Cara Berobat ke Malaysia Saat Pandemi

Cara Berobat ke Malaysia


Setiap manusia pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Saya rasa hal tersebut akan disetujui oleh semua manusia di muka bumi ini, tanpa terkecuali. Namun kita tak pernah tahu bagaimana kondisi tubuh kita. Walau sudah dijaga dengan sebaik mungkin, kemungkinan terserang penyakit tidak dapat dihindarkan.

Teringat ketika Maret 2021 di saat pandemi Covid-19 masih terjadi, ayah dari teman saya harus terbaring lemah di salah satu rumah sakit di Jawa Timur. Beliau mengidap komplikasi dari penyakit diabetes dan jantung yang sudah diderita hampir kurang lebih 7 tahun lamanya. Di dalam tubuh ayah dari teman saya pun terpaksa harus tertanam ring jantung guna mengurangi nyeri di dada yang diakibatkan oleh sakit jantung itu sendiri.

Sebenarnya teman saya ingin membawa ayahnya ke dokter lain di rumah sakit yang berbeda. Pertimbangan di kala itu adalah bisa berobat ke Malaysia untuk mencari second opinion. Teman saya berharap nyawa ayahnya bisa diselamatkan apabila bisa berobat ke dokter lain. Namun sebelum rencana tersebut terealisasi, ayah dari teman menghembuskan nafas terakhir setelah 3 bulan berperang melawan sakit yang diderita.

Mungkin apa yang dirasakan teman saya juga dirasakan oleh sebagian masyarakat lain yang ingin mencari second opinion terkait dengan diagnosa atas kondisi kesehatan mereka. Bukan tidak percaya dengan pengobatan dalam negeri, namun memang beberapa pasien merasa perlu mendapat second opinion dari diagnosa dokter di rumah sakit lain, salah satunya rumah sakit di luar negeri.

Malaysia merupakan salah satu negara yang menjadi tempat tujuan sebagian warga negara Indonesia untuk berobat, dan itu sudah hampir 20 tahun berlangsung. Selain karena jarak yang relatif dekat, di Malaysia banyak rumah sakit dengan kualitas terbaik dan tentu saja dokter yang berpengalaman di bidangnya dalam menangani penyakit seperti kanker, jantung dan pembuluh darah. 

Lalu bagaimana prosedur berobat ke Malaysia selama pandemi? Tentu saja Malaysia sudah mempersiapkan beberapa peraturan di tahun 2022 ini agar warga Indonesia yang ingin berobat tetap nyaman dalam bepergian.

Periksakan Kesehatan Anda di Tahun 2022 Dengan Berobat ke Malaysia 

Bagi Anda yang memang benar-benar ingin memeriksakan kondisi kesehatan di Malaysia namun masih khawatir dengan kondisi pandemi, maka sudah ada kabar gembira. Kabar gembira bagi pasien Indonesia adalah mereka sudah dapat berobat ke Malaysia dan harus menjalani karantina sesampainya di Malaysia.

Sebelum memutuskan untuk berangkat ke Malaysia untuk berobat, maka pasien Indonesia berkewajiban mendapat persetujuan dari dua pihak. Hal ini bertujuan agar dapat dikeluarkannya Surat Persetujuan Masuk atau dalam Bahasa Inggris disebut Entry Approval Letter (EAL) agar pasien dapat terbang ke Malaysia.

Adapun 2 pihak yang dimaksud adalah:

1. Dari Dokter Spesialis

Sebelum pasien Indonesia datang ke Malaysia untuk berobat, dokter di Malaysia harus menerima kasus pasien tesebut. Setelah kasus pasien diterima oleh dokter di Malaysia maka langkah berikutnya adalah pengajuan Entry Approval Letter (EAL) yang akan dikeluarkan oleh pihak Pemerintah Malaysia.

2. Dari Pihak Pemerintah Malaysia

Pemerintah Malaysia ini yang akan menerbitkan Entry Approval Letter (EAL) bagi warga Indonesia yang akan berobat ke Malaysia.

