3 Kiat Jitu Agar Tidak Bosan Mengikuti Kuliah Online

 

Kuliah Online

Saya punya 3 kiat jitu agar tidak bosan mengikuti kuliah online. Tentunya sudah hampir dua tahun hampir semua mahasiswa di Indonesia tidak asing lagi dengan yang namanya kuliah online donk dimana pertemuan dengan dosen tidka dilakukan melalui tatap muka namun cukup dari rumah saja melalui aplikasi zoom maupun google meet.

Mungkin jika tidak ada pandemi, saya rasa tidak akan ada namanya kuliah online ini namun kita menjadi tahu bagaimana sih rasanya melakukan pembelajaran daring bersama teman dan juga para dosen. 

Lalu apa keunggulan kuliah online bagi para mahasiswa dan juga dosen sebagai pendidik? Berikut saya ingin menguraikan beberapa keunggulan apabila kita menjalani kuliah online yaitu:
  1. Menghemat biaya.
  2. Dapat dilakukan dimana saja tanpa perlu terikat tempat maupun waktu
  3. Menumbuhkan kreativitas pada mahasiswa karena kuliah online pada umumnya lebih pada pemberian tugas secara individual
  4. Waktu kuliah lebih singkat dibanding kuliah dengan sistem tatap muka
  5. Dengan kuliah online, para mahasiswa dapat mengulang kembali materi yang diajarkan para dosen melalui file yang dibagikan secara bersama.
  6. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada dosen yang mengajar melalui audio maupun fitur chat.
Walau banyak memberikan dampak positif bagi kreativitas dan juga kemandirian mahasiswa namun ada sedikit kelemahan ketika mengikuti kuliah online misalnya saja:
  1. Harus memiliki persediaan kuota yang memadai ketika akan mengikuti kuliah online
  2. Bagi sebagian mahasiswa. ada yang sulit memahami materi yang mungkin tidak dapat diajarkan secara online.
  3. Karena sifatnya online melalui komputer masing-masing maka mahasiswa kecil kemungkinan untuk dapat belajar kelompok sehingga kemandirian harus terlatih pada sistem kuliah online ini.
  4. Cenderung membosankan karena tidak bisa bertemu fisik dengan teman-teman kuliah.
Namun di balik kelemahan perkuliahan secara online maka kita sebagai orang tua maupun mahasiswa yang menjalaninya harus mensiasati agar kuliah merupakan kegiatan yang menyenangkan baik itu di sisi pendidik maupun bagi mahasiswanya.

Orang tua sebagai pemberi support tentu tak ingin nilai akademis anak anjlok hanya karena bosan dengan situasi kuliah online yang cenderung stagnan. Nah, saya pribadi yang mungkin tidak merasakan menjadi anak kuliah di saat pandemi ingin berbagi kiat kepada adik-adik mahasiswa agar mereka tidak mudah jenuh dan bosan di saat mengikuti kuliah online.

3 Kiat Jitu Agar Tidak Bosan Mengikuti Kuliah Online

Beberapa kiat jitu agar kalian sebagai mahasiswa tak bosa mengikuti kuliah online diantaranya:

1. Bangun Lebih Pagi Sarapan Terlebih Dahulu Sebelum Mengikut Perkuliahan Online

Percaya deh ketika kalian bangun tidur lebih pagi maka semangat untuk beraktivitas akan semakin menggelora deh. Jangan tunda bermalas-masalan di tempat tidur manakala sehari sebelumnya kalian sudah mengetahui jadwal kuliah online.

Jangan tunda bangun pagi sebab kalian bisa terburu-buru mempersiapkan materi perkuliahan yang berakibat mood jadi hilang seketika. Pasti ada rasa kesal donk apabila mood belajar hilang. Yang ada kalian jadi tidak bisa menyerap materi dengan baik.

Yang terpenting jangan lupa untuk sarapan yah karena sarapan akan mudah membuat kita berpikir fokus dan konsentrasi ketika melakukan berbagai aktivitas, salah satunya kuliah online.

2. Pilih Lokasi Favorit di Rumah Ketika Menghadiri Kuliah Online

Saya pribadi ketika mengikuti zoom untuk pekerjaan sebagai blogger apabila diminta open cam pasti akan memilih lokasi strategis dengan pencahayaan yang bagus. Biasanya sih ruang tamu menjadi lokasi favorit untuk mengikuti webinar.

