Tips Aman dan Nyaman Liburan ke Luar Negeri

LIburan ke Luar Negeri

Setelah dipenuhi dengan berbagai aktivitas dan hiruk pikuk pekerjaan, liburan ke luar negeri bisa jadi ide cemerlang untuk melepas penat. Liburan ke luar negeri selain memberikan pengalaman baru yang tidak terlupakan, juga telah berkembang menjadi lifestyle tersendiri. 

Bagi pemula, liburan ke luar negeri dapat menjadi pengalaman yang menantang dan mendebarkan. Tentunya liburan ke luar negeri harus dipersiapkan dengan maksimal agar tidak ada hal yang memberatkan saat berlibur. Salah satunya juga dengan membeli asuransi perjalanan Simas Insurtech.

Jika kamu telah mempersiapkan rencana liburan ke luar negeri untuk rekreasi tahun ini, simak tips aman dan nyaman liburan ke luar negeri berikut! 

Liburan ke luar negeri tentunya membutuhkan banyak persiapan. Persiapan yang paripurna tentunya akan membuat perjalanan semakin terasa aman dan nyaman. 

Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar liburan ke luar negeri semakin aman dan nyaman:
 
1. Cek Syarat dan Kelengkapan Paspor beserta Visa

Paspor dan visa merupakan tiket masuk utama untuk seseorang dapat berkunjung ke negara lain. Untuk itu, kelengkapan paspor maupun visa merupakan hal wajib yang harus dipersiapkan. Sebelum berangkat, cek kembali syarat-syarat paspor dan visa untuk dapat liburan ke luar negeri. 

Beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan negara ASEAN lainnya memberikan akses bebas visa bagi wisatawan Indonesia untuk berkunjung. 

Tentunya, opsi bebas visa memberikan kemudahan bagi kamu yang hendak berlibur ke luar negeri. Jangan lupa untuk selalu cek melalui website resmi imigrasi negara setempat untuk memastikan seluruh kelengkapan syarat yang diperlukan, ya. 

2. Cek Izin dari Negara Tujuan 

Regulasi pemerintah negara setempat terkadang dapat berubah terkait izin akses bagi para calon wisatawan asing. Hal ini karena sewaktu-waktu dapat terjadi kasus tidak terduga, seperti wabah penyakit, bencana alam, kondisi konflik keamanan, dan sebagainya. 

Kejadian tidak terduga ini dapat menyebabkan regulasi pemerintah setempat terkait akses masuk wisatawan asing dapat berubah. Untuk itu, selalu cek kondisi negara tujuan melalui sumber-sumber berita yang kredibel. Tujuannya agar kamu mendapatkan kejelasan terkait izin akses masuk ke negara setempat.
 
3. Aktif Mencari Promo Tiket Penerbangan 

Harga tiket pesawat untuk penerbangan ke luar negeri tentunya tidak murah. Untuk mengurangi beban tiket penerbangan yang begitu mahal, kamu dapat secara aktif mencari promo tiket yang diadakan oleh maskapai penerbangan setempat maupun layanan travel yang menyediakan akses pembelian tiket. 

Dengan aktif mencari promo tiket penerbangan, jika beruntung kamu dapat memperoleh harga tiket pesawat yang terjangkau. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk kemudahan kamu kemudian. kamu juga dapat menghemat biaya tiket untuk dialokasikan pada keperluan lainnya selama berada di luar negeri. 

4. Pelajari Bahasa Setempat  

Sebelum sampai pada negara tujuan untuk berlibur ke luar negeri, kamu harus mempersiapkan diri untuk memahami bahasa setempat. Tentunya hal ini merupakan poin penting karena kemampuan bahasa adalah kunci kelancaran komunikasi bagi kamu ketika berada di luar negeri. 

Setidaknya, kamu harus memahami dialog-dialog umum yang menggunakan bahasa setempat untuk memudahkan komunikasi. Sebagai alternatifnya, kamu juga harus membiasakan diri menggunakan layanan transaksi digital seperti google translate untuk kemudahan komunikasi di negara tujuan. 

5. Cari Penginapan yang Terjangkau  

Kenyamanan liburan kamu juga ditentukan oleh faktor penginapan yang hendak dipilih. Selain mempertimbangkan letak, fasilitas, dan jasa layanan yang diberikan oleh penyedia jasa penginapan setempat kamu juga harus mempertimbangkan harga. 