Pada beberapa kasus tertentu apabila pasien ingin berobat ke Penang, maka ada penambahan persetujuan ketiga yang datangnya dari pemerintah negara bagian Penang.

Anda bisa melihat alur di bawah ini untuk lebih jelasnya mengenai cara berobat ke Malaysia agar tidak salah langkah.

Alur Berobat ke Malaysia

Setelah Anda mendapatkan Entry Approval Letter (EAL), Anda tetap harus melakukan beberapa prosedur di bawah ini sebelum berangkat ke Malaysia untuk berobat. Prosedur tersebut meliputi:
  • Melakukan Rapid Test PCR Covid-19 di laboratorium atau rumah sakit yang bekerja sama dengan pemerintah Malaysia.
  • Melakukan pemesanan tiket pesawat secara online.
  • Membeli asuransi perjalanan Covid-19.
  • Apabila diperlukan dan diharuskan, maka Anda harus membayar sejumlah nominal tertentu untuk deposit ke rumah sakit di Malaysia.
Bagi warga Indonesia yang sudah terbiasa berobat ke Malaysia, tentu sudah tidak asing lagi dengan prosedur yang biasa dijalankan. Bahkan beberapa rumah sakit terbaik di Malaysia sebagai tujuan berobat warga Indonesia pun mungkin sudah hafal bagi mereka yang biasa melakukannya.

Namun bagaimana jika ada pasien Indonesia yang sama sekali belum pernah berobat di Malaysia dan berencana melakukannya, dan pasien tersebut belum mengetahui mengenai informasi rumah sakit terbaik yang ada di Malaysia.

Tentu saja Anda harus menggali informasi secara detail dalam upaya mengetahui prosedur berobat ke Malaysia. Bagaimana caranya? 

Health Facile

Health Facile, Perwakilan Resmi Rumah Sakit di Malaysia  Untuk Pasien Indonesia

Sebagai seorang pasien yang mungkin pertama kalinya hendak pergi berobat ke Malaysia, maka Anda tidak perlu khawatir akan minimnya informasi yang didapat. Anda bisa menghubungi Health Facile sebagai perwakilan resmi rumah sakit terbaik di Malaysia. Selain itu pula, Health Facile juga menyediakan informasi terkait cara berobat ke Malaysia saat pandemi.

Health Facile berdiri sejak tahun 2017 dimana perusahaan ini berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Motto dari Health Facile yaitu "Treat others like how we treat family".

Beberapa layanan yang disediakan oleh Health Facile sebagai perwakilan resmi rumah sakit terbaik di Malaysia, antara lain:
  1. Membantu pasien dalam memberikan informasi terbaru terkait cara berobat ke Malaysia selama pandemi.
  2. Memberikan estimasi biaya pengobatan dan karantina yang akan dikeluarkan pasien selama di Malaysia.
  3. Merekomendasikan dokter dan rumah sakit kepada pasien yang akan berobat sesuai dengan diagnosa penyakit yang diderita.
  4. Mengurus kelengkapan dokumen pasien agar Entry Approval Letter (EAL) ke Malaysia dapat terbit.
  5. Membantu segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pasien selama di Malaysia, diantaranya penjemputan pasien di bandara, membuat janji dengan dokter, mengurus asuransi perjalanan pasien.
Dari lima layanan yang disediakan oleh Health Facile, maka tentu saja Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi perwakilan resmi rumah sakit Malaysia tersebut. Selain itu juga respon cepat yang diberikan oleh para staff Health Facile akan memberikan rasa tenang bagi pasien dan juga keluarga yang ingin berobat ke Malaysia.

Lalu, jika Anda masih bertanya rumah sakit mana saja yang menjadi rekanan Health Facile maka sedikit saya uraikan sebagai berikut:
  • Gleneagles Penang
  • Sunway Medical Centre
  • Genesis IVF Penang
  • Pantai Hospital Kuala Lumpur
  • Dan masih banyak lagi, bisa Anda lihat langsung di website dari Health Facile.

