Kelas Prakerja di Skill Academy: Raih Impian Menjadi Entrepreneur Sejati

 
Kelas Prakerja Skill Academy


Siapa sih individu yang tidak ingin sukses, terutama apabila memiliki usaha sendiri. Secara pribadi hal itu pula yang menjadi impian saya. Saya ingin menjadi seseorang yang mandiri secara finansial, tidak terikat pada suatu perusahaan tertentu dengan status karyawan. Bukan berarti tidak suka dengan perusahaan tempat saya bekerja, namun saya ingin punya waktu untuk diri sendiri.

Ada beberapa hal yang memotivasi saya menjadi seorang wirausaha mandiri, antara lain:
  1. Keluar dari zona nyaman
  2. Ingin memiliki waktu lebih untuk diri sendiri
  3. Ingin membantu membuka lapangan kerja bagi orang yang membutuhkan
  4. Ingin memiliki kebebasan dalam mengatur rencana masa depan untuk diri sendiri.
Empat alasan saya di atas mungkin terdengar klise bagi sebagian orang. Namun setiap orang punya mimpi sendiri, termasuk saya. Menjadi seorang blogger mungkin merupakan jalan ninja untuk keluar sedikit demi sedikit dari zona nyaman di kantor.

Namun saya punya mimpi lain yaitu ingin menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan. Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri jumlah pengangguran masih tinggi. Menurut data di Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2021 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 9,10 juta orang.

Sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun menjadi wirausaha atau entrepreneur maka saya harus merencanakan dengan matang. Tidak serta merta resign dari pekerjaan sekarang tanpa bekal apapun. 

Lalu bekal apa yang harus saya persiapkan ketika akan resign dan memulai usaha sendiri? Berikut yang perlu saya persiapkan:
  • Menyiapkan dana darurat untuk persiapan resign dan membuka usaha.
  • Berinvestasi di beberapa tempat agar memiliki passive income.
  • Pastikan Anda tidak memiliki tunggakan atau tagihan yang sifatnya konsumtif.
  • Melakukan upgrade knowlegde
Point keempat mungkin ada sebagian orang yang bingung nih, kok musti upgrade knowledge sih? Kan cuma mau mengundurkan diri saja dari kantor yang sekarang. Bagi saya upgrade knowledge merupakan hal penting dalam mempersiapkan pengunduran diri. Sebisa mungkin lakukan upgrade knowlegde jauh-jauh hari bahkan ketika keingin untuk resign pun belum tercetus.

Upgrade Knowledge di Skill Academy

Setelah mencari informasi dimana harus upgrade knowledge dalam rangka persiapan menjadi entrepreneur sejati, akhirnya saya menemukan platform pelatihan online bernama Skill Academy. Skill Academy adalah salah satu platform terobosan dari Ruangguru, dimana merupakan solusi bagi Anda yang ingin upgrade knowledge dalam upaya peningkatan skill, mempermudah mendapat pekerjaan serta peningkatan kompetensi bagi Anda yang ingin membuka usaha. 

Salah satu program yang ditawarkan oleh Skill Academy adalah Kelas Prakerja. Kelas Prakerja menawarkan berbagai program yang dapat meningkatkan skill kita agar mampu bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha.

Kelas Prakerja di Skill Academy: Cara Mudah Upgrade Knowledge

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa kita harus upgrade knowledge dikarenakan dunia itu berkembang setiap waktu. Bayangkan, derasnya perkembangan dalam hal teknologi dan informasi memaksa kita untuk berubah dan menyesuaikan diri agar tak tergerus zaman.

Mengapa saya mengatakan dengan mengikuti kelas prakerja di Skill Academy merupakan cara mudah upgrade knowledge, berikut alasannya:

1. Dapat Diiikuti Secara Online

Saat ini kemajuan teknologi mempermudah kita melakukan segala hal secaa mobile dan tanpa terkecuali. Misalnya saja kuliah daring, work from home bahkan mengikuti kelas prakerja di Skill Academy pun dapat Anda lakukan dari rumah saja.

