Binus University

    BalasHapus
  25. Mbak... Setuju banget Karena ilmu harus tetap Kita Cari ya Tak perduli dengan segala kesibukan Kita sekarang. Dan dengan segala kemudahan dari Binus ini semoga Makin memudahkan ya

    BalasHapus
  26. Binus ini emang sering berinovasi ya mba, image nya terkenal dan solusi banget untuk keadaan saat ini, semoga yang mau kuliah sambil kerja dimudahkan

    BalasHapus
  27. Binus membantu mewujudkan pendidikan lebih baik

    BalasHapus
  28. wah di binus ada kelas karyawan ya, mantap
    bagi karyawan bisa tetap kuliah ya kak
    apalagi di kampus bergengsi seperti Binus ini

    BalasHapus
  29. Nah ini, buat temen2 yg memang pengen kerja sambil kuliah bisa banget kepo2in Binus Universty. Selain waktinya yg fleksibel, kredibilitas kampusnya oke.

    BalasHapus
  30. Pandemi tak boleh menghalangi kita untuk tetap menuntut ilmu ya. Bagus banget nih programnya Binus. Membantu mereka yang mau dan masih semangat belajar untuk menggapai taraf hidup yang (jauh) lebih baik di tengah keterbatasan mobilitas. Kelas on-line pun jika diikuti dengan tekun, inshaAllah tetap membawa banyak manfaat seperti halnya kelas off-line.

    BalasHapus
  31. Di sisi lain ternyata banyak juga ya hikmah pandemi. Salah satunya semua menjadi lebih fleksibel krn prefer online hehe..

    BalasHapus
  32. Lokasi tempat kerja, tempat kuliah serta tempat tinggal ini memiliki pengaruh yang besar juga ya mbak, jangan sampai terlalu jauh sehingga Kita kelelahan di jalan

    BalasHapus
  33. Pernah ngalamib kuliah sambil kerja. Cuma dulu gak khusus kelas karyawan. Binus university mantabs nih punya programnya

    BalasHapus
  34. Kuliah sambil kerja ini jadi primadona. hehe.. sebab, kalau bisa jalan keduanya, kenapa nggak. Makasih mbak artikelnya. Bermanfaat banget.

    BalasHapus
  35. Wah Binus nih keren juga ya mbak ada programnya untuk yang karyawan jadi bisa kerja sambil kuliah ya ..nice info

    BalasHapus
  36. oooh dari BINUS ya
    iya nih
    sekarang lulusan SMA yang sedang jadi karyawan, juga bisa banget kuliah sambil kerja
    bisa cari uang sambil cari ilmu
    apalagi sekarang udah pada bisa online
    jadi lebih fleksibel kuliahnya

    BalasHapus
  37. Jadi pengen kuliah lagi.. kangen dengan suasana dan hirrohnya mencari ilmu..

    BalasHapus
  38. Binus mah gak usah diragukan lagi, kualitasnya nomor wahid!
    Sekarang bisa kuliah sambil kerja, menuntut ilmu makin gampang ya. Bisa online pula.

    BalasHapus
  39. Wah, solusi banget ini buat yang bekerja ya. Penawaran yang menarik dari Binus. Sayang juga kan waktu dan usia habis di kerja aja. Apa lagi kalau baru tamat SMA. Bisa nih jadi salah satu pertimbangan kuliah karyawan di Binus.

    BalasHapus
  40. Saya IRT.. tapi juga pingin kuliah lagi. Bisa ikut kelas karyawan juga, mungkin ya.

    BalasHapus
  41. Aku salah satu mahasiswi dari kelas karyawan, kuliah tetep tiap hari tapi malam karena siangnya sibuk cari cuan. Alhamdulillah lulus juga akhirnya dengan 2 kesibukan yang sama-sama manfaat ilmunya buatku.

    BalasHapus
  42. salut Mbak, berhasil kuliah sambil kerja, Magister pula, which is tugasnya itu lebih berat ketimbang Sarjana, kereen.
    sistem online sekarang ini sangat memudahkan sih ya, hitungannya pun juga sebenarnya lebih hemat ya.

    BalasHapus
  43. Zaman sekarang, saat semuanya sudah serba digital, senang sekali rasanya bisa ambil waktu kuliah yang flexible dan bisa dilakukan di mana saja, tempat yang paling nyaman dan kondusif untuk belajar online bersama Binus University Online Learning.

    BalasHapus
  44. Wh solusi jitu nih untuk karyawan yang mau kuliah tapi sibuk bekerja apalgi ada univ yang memfasilitasi seperti Binus ini ya

    BalasHapus
  45. Betul sekali, sekarang makin banyak kampus-kampus yang menyediakan kelas khusus karyawan agar tidak mengganggu jam kerja. Lagipula keuntungan kelas karyawan dengan jurusan linier bisa konsultasi juga terkait permasalahan pekerjaannya.

    BalasHapus
  46. Binus memang dari dulu sudah piawai untuk lulusannya dan memang tak diragukan lagi. Dulu pernah juga kuliah S2 sambil bekerja. Tapi keteteran juga jadi mundur setahun

    BalasHapus
  47. Wah, terima kasih atas sharing. Sangat bermanfaat Mba. Saya termasuk yang masih ingin kuliah nih... hehehe

    BalasHapus
  48. pengen sih kuliah lagi tapi nggak yakin nih otak masih bisa mikir yang berat-berat. jujur aku kagum nih sama mereka yang tetap semangat melanjutkan kuliahnya sambil bekerja

    BalasHapus
  49. Menarik sekali ya mbak, kuliah di Binus ini. Biaya per semester nya juga fleksibel. Bisa disesuaikan dengan kemampuan.

    Apalagi jadwal kuliahnya, sungguh impian bagi yang pengen kuliah tapi juga harus kerja

    BalasHapus
  50. Salut dengan orang-orang yang bisa kerja sambil kuliah, pasti selain repot membagi waktu juga tenaga dan konsentrasi. Info kuliah karyawan ini berguna banget untuk masyarakat yang butuh melanjutkan kuliah tetapi tidak kehilangan pekerjaan.

    BalasHapus
  51. Keren ya kerja sambil kuliah. Malah entar kalau udah lulus bisa juga langsung dpt kerjaan ya karena punya pengelaman kerja eh apalagi bisa langsung kerja juga di tempat kerja sebelumnya

    BalasHapus
  52. Benar kak, ada baiknya menentukan kampus mana yg sesuai kondisi kita. Mengatur dan menyesuaikan waktu kerja dan pelajaran dikampus.

    BalasHapus
  53. Aayil banget nih Binus Online untuk ambil mata kuliah bisa sesuaikan budget. Memang ya mba pandemi membuat aktivitas serba online, termasuk kuliah. Walau begitu proses belajar online pasti tidak kalah efektifnya denhan kuliah tatap muka.

    BalasHapus
  54. Aku pingiinn kuliah lagiiiii seriusan deh, dan emang lagi nyari2 yang bs kuliah online gini supaya bs sambil antar jemput anak.

    BalasHapus