Tips Anti Mabuk Perjalanan Saat Bepergian Naik Travel

Bepergian Naik Travel


Apakah kamu kerap merasa mual dan pusing ketika bepergian dengan moda transportasi tertentu? Bisa jadi kamu sedang mengalami mabuk perjalanan. Kondisi ini muncul saat seseorang merasa kurang nyaman ketika sedang bepergian, bisa dengan kendaraan darat, laut, bahkan udara. Pun, mabuk perjalanan juga bisa terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia.

Ketika sedang terserang mabuk perjalanan, ada beberapa gejala yang kamu rasakan. Misalnya, keringat dingin, pusing, mual dan ingin muntah, dan tubuh terasa limbung. Namun, seseorang yang mengalami mabuk udara atau laut, belum tentu mengalami mabuk darat. Jadi, kalau kamu tidak nyaman bepergian dengan kapal atau pesawat, kamu bisa naik travel. Tidak kalah nyaman, kok, apalagi kalau kamu pesan travel lewat Traveloka.

 

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Naik Travel

Lalu, bagaimana jika kamu sering mabuk darat dan harus bepergian naik travel? Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi rasa mual dan pusing karena mabuk perjalanan dengan mengikuti tips mudah berikut ini.

 

1.    Tidak Makan Terlalu Kenyang

Makan memang jadi hal yang wajib dilakukan sebelum kamu melakukan perjalanan jauh. Ini karena perut kosong bisa menyebabkan naiknya asam lambung yang menyebabkan kembung. Namun, bukan berarti kamu harus makan lebih banyak yang berujung pada perut terlalu kenyang. Bukan tanpa alasan, guncangan yang berasal dari kendaraan saat kamu naik travel dapat membuat perut yang terlalu penuh terasa mual.

Akibatnya, kepala juga menjadi pusing. Jadi, makanlah secukupnya, asalkan perut terisi sehingga di perjalanan kamu tidak terlalu lapar dan perut tidak dalam kondisi kosong untuk waktu yang lama. Lebih baik lagi kalau kamu membawa cemilan untuk di perjalanan.

 

2.    Istirahat Sebentar dengan Memejamkan Mata

Mulai terasa mual dan pusing? Coba kamu pejamkan mata dan istirahatlah sebentar. Kamu bisa menyandarkan punggung dan kepala pada sandaran kursi sehingga posisi tubuh menjadi lebih nyaman. Lalu, mulailah bernapas secara perlahan hingga mual dan pusing mereda. Lebih baik lagi apabila kamu bisa tidur selama di perjalanan, sehingga membantu mengurangi rasa mual dan pusing akibat mabuk perjalanan.

3.    Hindari Membaca Buku di Perjalanan

Memang benar, tidak ada salahnya membaca buku untuk membunuh waktu selama di perjalanan. Namun, kalau kamu sering mual dan pusing ketika naik kendaraan, termasuk travel, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Pasalnya, membaca buku atau melihat layar ponsel saat berada di dalam kendaraan justru membuat mabuk perjalanan semakin memburuk. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya hentikan aktivitas membaca di travel segera.

 

4.    Mengonsumsi Permen Mint atau Jahe

Tak sedikit orang percaya bahwa mengonsumsi teh maupun permen jahe atau mint bisa membantu meredakan rasa mual karena mabuk perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi permen asam. Jadi, apabila kamu punya riwayat mabuk perjalanan, sebaiknya siapkan permen untuk mencegah mual dan muntah terjadi.

 

5.    Menghirup Minyak Aromaterapi

Selain mengonsumsi permen, kamu juga dapat mengatasi mabuk perjalanan saat naik travel dengan menghirup aroma minyak kayu putih atau minyak aromaterapi. Namun, beberapa minyak dengan aroma tertentu juga dapat membantu mengurangi mual, misalnya aroma lemon yang menyegarkan, aroma mint atau lavender yang menenangkan. Pilih saja aroma yang kamu sukai dan bawalah saat kamu hendak melakukan perjalanan jauh.

 

6.    Mengonsumsi Obat Antimual

Nah, kalau tips satu ini sudah pasti sangat efektif untuk membantu meredakan mual dan pusing mabuk perjalanan, ya? Kamu bisa membeli obat mual yang dijual bebas di apotek untuk berjaga-jaga apabila nantinya kamu mengalami mabuk perjalanan. Biasanya, obat antimual memiliki kandungan yang membuat kamu mengantuk. Jadi, kamu akan tertidur selama di perjalanan dan tidak terganggu dengan rasa mual.

 

7.    Pilih Kursi yang Nyaman

Ternyata, posisi tempat duduk juga menentukan kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan, lho! Apalagi kalau kamu sering mabuk saat naik kendaraan umum seperti travel. Lalu, harus bagaimana? Tentu saja kamu harus memilih tempat duduk yang tepat, terlebih kalau kamu bepergian dalam jarak jauh.

Sebaiknya, pilih tempat duduk yang berada di dekat jendela, sehingga kamu bisa langsung melihat ke luar apabila rasa mual mulai menyerang. Lebih baik lagi kalau kamu memilih duduk di depan karena bisa melihat pemandangan langsung melalui kaca depan tanpa adanya penghalang. Sebisa mungkin kamu tidak memandangi objek yang jaraknya dekat selama perjalanan karena bisa membuat sakit kepala.

 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan ketika harus bepergian naik travel. Namun, kamu tidak boleh lupa untuk mendapatkan cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan, ya! Hindari tidur terlalu malam atau begadang karena bisa membuat tubuh menjadi kurang fit keesokan harinya. Selain itu, pastikan juga kamu selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap bugar di perjalanan.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Tips Anti Mabuk Perjalanan Saat Bepergian Naik Travel"