5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Wajib Dicicipi

Kuliner Jogja
Picture source: Pixabay


Anda adalah penggemar berat wisata kuliner sekaligus penikmat kota Jogja? Jika iya maka ada rekomendasi kuliner Jogja yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke sana. Saya pribadi merupakan penikmat kota Jogjakarta. Di tahun 2018 saya dan suami untuk pertama kalinya berlibur ke Yogyakarta berdua saja. Hitung-hitung bulan madu yang tertunda. Siapa sangka ternyata saya menyukai Jogja dengan segala kearifan lokalnya dan berharap suatu ketika bisa kembali lagi ke kota tersebut.

Walau saya ke Jogja masih dalam hitungan jari, namun sudah sangat jatuh cinta dengan beragam kulinernya yang melekat di hati. Beberapa rekomendasi kuliner Jogja yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke kota Pelajar ini , antara lain:

1. Gudeg Jogja

Seperti yang kita ketahui, bahwa Gudeg merupakan kuliner khas Jogja. Walaupun di kota tempat tinggal Anda sudah banyak ditemukan penjual Gudeg, namun saya yakin cita rasa khas bisa jadi hanya dapat Anda cicip di Jojga sebagai kota asal Gudeg.

Gudeg sendiri merupakan makanan yang merupakan lauk untuk teman nasi Anda ketika makan. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan campuran santan. Santan dan nangka dimasak hingga warna kecoklatan. Rasa manis yang keluar dari gudeg menambah cita rasa makanan khas Jogja itu sendiri.

Gudeg sendiri di dalamnya dapat Anda campur dengan krecek, ayam maupun telur rebus. Semua tergantung selera masing-masing penikmatnya.

Di Jogja sendiri, gudeg banyak dijual hampir di setiap sudut kota Pelajar tersebut. Salah satunya gudeg Mbah Lindu yang fenomenal karena berlokasi di daerah Malioboro. 

2. Sate Klatak Pak Bari

Saya rasa hampir setiap daerah di Indonesia sudah familiar dengan kuliner sate kambing. Sate Klatak Pak Bari merupakan kuliner sate yang terbuat dari daging kambing. 

Yang menjadikan kuliner ini cukup dikenal karena pernah menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Uniknya lagi, kuliner sate kambing ini tidak ditusuk menggunakan tusuk sate, namun dengan jeruji besi sepeda! 

3. Oseng Mercon Bu Narti

Sama dengan Gudeg, oseng mercon mungkin bisa Anda temui di berbagai kota yang tersebar di Indonesia. Dari namanya saja bisa dibayangkan kuliner ini pasti pedas sekali seperti kita tahu akan panasnya mercon ketika dinyalakan.

Dengan berbahan dasar tetelan daging sapi dan otot sapi, Anda bisa langsung mengeksekusi dengan bahan-bahan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih bersama rempah lainnya. Keistimewaan oseng mercon Bu Narti adalah rasanya yang nendang di lidah, manakala Anda mulai menyantap bersama nasi putih hangat.

4. Entok Slenget

Entok sendiri merupakan makanan khas dari Sleman, Yogyakarta. Entok merupakan binatang sejenis daging bebek yang memiliki bobot lebih berat. Bagi sebagian orang yang pernah makan entok, mereka akan bilang rasanya mirip dengan daging ayam atau bebek.

Nah, di Jogja kuliner Entok Slenget bisa dibilang kuliner yang cukup laris diburu oleh pecinta kuliner. Bahkan suami saya pun kalau ke Jogja selalu yang dicari pertama kali adalah entok.

Salah satu kuliner entok slenget yang cukup dikenal adalah Entok Slenget Kang Tanir yang terletak di pasar Agropolitan Pules, Yogyakarta. Dengan harga per porsi dua puluh ribu saja Anda sudah bisa menikmati pedasnya Entok Slenget Kang Tanir.

5. Lumpia Samijaya

Tak lengkap rasanya jika sedang berkumpul dengan saudara dan handai taulan, namun tidak ada kudapan yang menemani.Salah satu kudapan yang bisa menemani Anda dalam bersantai sore adalah lumpia.

Lumpia terbuat dari adonan tepung terigu, telur dan air yang dijadikan kulit lumpia. Adapun isi dari Lumpia antara lain daging cincang, taoge, wortel, bengkuang dan telur. Semua tergantung selera Anda sebagai penikmat kudapan lumpia.

Untuk Lumpia Samijaya ini sendiri merupakan street food yang sudah terkenal di kawasan Malioboro dan berdiri sejak tahun 1983. Anda warga Jogja asli mungkin sudah paham sekali bagaimana ramainya Lumpia Samijaya ini dikunjungi oleh pembeli. 

Penutup

Demikian sedikit ulasan saya mengenai rekomendasi kuliner Jogja yang mungkin harus Anda cicipi. Rasanya belum afdhol juga Anda belum mencicipi satu dari lima kuliner tersebut ketika sedang berada di Jogja.

Semoga ulasan saya bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk hunting kuliner lainnya jika sedang berada di Jogja. 
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Wajib Dicicipi"