Tips Memilih Konsultan Lingkungan Untuk Mendirikan Usaha

Konsultan Lingkungan



Pernahkah Anda mendengar jika ingin mendirikan usaha, maka setidaknya harus berkonsultasi dengan Konsultan Lingkungan terkait dengan rencana tersebut. 

Beberapa faktor yang menyebabkan sebuah perusahaan  menggunakan jasa konsultan lingkungan ketika hendak mendirikan usaha antara lain:
  1. Agar sebuah usaha memiliki perizinan yang lengkap
  2. Agar keberadaan suatu usaha tidak mengganggu lingkungan sekita.
  3. Membantu dalam penyusunan dokumen perizinan usaha Anda
Konsultan lingkungan sendiri merupakan lembaga yang akan membantu suatu perusahaan dalam mengurus segala perizinan yang terkait di dalamnya. Tujuannya adalah untuk memperhitungkan berbagai dampak bagi lingkungan sekitar, sehingga tidak ada gesekan dengan warga yang kebetulan tinggal bersebelahan dengan usaha tersebut.

Adapun perizinan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan terkait mendirikan suatu bidang usaha misalnya saja adanya AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), UPL (Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup), UKL (Upaya Kelola Lingkungan) dan segala bentuk perizinan lainnya.

Ada banyak sekali manfaat apabila Anda menggunakan jasa Konsultan Lingkungan untuk usaha Anda, di antaranya:
  1. Terjaganya lingkungan hidup sekitar 
  2. Lebih dipercaya dalam hal legalitas perusahaan
  3. Kegiatan Usaha dapat berjalan lancar tanpa hambatan 
Jadi saya ingin bercerita sedikit ketika perusahaan tempat teman bekerja, dimana  beberapa tahun lalu melakukan renovasi total kantornya. Ternyata melakukan renovasi total untuk sebuah kantor itu juga memerlukan konsultan lingkungan terkait bidang usaha dari kantor teman saya.

Akhirnya dia ditugaskan oleh pimpinan untuk mencari jasa Konsultan Lingkungan agar bisa segera melakukan renovasi kantor. Namun ternyata secara praktik, mencari jasa Konsultan Lingkungan tidah semudah yang dibayangkan. Di luar sana banyak sekali jasa yang menyediakan layanan mengenai Konsultasi Lingkungan, tapi apakah memang benar-benar berkompeten? 

Berikut sedikit tips dari saya dalam memilih Konsultan Lingkungan untuk mendirikan suatu usaha, yaitu:

1. Pilihlah Konsultan Lingkungan yang Sudah Berpengalaman

Tahu darimana jika konsultan lingkungan tersebut berpengalaman? Tentunya sekarang zaman sudah serca canggih dimana informasi sudah sangat mudah untuk kita dapatkan. Jika Anda ingin mencari jasa konsulta lingkungan, sebelumnya bisa googling terlebih dahulu di intenet.

Bandingkan antara jasa konsultan lingkungan satu dengan yang lainnya dari segi pelayanan. Hal ini dikarenakan yang akan kita urus nantinya adalah dokumen perizinan yang sangat penting untuk kelangsungan perusahaan.

2. Pilihlah Jasa Konsultan Lingkungan dengan Budget yang Sesuai

Terkadang sebagai pebisnis, kita ingin mendapat harga minim namun dengan hasil yang berkualitas. Namun sebisa mungkin jangan memiliki prinsip tersebut pada beberapa hal. Jika budget dalam mengurus perizinan lingkungan memang lebih mahal dibanding lainnya, namun hasilnya memuaskan, mengapa tidak kita pilih saja. Daripada tarif murah namun ternyata hasil yang diharapkan lebih lama terselesaikan.

3. Pilihlah Konsultan Lingkungan yang bisa mengurus sesuai kesepakatan waktu

Dalam mengurus perizinan tentu ada target waktu yang harus terselesaikan. Hal ini dimaksudkan agar bisa melanjutkan dengan pengurusan hal lain yang tak kalah pentingnya dalam sebuah perusahaan.

Pilihlah konsultan lingkungan yang bisa menyelesaikan perizinan usaha kita dengan target waktu sesuai yang diharapkan. Jangan serahkan pada konsultan yang terbiasa mundur dalam hal waktu penyelesaian perizinan.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai tips dalam memilih konsultan lingkungan jika Anda sedang mencarinya. Pastinya sebuah usaha ingin selalu lancar dalam menjalani operasional perusahaan. Salah satu bentuk lancarnya sebuah perusahaan adalah dengan kelengkapan perizinan dan selalu bersinergi dengan lingkungan sekitar.

Semoga artikel ini bermanfaat.



Referensi : 
http://izinlingkungan.com/


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Konsultan Lingkungan Untuk Mendirikan Usaha"