Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Asuransi Jiwa



Memiliki asuransi jiwa bagi sebagian orang memang dirasa penting. Apalagi jika orang tersebut bersinggungan dengan risiko pekerjaan yang rawan dan memang dirasa perlu untuk mendaftarkan dirinya ke dalam asuransi jiwa. Saya melihat beberapa teman yang bekerja di sektor yang cukup high risk, mereka mendaftarkan diri menjadi nasabah di perusahaan asuransi dan mengambil program asuransi jiwa untuk perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang diketahui bahwa pekerjaan yang kita lakukan bisa membawa risiko seperti kecelakaan kerja yang mungkin bisa dapat menimbulkan seperti kehilangan nyawa atau tidak berfungsinya salah satu bagian tubuh. Tentu saja kita semua tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Namun tidak ada salahnya melakukan antisipasi sejak dini dengan mengikuti asuransi.

Bagi Anda yang masih belum memahami apa itu pengertian dari asuransi, maka sedikit saya jelaskan dalam artikel ini. Asuransi adalah sebuah perjanjian yang telah disepakati antara kedua belah pihak, dalam hal ini adalah pihak nasabah sebagai tertanggung dan pihak perusahaan asuransi sebagai pemberi tanggungan kepada nasabah apabila terjadi risiko. Nasabah nantinya akan diwajibkan membayar sejumlah iuran yang besarannya sesuai ketentuan untuk mengcover apabila terjadi risiko di kemudian hari.

Lalu untuk apa sebenarnya kita perlu mengambil asuransi, berikut beberapa manfaat asuransi secara keseluruhan:
  1. Melindungi diri dari segala risiko, seperti sakit, kecelakaan kerja hingga kematian
  2. Sebagai salah satu bentuk investasi agar dana tidak terbuang siang-siang
  3. Memberikan kepastian akan rencana di masa depan sehingga lebih tenang dalam menjalani hidup sehari-hari.
Asuransi sendiri ada beberapa jenis, antara lain asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan juga asuransi kesehatan. Semua bisa Anda ambil sesuai kebutuhan. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai asuransi jiwa yang bisa jadi merupakan salah satu pilihan asuransi terbaik dapat Anda ambil untuk melindungi diri sendiri dan juga keluarga.

Ingin Memiliki Polis Asuransi Jiwa? Perhatikan Hal Berikut 

Ketika sudah bulat hendak berinvestasi di asuransi jiwa, maka ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda. Saran saya, jangan terburu-buru dalam mengambil asuransi, melainkan Anda harus mempelajari sebelumnya bagaimana asuransi tersebut bekerja untuk kebaikan Anda dan keluarga.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi jiwa antara lain:

1. Beli Produk Sesuai Kebutuhan

Dalam asuransi jiwa juga terdapat produk-produk yang bisa Anda beli untuk berjaga dari risiko yang tidak pernah diketahui. Namun sebelum membeli produk asuransi jiwa, Anda harus tahu apa kebutuhan saat ini. Misalnya saja Anda merupakan kepala keluarga yang bekerja dengan risiko kerja tinggi, maka pilihlah asuransi jiwa yang nantinya dapat mengcover istri dan juga anak-anak apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

2. Cari Tahu Terlebih Dahulu Produk Asuransi yang Ditawarkan

Pastinya perusahaan asuransi memiliki financial advisor yang selalu siap memberikan jawaban atas semua pertanyaan yang diajukan oleh calon nasabahnya. Jangan kuatir bagi Anda yang bingung ketika sama sekali belum paham akan asuransi, bertanyalah kepada financial advisor atau agen asuransi mengenai produk yang akan diambil.

Pastikan produk asuransi jiwa yang akan Anda ambil bermanfaat untuk ke depannya. Cari tahu mengenai pertanggungan yang akan diberikan semisal terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Anda.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial

Dengan menyetujui untuk menjadi nasabah asuransi jiwa, berarti Anda setuju untuk membayar sejumlah nominal tertentu setiap bulannya kepada perusahaan asuransi. Sebelum membuat keputusan, ada baiknya Anda juga harus mempersiapkan budget atau anggaran yang sesuai dengan pendapatan agar ketika tiap bulan harus membayar premi asuransi, Anda sudah siap.

Penutup

Demikian sedikit tips dari saya bagaimana langkah yang harus kita lakukan sebelum memilih asuransi jiwa yang tepat. Tentunya kita semua menginginkan kehidupan yang damai serta tenang. Dengan asuransi jiwa, dapat meminimalkan kekhawatiran akan risiko dalam hidup yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Asuransi Jiwa"