Ketika berlibur, tentunya kamu ingin mengeksplorasi berbagai wahana wisata yang ditawarkan. Oleh karena itu, sebaiknya pilih penginapan yang terjangkau untuk menghemat pengeluaran selama liburan ke luar negeri. 

6. Siapkan Uang Saku sejak dari Dalam Negeri  

Perbedaan mata uang merupakan tantangan utama yang pasti dihadapi ketika berwisata ke luar negeri. Untuk memudahkan segala transaksi selama di luar negeri, sebaiknya kamu menyiapkan uang saku sejak dari dalam negeri. 

Menyiapkan uang saku dengan mata uang negara tujuan dapat dilakukan dengan menukarkan mata uang di money changer terdekat. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan apabila ada kebutuhan dana tak terduga selama perjalanan. Siapkan nominal secukupnya untuk keperluan liburan kamu. 

7. Lakukan Pemesanan Akomodasi sebelum Berangkat

Akomodasi merupakan kebutuhan utama selama bepergian di luar negeri. Tentunya, kamu harus mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik untuk bepergian ke luar negeri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan pemesanan akomodasi sebelum berangkat. 

Pemesanan akomodasi dapat dilakukan dengan menggunakan layanan travel agent. Jika kamu melakukan pemesanan melalui travel agent, tentunya jadwal liburan kamu sudah tersusun dengan rapi dan sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan. 

8. Pahami Alat Transportasi Negara Tujuan 

Sistem transportasi merupakan hal penting ketika hendak berlibur ke luar negeri. Jika kamu tidak menggunakan layanan travel agent, tentunya kamu harus mandiri dari segi transportasi. Oleh karena itu, kamu harus memahami sistem transportasi negara setempat. 

Beberapa pilihan alat transportasi pada umumnya adalah taksi, busway, kereta cepat (MRT), maupun transportasi tradisional negara setempat. Pahami sistem pembayaran dan pemesanan jasa transportasi tersebut untuk memudahkan akses bepergian selama berada di luar negeri. 

9. Bawa Obat-obatan Pribadi  

Kondisi kesehatan merupakan hal utama yang harus dijaga dan dipersiapkan selama liburan ke luar negeri. Terkadang, ketika kamu ke luar negeri dengan kondisi cuaca dan makanan yang berbeda, jika tidak tahan kamu dapat merasakan reaksi alergi maupun gangguan kesehatan lainnya. 

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, sebaiknya persiapkan obat-obatan pribadi yang biasa kamu konsumsi seperti di tanah air. Hal ini akan memudahkan kamu ketika terjadi kejadian tidak terduga yang mengharuskan kamu mendapatkan penanganan darurat. 

10. Simpan Nomor Telepon Darurat 

Ketika berlibur ke luar negeri, kamu harus memastikan bahwa nomor telepon penting dan darurat tersimpan pada kontak ponsel kamu. Tujuannya agar jika terjadi keadaan darurat, kamu dapat menghubungi pihak yang berwajib yang terpercaya. Misalnya, ketika kamu tersesat di perjalanan, atau kehilangan dompet dan kartu identitas di luar negeri. Kasus-kasus seperti ini umum terjadi di luar negeri dan dialami oleh wisatawan asing. Untuk itu, kamu harus memastikan bahwa nomor telepon darurat telah tersimpan di daftar kontak kamu. 

11. Beli Asuransi Perjalanan

Terkadang, jika kamu hendak berlibur ke luar negeri kejadian tidak terduga dapat terjadi. Beberapa kejadian yang mungkin dialami di antaranya adalah kecelakaan perjalanan, wabah penyakit tak terduga, keterlambatan penerbangan, dan sebagainya. Untuk itu, kamu perlu membeli asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan dapat memberikan jaminan perlindungan untuk perjalanan luar negeri kamu. 

Dengan menggunakan layanan asuransi perjalananan, dapat memberikan perlindungan perjalanan selama berlibur bersama orang – orang yang kamu sayangi. Kamu dapat memilih Asuransi Simas Insurtech yang akan memberikan banyak benefit. Liburan kamu ke luar negeri pun akan nyaman dan kamu juga jadi merasa lebih tenang.

Demikian tips perjalanan liburan ke luar negeri dengan aman dan nyaman yang dapat kamu terapkan. 
Tentunya tips-tips tersebut dapat membantu kamu mempersiapkan rencana liburan ke luar negeri kamu dengan lebih menyenangkan dan aman tanpa masalah. 
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Tips Aman dan Nyaman Liburan ke Luar Negeri "