Penutup

Kesehatan merupakan hal yang amat berharga bagi kita semua, tak terkecuali. Namun jika sudah terserang sakit, seharusnya kita tidak menjadi panik. Tetap tenang sambil periksakan penyakit Anda ke rumah sakit yang sudah Anda percayakan. 

Jika ingin mencari second opinion atas diagnosa penyakit Anda, maka Malaysia merupakan tujuan terbaik. Hal ini dikarenakan Malaysia memiliki rumah sakit terbaik dan juga lebih dekat secara jarak dengan Indonesia.

Health Facile merupakan perwakilan resmi rumah sakit di Malaysia yang dapat membantu Anda menyediakan informasi bagaimana cara berobat ke Malaysia saat pandemi. Anda bisa menghubungi Health Facile melalui pesan WhatsApp yang tertera di situsnya.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Salam sehat selalu.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

43 komentar untuk "Cara Berobat ke Malaysia Saat Pandemi"

  1. Berobat dengan layanan kesehatan di negeri Jiran Malaysia bermanfaat informasinya bagi yang menginginkan pengobatan medis abroad Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terkenal emang nih berobat di negeri Jiran kualitasnya bagus dan udah banyak orang yg berobat di sana

      Hapus
  2. Aku sering dengar banyak orang Indonesia berobat ke Malaysia karena pelayanannya memuaskan dan harganyapun tidak mahal hingga mencekik. Wah terbantu ya kak adanya Health Facile untuk pasien Indonesia

    BalasHapus
  3. beberapa teman yang berobat ke Malaysia memang merasa puas

    bahkan suami teman operasi wasir di sana,

    operasi yang nampak sepele, namun butuh kenyamanan pasien dan pendamping pasien agar bisa lekas sembuh

    BalasHapus
  4. Lengkap banget informasi cara berobat ke Malaysia, sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Untuk yang baru pertama kali, juga dapat memanfaatkan jasa Health Facile, seperti penuntun jalan ya.

    BalasHapus
  5. Jadi mudah ya cari infonya, tinggal konsull aja bisa dapet banyak info akurat. Buat yang awam atau first time banget memang lebih baik ada guidenya biar nggak bingung birokrasinya :) semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  6. wih negara tetangga ini memang jadi favorit buat rujukan pengobatan ya, lebih lengkap dan tentunya lebih canggih sih hehe

    BalasHapus
  7. terima kasih sharingnya kak, jadi tau bagaimana prosedurnya kalo berobat ke malaysia.

    BalasHapus
  8. Berarti meskipun pandemi udah bisa berobat ke Malaysia ya mba? Nanti kita menghubungi Health Facile gitu yah.
    Semoga kita semua sehat selalu yah.

    BalasHapus
  9. Pernah denger berobat di Malaysia lebih terjangkau ya mbak, peralatan juga canggih. Save dulu ah tipsnya

    BalasHapus
  10. Penang nih udah terkenal banget ya concern dengan kesehatan bahkan ada wisata kesehatan juga bagi para pasien yang sedang pengobatan berbulan-bulan disana

    BalasHapus
  11. Biasanya tahu kalau soal rujukan kesehatan terbaik di Asia Tenggara itu ya Singapura sih. Tapi makin ke sini, kayaknya layanan kesehatan di Malaysia makin nggak mau ketinggalan. Dengan ini kan kita orang Indonesia makin banyak punya alternatif ya

    BalasHapus
  12. Bener lhoo Malaysia ini pengobatannya termasuk di 15 tertinggi di dunia yg paling baik dan canggih. Kalau dari Indo kan deket yakk..

    BalasHapus
  13. Banyak dari teman-teman saya yang memuji pelayanan beberapa rumah sakit di Malaysia. Profesionalisme nya jauh lebih baik daripada di Indonesia. Bahkan ada beberapa RS disana yang memberikan paket pelayanan dengan harga yang bersaing.

