Cara Bertanya Alamat Dalam Bahasa Inggris

 
Cara bertanya alamat


Alamat dalam Bahasa Inggris sering ditanyakan kepada orang yang ingin mengetahui lokasi rumah atau sedang tersesat di jalan. Cara bertanya alamat menggunakan bahasa Inggris tentu lebih sulit dibandingkan bahasa Indonesia karena banyak yang belum terbiasa dengan bahasa asing satu ini.

Saya pernah mengalami kejadian tersebut ketika sedang liburan ke Yogyakarta. Tahu sendiri di Yogyakarta banyak turis asing yang banyak kita temui di sudut jalan kota pelajar tersebut. Suatu ketika saya dihampiri oleh seorang turis yang bertanya mengenai alamat yang tertera di kertas yang dia bawa. Karena Bahasa Inggris saya tidak begitu lancar akhirnya saya menjelaskan seadanya saja. Tentu saja si turis masih belum memahami penjelasan saya.

Tapi, kalau Anda sedang berada di luar negeri, maka Anda perlu lho tahu tentang cara bertanya alamat menggunakan bahasa Inggris. Lalu apa saja kalimat yang bisa dilontarkan kepada lawan bicara ketika menanyakan tentang alamat?

Kalimat Bertanya Alamat Dalam Bahasa Inggris

- Would you tell me where you live?

Jika Anda ingin bertanya alamat pada teman yang mungkin saja baru Anda temui setelah sekian lama tidak saling bersapa, atau mendapat kawan baru di kantor saat pertama kali bekerja, maka Anda bisa nih menggunakan kalimat di atas.

Bertanya mengenai alamat pada orang yang belum dikenal dekat atau masih asing memang hal yang sensitif dan bisa saja Anda akan dicurigai. Jadi, pastikan Anda bertanya dengan menggunakan kalimat di atas dengan lawan bicara yang tepat.

Kalimat tanya di atas sifatnta formal dan biasanya ditanyakan untuk keperluang terkait administrasi. Nah, umumnya sih jawaban atas kalimat  di atas ada;ah “I live in” yang akan dilanjutkan dengan nama kota atau daerah.

- May I ask you how to get to Citraland?

Nah, kalau pertanyaan satu ini diungkapkan kepada orang asing pun tidak masalah karena artinya Anda sedang menanyakan bahasa Inggris alamat dari sebuah tempat karena sedang tersesat. Kalimat di atas terbilang sopan dan tidak perlu ada kalimat “Excuse me” untuk memulai percakapan.

Namun, jika diperlukan Anda bisa nih memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum akhirnya bertanya tentang alamat. Kalimat satu ini terbilang lebih formal untuk Anda gunakan ketika bertemu orang asing nih.

Jika Anda sedang tersesat di suatu tempat dan sudah bingung dengan lokasi yang tidak kunjung ditemukan, cobalah menggunakan kalimat tanya yang kedua ini, ya!

Kesimpulan


Demikian penjelasan singkat saya mengenai kalimat tanya dalam Bahasa Inggris untuk menanyakan alamat. Setiap orang pasti pernah salah ketika baru memahami dan mempelajari Bahasa Inggris, namun setidaknya dengan tutorial yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi Anda ketika sedang travelling ke luar negeri. 

Masihkah Anda merasa kebingungan dengan cara menanyakan alamat dalam Bahasa Inggris? Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi karena ada EF English Center yang akan memandu belajar bahasa Inggris dengan intensif! Yuk, join kelasnya!

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

7 komentar untuk "Cara Bertanya Alamat Dalam Bahasa Inggris"

  1. Belajar bahasa itu juga belajar budaya, ya. Kita perlu tahu kebiasaan mereka sehingga bisa memilih kalimat yang tepat.

    BalasHapus
  2. Wah aku banget nih yg sering keliru mengartikan dan mengungkapkan susunan kalimat bahasa Inggris. Terlebih kalau kalimat tanya. Duh, jadi pengen join di EF English Center nih, mbak. Biar bisa cas cis cus lancar berbahasa Inggris.

    BalasHapus
  3. kadang-kadang unforggetable kalau mau nanya alamat. cuma bisa how to go to there wkwk. terima kasih infonya mbak mariaa

    BalasHapus
  4. Hahahaha...aku nih yang bahasa Inggrisnya sek nunanunu. Suka bingung. Kudu diperdalam nih.

    BalasHapus
  5. Pertanyaan dalam bahasa Inggris begini memang harus diingat diluar kepala ya mba,, apalagi kalau jalan2 ke luar negri hehe
    EF English Center solusi tepat nih biar mwngucapkan basing lebih lancar

    BalasHapus
  6. Kayak ak deh nih Bahasa Enggrisnya kagok, kebanyakan pardon me. Haa. Makasih sharenya mba

    BalasHapus
  7. Duhh.. Apalagi saya nih yang udah lupa bahasa Inggris, padahal waktu SMP pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran favorit. Hikss.. Makasih infonya Mbak Maria.

    BalasHapus