Sama halnya dengan kalian yang berstatus mahasiswa jika ingin mengikuti kuliah online maka pastikan posisi yang tepat untuk belajar. Buat ruangan tersebut senyaman mungkin agar ketika mengikuti kuliah kalian tidak cepat bosan.

3. Persiapkan Camilan dan Air Putih Ketika Akan Mengikuti Kuliah Online

Duduk berjam-jam mengikuti perkuliahan secara online juga membutuhkan tenaga ekstra baik itu fisik dan juga pikiran. Saya menyadari bahwa asupan nutrisi tidak boleh terlewat walau kalian hanya kuliah online di rumah saja.

Persiapkan camilan tinggi nutrisi dan juga air putih agar di sela-sela perkuliahan kalian bisa mengonsumsinya. Saya yakin dosen yang mengajar pun tak keberatan apabila mahasiswanya harus jeda off cam demi makan dan minum sebentar. Jangan lupa setelah makan kudapan untuk kembali fokus kuliah yah.


Kesimpulan

Demikian kiat jitu sederhana dari saya agar para mahasiswa yang saat ini sedang mengikuti kuliah online bisa fokus serta tidak bosan. Online learning mungkin bersifat temporer mengikuti kondisi yang terjadi saat ini hampir di seluruh dunia namun bisa saja suatu ketika kita semua akan menghadapi dunia baru dimana semua kegiatan akan diatur secara online salah satunya perkuliahan.

Jadi saran saya untuk adik-adik mahasiswa hendaknya mulai saat ini membiasakan diri dengan metode online learning agar ketika suatu saat benar-benar diterapkan dalam semua sektor kehidupan, kalian sudah beradaptasi dan terbiasa.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

25 komentar untuk "3 Kiat Jitu Agar Tidak Bosan Mengikuti Kuliah Online"

  1. Poin 2 dan poin 3, memang membangkitkan mood banget. Memilih tempat kesukaan dan ditemani cemilan favorit, sudah bisa membuat hati senantiasa. Hati senang, belajar semangat, deh.

    BalasHapus
  2. Wah, bener banget ini Mba
    Memang kuliah online tuh rentan bikin bosan dan banyak distraksi.
    menerapkan kiat ini adalah hal terbaik

    BalasHapus
  3. Anak-anak saya belum ada yang kuliah. Tetapi, tipsnya bisa banget diterapkan ketika mereka PJJ. Memang harus ada zona sendiri plus camilan saat sedang belajar online

    BalasHapus
  4. akhirnya kembali ke niat yang kuat ya?

    aral melintang bakal terlampaui jika niat kita kuat dan ulet dalam mewujudkannya

    pintu akan selalu terbuka jika kita berusaha membuka

    BalasHapus
  5. Yap skg kita bisa kuliah online, les online, semua serba online. Sama spt aku skg lg les online, bisa pilih lokasi ternyaman yaitu kamar, bisa sambil ngemil, dan minum. Coba klo kuliah offline, mau sambil ngemil pasti gak bisa tuh.

    BalasHapus
  6. Begitu, ya. Tempat yang tenang dan cukup asupan itu penting banget, sih. Jadinya malah lebih nyman dari kuliah offline

    BalasHapus
  7. udah hampir 1,5 tahun kuliah online pasti ada rasa jenuh dan bosan jadi harus pandai pandai cari suasana baru

    BalasHapus
  8. Rasanya anak sudah mulai bosan untuk sekolah atau kuliah online memang diperlukan kiat khusus agar mengurangi kejenuhan

    BalasHapus
  9. Duh gak kebayang juga kalo saya dulu kuliah online sampai setahunan lebih begini. Biasanya ngumpul sama teman-teman kampus. Ngerjain tugas dan belajar bareng-bareng, ngumpul bareng, ke lapangan bareng, dan sekarang tiba-tiba semua distop. Emang membosankan banget pastinya.