Jika dahulu Anda harus menempuh beberapa jam untuk sampai ke lokasi tujuan kursus, sekarang hal itu tak berlaku lagi. Anda cukup menghidupkan laptop atau PC dari manapun dan siap mengikuti materi yang diberikan oleh para instruktur Kelas Prakerja di Skill Academy.

2. Instruktur yang Berpengalaman di Bidangnya

Ketika ingin mengikuti pelatihan dalam rangka upgrade knowledge, tentu kita harus tahu instruktur yang akan memberi materi pelatihan. Kelas Prakerja di Skill Academy dalam websitenya akan menginformasikan mengenai instruktur yang akan mengajar para pesertanya, dilengkapi dengan portofolio pengalaman mereka di bidang masing-masing.

Dengan mengetahui instruktur yang akan memberi materi pada Kelas Prakerja di Skill Academy, maka Anda akan mendapat gambarang bagaimana output yang akan didapat setelah mengikuti kelas sampai akhir,

3. Harga yang Terjangkau

Saya pribadi ketika hendak mengambil kelas pelatihan apapun itu, selalu bertanya mengenai harga di awal. Tentu saja hal ini berkaitan dengan kemampuan budget yang saya miliki. Di Skill Academy Anda tidak perlu khawatir karena biaya pelatihan akan jelas terlihat dan Anda bisa pilih sesuai minat dan juga budget yang dimiliki.

Kelas Prakerja Memulai dan Membangun Bisnis UMKM sebagai Pengusaha

Untuk persiapan resign, maka saya berencana ingin mengambil Kelas Prakerja di Skill Academy dengan materi Memulai dan Membangun Bisnis UMKM sebagai Pengusaha. Seperti impian sejak lama bahwa saya ingin merdeka secara waktu dan juga ingin membuka lapangan kerja.

Pada kelas ini akan membuka wawasan kepada para pelaku UMKM untuk lebih dapat bersaing di dunia usaha. Seringkali kita melihat banyak para pelaku UKM yang gagal dalam berbisnis dalam hitungan kurang dari satu tahun. 

Tidak usah jauh-jauh, saya pernah mendapati tetangga yang mulai berbisnis sendiri di bidang jasa catering. Awalnya usaha tetangga laris manis dan mendapat respon baik dari pelanggan. Namun karena kurangnya inovasi serta tidak bisa menyusun rencana bisnis dengan baik, akhirnya tetangga menutup usahanya dan dia kembali menjadi karyawan kantoran. 

Di kelas Memulai dan Membangun Bisnis UMKM sebagai Pengusaha, ini para peserta diberi materi bagaimana belajar menjadi seorang pengusaha dengan pendekatan lean startup. Selain itu peserta akan dibimbing untuk menyusun rencana bisnis menggunakan model canvas.

Adapun pendekatan lean startup merupakan ide dari Eric Ries, seorang entrepreneur dari  Amerika. Adapun tujuan dari pendekatan ini adalah untuk meminimalkan risiko ketika membuka startup. Dan salah satu cara meminimalkan risiko adalah dengan membuat produk yang disukai oleh para pelanggan. 

Untuk Anda yang berencana mengambil kelas seperti saya maka saya sarankan untuk segera mendaftar dan membelinya. Hal ini dikarenakan pada kelas prakerja ini ada kuota untuk para peserta sehingga pendaftaran dapat ditutup sewaktu-waktu.

Selain itu pula Kelas Prakerja di Skill Academy memberi peluang kepada para pendaftar untuk mendapatkan bonus pulsa sebesar lima puluh ribu rupiah. Tentu saja melalui mekanisme pengundian yah.

Jadi untuk Anda yang ingin memulai menjadi entrepreneur sejati, yuk buruan beli Kelas Prakerja Memulai dan Membangun Bisnis UMKM sebagai Pengusaha di Skill Academy.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Kelas Prakerja di Skill Academy: Raih Impian Menjadi Entrepreneur Sejati"