4 Cara Mengatasi Penyakit GERD yang Perlu Anda Ketahui

 
Cara Mengatasi Penyakit GERD

Gaya hidup dan pola makan yang buruk pernah saya lakukan ketika berusia 30 tahunan ke atas dimana hampir semua makanan masuk ke dalam perut tanpa ada seleksi terlebih dahulu. Akibatnya saya sempat mengalami obesitas akut dan sangat sulit mengembalikan berat badan ke ukuran normal.

Sempat pergi ke dokter dan disarankan untuk melakukan pengaturan pola makan sehat, akhirnya saya mencoba untuk berdiet. Namun lagi-lagi saya menemui masalah di perjalanan diet tersebut. Terbukti saya melakukan diet secara asal-asalan dan tidak memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Setelah lelah untuk berdiet karena tidak menemukan pola yang pas, akhirnya pola makan saya kembali berantakan. Hingga pada akhirnya saya divonis dokter terkena asam lambung dan harus sangat menjaga pola makan.

Dilansir dari alodokter.com, penyakit asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh melemahnya otot di bagian bawah kerongkongan, dimana otot ini berbentuk seperti cincin yang dapat mengendur dan juga menutup saluran kerongkongan. 

Gejala seseorang terkena penyakit asam lambung adalah sesak nafas, mual disertai muntah dan juga rasa panas di dada. Kalau saya pribadi paling tidak tahan dengan mual dan muntah manakala penyakit GERD sudah menyerang. Seharian saya tidak akan bisa bangun dari tempat tidur karena tubuh akan merasa lemas sekali. 

Penyakit asam lambung juga sering disebut dengan GERD yaitu kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux DiseaseMengapa saya bisa terkena asam lambung, ada beberapa faktor yang menyebabkannya yaitu:
  1. Terlalu sering minum minuman yang mengandung kafein
  2. Pernah mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Tidak menjaga pola makan dengan benar
Pola hidup sehat dan tentu saja asupan nutrisi yang seimbang bagi saya merupakan kunci agar bisa terhindar dari penyakit GERD. Walau saya paham benar bahwa penyakit GERD ini tidak bisa sembuh total namun jika menerapkan kedisiplinan maka bisa teratasi.

4 Cara Dalam Mengatasi Penyakit GERD Agar tak Selalu Kambuh

Saya bersyukur jika puasa tahun lalu sudah tidak terlalu terganggu dengan penyakit GERD ini. Biasanya beberapa hari pertama di bulan puasa, saya selalu absen masuk kantor dikarenakan asam lambung yang datang tiba-tiba.

Lalu bagaimana bisa mengatasi penyakit GERD yang saya derita, berikut 4 cara yang rutin dilakukan:

1. Makan Teratur Dalam Porsi yang Tidak Banyak

Jadi ketika melakukan program diet, pola makan saya sangat berantakan. Ingin instant dalam menurunkan berat badan itu juga tidak terlalu baik bagi kesehatan. Namun obesitas pun berdampak tidak baik apabila harus terus dipertahankan. Menjaga tetap seimbang merupakan solusi.

Asam lambung naik dikarenakan terlambat makan biasanya sering terjadi pada saya. Solusi bagi Anda yang mengalami hal seperti saya adalah makan teratur namun dengan porsi yang tidak banyak. Lakukan rutin setiap hari dengan penuh kedisiplinan maka penyakit GERD tidak akan berani mendekat.

2. Menghindari Makanan Pedas dan Minuman Berkafein

Bukan tidak boleh sama sekali, namun jika memang Anda memiliki riwayat penyakit GERD, ada baiknya untuk menghindari makanan pedas dan minuman berkafein. Mungkin terdengar rumit apabila sudah dilakukan pembatasan konsumsi makanan serta minuman tertentu, namun itu semua demi kesehatan Anda juga.

Anda bisa lakukan cheating day namun tidak berlebihan. Ingat bahwa penyakit GERD tidak dapat sembuh total. Yang dapat Anda lakukan adalah mengatur pola makan dan gaya hidup agar penyakit tersebut tidak datang kembali. Jangan lupa untuk menjaga pikiran agar tidak mudah stress.

3. Sediakan Obat Pereda Sakit GERD

Obat-obatan yang mengandung antasida diyakini mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit GERD. Di kantor saya selalu sedia obat-obatan yang mengandung antasida karena tidak tahu kapan penyakit GERD akan datang.

Obat-obatan yang mengandung antasida dapat berupa tablet kunyah atau cairan suspensi. Semua tergantung dari kebiasaan Anda dalam mengonsumsi obat. Jangan sepelekan jika penyakit GERD datang, oleh sebab itu harus sediakan obat di dekat Anda untuk berjaga-jaga.