    BalasHapus
  10. Pastinya kalau mau kuliah online (belajar) kudu sarapan dulu biar bisa fokus dan tubuh pun dapat lebih mudah menerima ilmu. Biar ada privasi biasanya cari spot pojokan aja hehehe biar ga ada yang ganggu. Camilan dan minuman ringan juga kudu disiapkan ya. Mantap ini tipsnya mbak Maria.

    BalasHapus
  11. Ga bisa dipungkiri, sih. Kalau kuliah online biasanya membuat mahasiswa cepat merasa bosan, ga seperti kuliah tatap muka.

    3 hal tersebut bisa coba dilakukan, biar kuliah online menjadi fokus dan ga bosan lagi. Apalagi ada minum dan cemilan yang menemani 😊

    Thanks infonya, Mbak.

    BalasHapus
  12. Point ke-2 sering saya lakukan saat mengisi pelajaran saat daring dengan siswa. Memang ruangan harus kondusif dan nyaman agar belajar juga lebih maksimal.

    BalasHapus
  13. Untuk berbagai disiplin ilmu, kuliah on-line tuh justru lebih efisien dan efektif baik bagi mahasiswa ataupun guru/dosen. Tapi memang agar belajar on-line ini membuahkan manfaat, tips tersebut diatas bagus untuk dijalankan. Karena minim interaksi, sering banget menimbulkan kebosanan.

    BalasHapus
  14. Enaknya kuliah online tu, kita bisa sambil nyemil sepuasnya. Bebas pilih tempat yang nyaman juga. Tapi ya gitu, kudu siapin banyak kuota. Hehehe

    BalasHapus
  15. Harus punya tempat favorite dirumah ya mba biar mood nya jadi nyaman

    Terlebih lagi Persiapkan Camilan dan Air Putih Ketika Akan Mengikuti Kuliah Online

    BalasHapus
  16. Cemilan dan air putih wajib banget nih ya mbak karena terus terang memandang layar online utnuk kuliah berjam2 emang bikin bosan , ngantuk lapar dan haus jadi harus ada camilan ..setuju bnget nih

    BalasHapus
  17. Mengikuti kuliah online kudu pinter-pinter juga ya kak mengatur waktunya. Dipersiapkan dulu, termasuk makanan kesukaan hehe, biar makin semangat juga belajarnya

    BalasHapus
  18. Terimakasih tipsnya kak, kepengen coba kuliah online tapi masih suka kebayang duh bisa gak sih gak diganggu si kecil, mungkin harus disiapkan sematang mungkin

    BalasHapus
  19. Iya, klo di pikir pikir lebih enak kuliah datang ke kampus ya mbak
    tapi klo tahu caranya, kuliah online bisa tetap seru kok
    asal tahu tipsnya

    BalasHapus
  20. Nomor 3 tuh bener banget mbak. Bukan hanya mahasiswa, aku dan anakku aja kalau lagi belajar online di rumah nyiapin air putih ma cemilan. Xixixi.. soalnya sering bosen kan.

    BalasHapus
  21. Saya setuju banget dengan poin nomor satu, karena bukah hanya kuliah online, kegiatan apapun itu kalau dilakukan setelah perut kenyang (sarapan) bakal jadi lebih semangat.

    BalasHapus
  22. Adikku sama keponakan juga kuliahnya secara online. Kebayang jenuh juga sih kalau Aku. Bener emang perlu melakukan tips di atas biar engga jenuh. Paling suka cari tempat atau view yang oke biar ikut mendukung suasana.

    BalasHapus
  23. Iya banget, kudu dinyaman-nyamanin ya kalo mau kuliah online. Biar kita bisa enjoy. Huhu aku kalo pun udah dinyaman-nyaman, punya bocah mah susah. Pasti aja gangguin. Hehehehe. :D

    BalasHapus
  24. Sejak pandemi ini banyak pergeseran yang terjadi termasuk sekolah juga jadi online. Makanya situasi yang mendukung juga perlu biar lebih semangat belajarnya

    BalasHapus
  25. Aku ada rencana mau kuliah lagi dan sebagai seorang ibu yang baru punya bayi lagi tentu sangat mendukung dengan sistem kuliah online ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa seterusnya online. Wkwkwk. Karena sungguh memudahkan untuk emak-emak yang pengen kuliah lagi macam aku ini. 😆

    BalasHapus