    Untuk ikhtiar mendapatkan second opinion saya rasa gak masalah. Apalagi demi kesehatan. Karena dokter tuh juga manusia. Bisa jadi dari satu pemeriksaan bisa melahirkan diagnosis dan cara penanganan yang berbeda.

    BalasHapus
  14. semoga layanan kesehatan di indonesia juga semakin bagus, tak kalah dengan malaysia. dan artikel ini sangat membantu mbak, yang jelas siapapun tetap dong ya tidak ingin sakit. Layanan-layanan health facile ini tentuyang jadi pemuas para pasien ya, sangat mengungtungkan memang.

    BalasHapus
  15. Pengobatan ke malaysia ini terkenal banget ya. Tidaks edikit yang lebih memilih Malaysia sebagai tujuan tempat pengobatan.

    BalasHapus
  16. Beberapa kenalan saya yang tinggal du Sumatra dan Kalimantan malah lebih memilih berobat ke Malaysia di Banding ke Jakarta, katanya biaya transport dan pengobatannya lebih murah.

    Dengan Health Facile ini, bagi yang belum pernah berobat ke Malaysia bisa mendapat informasi apa saja yang dibutuhkan/harus dipersiapkan sebelum berobat ke sana ya

    BalasHapus
  17. Cara kirim rekam medisnya gimana kak? Soalnya rekam medis kan rahasia. Setelah selesai berobat ya disimpan di bagian rekam medis rumah sakit. Minta salinannya gitu ya berarti? Aku baru tahu ada health facile

    BalasHapus
  18. jaman pandemi gini berobat ke Malaysia atau negara lain tuh berasa jadi lebih mahal karena selalu ada kewajiban buat karantina dulu di negara tujuan selama beberapa hari. nah, berarti kan nambah biaya. Semoga kita semua sehat2 saja

    BalasHapus
  19. Pernah denger nih dari temen tentang Health Facile. Ternyata memang rekomen ya buat orang Indo, jadi nggak perlu jauh2.

    BalasHapus
  20. Memang lagi hits ya pengobatan di Malaysia, bisa sekalian berlibur soalnya. Semoga kita sehat selalu hehe

    BalasHapus
  21. Sekarang ini, semakin banyak yang memutuskan berobat ke Malaysia yaa dan biasanya mereka puas dengan hasil pengobatan di sana

    BalasHapus
  22. Iya juga ya, jika ada dana kenapa mgga mengusahakan pengobatan ke negara lain. Secara GDP Malaysia ada di peringkat kedua, jadi termasuk negara maju setelah Singapura di Asia Tenggara, tentunya fasilitas kesehatan pun oke punya.

    BalasHapus
  23. Wah saya baru tahu ada agen khusus untuk pasien Indonesia, macam sales brand begitulah bu? Berarti bisa jalur VVIP ya bu?

    BalasHapus
  24. Di masa pandemi ini memang lumayan susah dan ribet ya untuk bisa berobat. Dan begitu juga berobat ke luar negeri, kayak ke Malaysia. Pastinya jadi ada proses lain, di luar yang reguler. Tapi demi kesehatan, apa pun harus dilakukan. Semoga ikhtiar yang sedang sakit, untuk bisa sembuh, ke mana pun itu, bisa dilancarkan.

    BalasHapus
  25. Oh ada ya caranya begini kalau kita mau berobat ke Malaysia di masa pandemi gini. Paling penting denger review yang udah pernah nyoba sih mbak Maria menurutku

    BalasHapus
  26. Saya kira jadi ada kendala berobat ke Malaysia selama pandemi ini. Ternyata dengan menghubungi Health Facile sebagai perwakilan resmi rumah sakit terbaik di Malaysia kita bisa mendapatkan informasi terkait cara berobat ke Malaysia saat pandemi dan segala prosedurnya.

    BalasHapus
  27. Terima kasih informasinya kak, sekarang aku jadi sedkit tahu mengenai prosedur berobat ke malaysia.