Nutriflakes, sereal sehat
Sumber gambar: Website Nutriflakes

4. Konsumsi Nutriflakes

Untuk Anda yang mungkin masih bingung, apa itu Nutriflakes maka akan saya jelaskan sedikit mengenai produk ini. Nutriflakes bukanlah obat melainkan sereal umbi garut yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan asam lambung.

Saya merasakan sendiri ketika terkena asam lambung, makan menjadi tidak berselera. Namun kita sebagai penderita asam lambung tetap harus makan agar tubuh ternutrisi dan bisa melakukan aktivitas. 

Dengan mengonsumsi Nutriflakes bagi penderita Penyakit GERD akan membantu meredakan gejala asam lambung. Selain itu Nutriflakes aman dikonsumsi anak mulai usia 2 tahun hingga lansia. Untuk saya sendiri yang memiliki bobot cenderung gemuk, cocok untuk mengonsumsi Nutriflakes sebagai pendamping dalam melakukan diet.

Untuk membeli produk Nutriflakes secara online, Anda bisa mendapatkannya melalui marketplace Tokopedia Nutriflakes dan juga Shopee Nutriflakes.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai bagaimana cara mengatasi penyakit GERD yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehar-hari. Banyak informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan asam lambung yang bisa Anda dapatkan di akun Instagram @nutriflakes.official

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan salam sehat selalu.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

12 komentar untuk "4 Cara Mengatasi Penyakit GERD yang Perlu Anda Ketahui"

  1. Ipar saya pernah kena gerd. Dia melakukan langkah 1-3 ... eh mungkin yang ke-4 juga ya dia lakukan, saya gak ngeh yang ke-4 tapi mungkin kalau dia bertanya, bisa saya kasih rekomendasi Nutriflakes.

    BalasHapus
  2. Suamiku penderita GERD, Mbak...penyebabnya dulu makan enggak teratur karena memang pas-pasan ekonominya waktu sekolah/kuliah. Jadi parah deh asam lambungnya. Saya pengin sarankan dan cobain dia konsumsi Nutriflakes kalau gitu.:)

    BalasHapus
  3. Yes bener. Makan sering tapi dengan porsi kecil. Makanya nutriflakes ini pas banget buat penderita gerd.
    Apalagi nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kondisi lambung.

    BalasHapus
  4. Asam lambung memang salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh gaya hidup sebelumnya ya Mba. Baru nih aku kenalan dengan Nutriflakes. Bisa lah aku beri tahu temanku yang memang suka mengeluhkan masalah asam lambungnya.

    BalasHapus
  5. Ujung-ujungnya memang kita perlu menjaga pola makan dan juga asupan makanan itu sendiri. Perlu seleksi ketat kalau memang sayang sama tubuh kita sendiri.

    BalasHapus
  6. Penyakit Gerd itu tidak bisa sembuh secara total ya mba?
    Baru tau saya..
    Gerd ini gejalanya mirip sama magh gitu ya mba?

    BalasHapus
  7. Wah baru tau nih ada cereal yang aman untuk penderita Gerd, pas banget suami kena asam lambung jadi bisa konsumsi Nutriflakes ini ya

    BalasHapus
  8. Makan secara teratur dengan porsi yang sedikit tapi sering itu memang efektif Mba


    Duh kalo udah kumat, lambung terasa perih dan panas.

    Itu nutriflakes dari umbi ya bahannya? Lebih praktis ya kan, bisa dicoba nih

    BalasHapus
  9. Kalau denger penyakit GERD, kebayangnya ngeri eh. Belum pernah ngalamin sih. Cuma yang sering dialamin itu maag. Beda kan ya sama GERD?

    BalasHapus
  10. saya juga ada penyakit GERD ini kak, wah bisa jadi informasi penting ini serealnya buat saya kak Maria, bisa membeli ini

    BalasHapus
  11. Sepertinya suami saya kena penyakit GERD ini Mbak, aslam atau penyakit asam lambung istilah awamnya ya, duh sempet 12 hari tergeletak di rumah sampe gak berangkat kerja, Alhamdulilla dg jaga polmak skrg sudah beraktivitas spt biasa. Nutriflakes ya ntar saya cari deh, makasih infonya ya Mbak ^^

    BalasHapus
  12. Wah asyik yaa mbaa, aku jg indikasi lambung bermasalah iniii :(( beberapa kali makan jg malah mual. kayaknya perlu cobain nutriflakes nih

    BalasHapus