Sambut Energi Terbarukan Bersama Utomo SolaRUV: Ciptakan Green Building Pada Properti

Sambut Energi Terbarukan Bersama Utomo SolaRUV



Pernahkah terbayang oleh kita jika dalam kurun waktu 50 tahun lagi, anak cucu kita tidak bisa menikmati energi yang saat ini bisa dinikmati oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Misalnya saja anak cucu kita kelak tidak bisa menikmati cahaya terangnya lampu akibat sudah tidak ada lagi energi untuk bisa membangkitkan tenaga listrik. Lho kok gitu? Memangnya energi bisa habis ya? Lalu bukannya itu tugas pemerintah, dan untuk apa kita pusing memikirkan sesuatu yang tidak dapat dilakukan seorang diri.

Memang benar, berbicara mengenai hajat hidup orang banyak salah satunya energi yang dibutuhkan oleh rakyat merupakan tanggung jawab pemerintah. Namun sebagai manusia yang juga rakyat di negara tercinta ini, sudah seharusnya mengambil bagian atas kelestarian lingkungan di bumi ini.

Seperti yang diketahui, kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari di bumi ini menggunakan energi yang telah diolah sedemikian rupa. Kita dapat belajar di bawah terangnya lampu, dapat berkendara dengan bahan bakar yang ada di dalam kendaraan yang kita tumpangi dan berbagai aktivitas lainnya yang pasti membutuhkan energi.

Namun perlu diingat, bahwa sumber energi lama kelamaan bisa habis juga. Hal ini dikarenakan sumber energi berasal dari fosil yang pembentukaannya membutuhkan waktu hingga jutaan tahun lamanya. Sumber energi tersebut adalah batu bara dan minyak bumi.

Oleh sebab itu sebagai masyarakat, kita harus menggunakan energi tersebut dengan tepat sesuai dengan kebutuhannya. Jika sumber energi itu habis, maka tentu saja pemerintah perlu memikirkan untuk menciptakan sumber energi terbarukan yang mampu menopang lancarnya segala aktivitas rakyatnya.

Berbicara mengenai energi terbarukan, maka saya mendapat kesempatan emas untuk mengikuti Blogger Gathering yang diselenggarkan oleh Utomo SolaRUV pada tanggal 14 April 2022 lalu. SolaRUV Blogger & Community Gathering ini tidak hanya dihadiri oleh para blogger saja, namun beberapa komunitas lainnya seperti Komunitas Surabaya Memanggil dan juga Komunitas Earth Hour Surabaya.

Kalian pasti sudah pernah mendengar mengenai Komunitas Earth Our donk. Setiap tanggal 22 April dimana diperingati sebagai Hari Bumi, Komunitas ini akan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk sejenak mematikan seluruh aliran listrik di rumah masing-masing selama 1 jam. Tujuannya adalah untuk mengajak masyarakat melakukan gerakan hemat energi.

Jika sumber energi seperti minyak bumi dan batu bara bisa habis, maka ada satu sumber energi yang sering kali dilupakan padahal sumber energi itu tak akan pernah habis. Sumber energi hijau yang tak pernah habis itu adalah matahari yang setiap hari selalu menyinari bumi, namun keberadaannya belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Utomo SolaRUV sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) atau yang biasa disebut dengan solar panel, pada kesempatan kali ini ingin memberikan sosialisasi mengenai pentingnya energi terbarukan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam Blogger Gathering yang saya hadiri itu, banyak sekali dijelaskan oleh Mbak Diah sebagai kepala divisi marketing yang juga moderator, mengenai energi terbarukan yang dapat berfungsi sebagai sumber energi baru dimana dengan kita menggunakannya maka secara tidak langsung akan membantu dalam melestarikan lingkungan hidup.

Utomo SolaRUV: Ciptakan Green Building Pada Property Anda

Utomo SolaRUV merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Utomodeck yang bergerak di bidang atap dengan pengalaman melayani lebih dari 45 tahun. Utomodeck sendiri merupakan perusahaan yang meraih rekor dunia dalam Guinnes World Records untuk kategori Atap Tanpa Sambungan Terpanjang di Dunia, yaitu sepanjang 200,9 meter. Suatu prestasi yang sangat membanggakan Indonesia bukan!

Sementara Utomo SolaRUV sendiri bergerak di bidang produksi solar rooftoop atau solar panel sebagai alternatif energi.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan apabila memasang solar panel di rumah untuk pemenuhan kebutuhan akan listrik. Manfaat tersebut antara lain:
  • Bisa menghemat tagihan listrik sampai dengan 50%
  • Property value increase, yang berarti apabila sebuah hunian jika dipasang solar panel akan menambah nilai jual dari properti tersebut.
  • Dapat mereduksi emisi
  • Receive sustainable energy fund.
Utomo SolaRUV tentunya memproduksi solar panel yang telah memiliki label SNI. Hal ini tentu saja sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penerapan Standar Kualitas Modul Fotovoltaik Silikon Kristalin, dimana mengharuslan panel surya untuk berlabel SNI.

Tujuan dari Permen ini adalah melindungi konsumen dari maraknya penyedia jasa panel surya abal-abal yang tidak memiliki standar SNI. 

Dengan menggunakan energi terbarukan solar panel ini, diharapkan lebih mendukung pelestarian lingkungan.

Selain menggunakan energi terbarukan, sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa melestarikan lingkungan, misalnya saja:
  1. Mengurangi sampah plastik
  2. Membawa bekal dari rumah seperti botol minum dan tempat makan sendiri.
  3. Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi dan lebih mengutamakan naik angkutan umum.
  4. Melakukan urban farming dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan keluarga.
  5. Melakukan daur ulang limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos.

Penutup

Sebagai bagian dari manusia di muka bumi ini, kita harus ikut serta menjadi agen perubahan. Sekecil-kecilnya sumbangsih kita dalam melestarikan lingkungan, maka itu akan menjadi hal yang amat berharga sekali dalam keberlangsungan hidup anak cucu kelak.

Mari sejak dini kita mulai memikirkan energi terbarukan yang mungkin bisa digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan operasional sehari-hari. Memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi di rumah pribadi merupakan salah satu bentuk melestarikan lingkungan ini.

Menggunakan solar panel yang diproduksi Utomo SolaRUV bisa jadi solusi bagi Anda pemilik bisnis atau bahkan sekalipun untuk rumah tinggal. Mari ciptakan green building pada properti dengan menggunakan energi terbarukan.


Referensi:

https://utomodeck.com/hemat-biaya-listrik-semakin-banyak-perusahaan-menggunakan-utomo-solaruv/


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Sambut Energi Terbarukan Bersama Utomo SolaRUV: Ciptakan Green Building Pada Properti"