    BalasHapus
  28. Second option memang perlu, agar kita tetep optimis, terutama kalau lagi sakit. Kesehatan memang rezeki yang sangat besar ya

    BalasHapus
  29. Malaysia emang bisa dijadikan rujukan untuk ikhtiar berobat yang lebih lengkap dan modern. Alhamdulillah pasien Indonesia bisa tetep ke Malaysia walau pandemi. Asal mematuhi prosedur yang telah disepakati bersama ya.

    BalasHapus
  30. Fasilitas kesehatan dan pengobatan di Malaysia memang canggih dan maju ya sehingga tidak heran orang banyak ingin berobat ke sana. Tak terkecuali saat pandemi seperti sekarang.

    BalasHapus
  31. Wah, terima kasih informasinya Mbak. Baru tahu kalau ada fasilitas Healthfacile ini sebagai penyambung ke sana. Informasi yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  32. Laily Fitriani20.10.00

    Sebagai negara tetangga, rupanya Malaysia tetap jadi jujukan warga kita ya Mbak? apalagi prosedurnya mudah di masa pandemi ini. Semoga sehat yaa.

    BalasHapus
  33. Makasih banget mbak infonya, kalau adik saya lagi kerja di sana. Rekomendasi rumah sakitnya bisa jadi pilihan kalau (amit2) sampai sakit ya, namanya juga jaga-jaga lebih baik mencegah dan mempersiapkan biar nggak bingung2 nantinya..

    BalasHapus
  34. Bagus ya Malaysia sampai punya Health Facile jadi gak bingung-bingung harus nyari informasi sendiri. Harus diakui pelayanan kesehatan di sana bagus banget. Negara kita perlu belajar soal ini.

    BalasHapus
  35. Malaysia memang terkenal bagus untuk pelayanan kesehatan ya mbak
    Makanya banyak orang yang berobat ke Malaysia
    Meski sedang pandemi sekalipun

    BalasHapus
  36. Dunia pengobatan malaysia sekarang semakin maju ya, mbak makanya bisa jadi rujukan bagi masyarakat kita yang pengen berobat. semoga saja ke depannya dunia pengobatan kita juga bisa lebih berkembang dan tidak kalah dengan negara tetangga

    BalasHapus
  37. Mantap banget.
    Berobat ke Malaysia kini bukan menjadi masalah karena banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan dari Malaysia dengan berbagai keuntungan. Bagaikan gayung bersambut.

    BalasHapus
  38. Makin mudah ya kita berobat ke Malaysia. Bisa mencari informasi lebih mendalam melalui Health Facile dulu. Banyak orang sudah mulai melanjutkan pengobatan ke Negeri Jiran ini ketika dirasa butuh second opinion.

    BalasHapus
  39. Naah ini nih yg aku cari² selama ini
    Aku selalu penasaran sama prosedur cara orang² bisa berobat ke negeri tetangga.
    Ternyata nggak seribet yg aku bayangkan hehehe
    Makasih kak infonya, ini sangat membantu sekali

    BalasHapus
  40. Wow ternyata sprt itu ya mba prosedur berobat ke malaysia. Baru tahu saya. Tulisannya sgt informatif mba

    BalasHapus
  41. Salah satu rujukan berobat yang recommended ya Ke Malaysia. Karena emang udah terkenal banget pengobatan di sana. Nah, informasi yang disharing di sini pastinya bermanfaat sekali bagi yang awam atau yang baru pertama kali akan berobat ke Negeri Jiran

    BalasHapus
  42. lengkap banget infonya mba, ternyata Health Facile berdiri udah lumayan lama ya sejak tahun 2017, jadi mereka pasti berpengalaman menangani berbagai penyakit. Dan ternyata prosedur berobat ke negeri tetangga nggak ribet. Info seperti ini pasti sangat membantu bagi mereka yang sedang ikhtiar sehat. Semoga kita semua sehat selalu ya mba.

    BalasHapus