4 Tempat Piknik di Jakarta yang Gratis dan Bersih, Bikin Nyaman!


Setiap orang butuh yang namanya hiburan atau sekadar melepas kepenatan dari rutinitas bekerja. Tak terkecuali bagi warga Ibukota yang bisa dibilang hampir setiap hari mereka harus bertemu dengan yang namanya kemacetan apabila berangkat maupun pulang kerja.

Teman saya pernah bercerita bahwa tinggal di Jakarta membuat dirinya tidak sempat melihat matahari terbit dan terbenam. Tentu saja kalimat tersebut hanya kiasan semata. Bagaimana tidak, teman saya harus berangkat pagi jam 05.30 WIB untuk bisa sampai ke kantor tepat waktu. Lalu sampai rumah paling cepat sampai rumah pukul 19.00 WIB dikarenakan terjebak kemacetan menuju jalan pulang.

Jakarta bisa dibilang merupakan kota metropolitan tersibuk di Indonesia. Karena kesibukan jam kerja tersebut banyak orang Jakarta ingin piknik untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kota Jakarta guna menenangkan diri dan beristirahat. 

Hal tersebut tidak dipungkiri oleh teman saya yang sudah 15 tahun tinggal di Jakarta. Dia merasa sangat penting untuk mengajak suami dan anak-anaknya piknik walau itu hanya di sekitar tempat tinggal mereka. Kalau staycation pastinya harus menganggarkan budget yang tidak sedikit. Akhirnya teman saya berinsiatif untuk piknik ke beberapa taman yang ada di Jakarta. Tentunya mereka sekeluarga selang seling saja mengunjungi taman-taman tersebut, agar tidak bosan.

Nah buat kalian yang ingin piknik di seputar Jakarta saja, jangan khawatir karena di Jakarta sendiri ada taman kota yang biasa digunakan untuk piknik bersama keluarga. Tentunya bisa dilakukan di saat weekend, dimana orang tua dan anak-anak terbebas dari kewajiban bekerja dan juga bersekolah.

Kalau kalian masih penasaran, apa benar ada taman di Jakarta, maka jawabannya tentu ada donk. Berikut ini daftarnya taman kota Jakarta yang bersih dan nyaman untuk piknik dari indozone:

1. Hutan Kota GBK 

4 Tempat Piknik di Jakarta
Hutan Kota GBK, Jakarta. (Robi Juniarta/IDZ Creators)

Salah satu taman kota yang dapat digunakan untuk piknik di Jakarta adalah Hutan Kota GBK. Tempat piknik ini sedang hype di Jakarta karena taman hijau dengan 
danau di tengahnya ini berada tepat ditengah-tengah gedung-gedung tinggi di sekitarnya. 

Jika kalian ingin piknik ke Hutan Kota GBK, bisa banget sambil mengajak anggota keluarga dan tak lupa bawa bekal makanan ya, agar suasana piknik makin menyenangkan. Duduk di atas rumput sambil bersenda gurau dengan anggota keluarga lainnya akan menambah kehangatan serta keakraban.

Hutan Kota GBK berlokasi di 1, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10270. Di Jakarta sendiri sarana transportasi sudah sangat dipermudah oleh Pemerintah, sehingga kalian tidak perlu khawatir jika hendak piknik ke Hutan Kota GBK.

2. Taman Suropati 

Taman Suropati
Taman Suropati, tempat piknik di Jakarta (instagram.com/temantaman.jkt)


Selanjutnya di urutan kedua ada Taman Suropati dimana dapat kalian gunakan sebagai tempat berpiknik yang nyaman dan bersih. Taman ini dikelilingi banyak pohon yang rimbun sehingga dapat menghasilkan udara yang sejuk. Selain banyak pepohonan, terdapat beberapa burung merpati dan ayam Katek di Taman Suropati ini. Tentunya akan menambah suasana di taman menjadi lebih hidup dan ramai.

Bagi kalian yang masih belum tahu dimana Taman Suropati ini berada maka jawabannya adalah terletak di wilayah Jakarta Pusat, lebih tepatnya berada di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Taman Piknik Museum Satria Mandala
Sensasi piknik di tengah kota Jakarta (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

3. Taman Piknik Museum Satria Mandala 

Taman ini terletak persis di depan museum Satria Mandala, taman ini ramai dikunjungi sebagai tempat nongkrong di ruang terbuka. Bagaimana tidak, tempat piknik ini memiliki fasilitas tenant tempat orang berjualan makanan serta sudah disediakan tikar untuk disewa para pengunjung.

Bagi kalian penikmat wisata sejarah, boleh banget untuk datang ke Taman Piknik Museum Satria Mandala. Setelah berwisata sejarah di museum, kalian bisa langsung menggelar tikar untuk duduk santai bersama keluarga di taman yang ada di depan museum Satria Mandala.

Lokasi Taman Piknik Museum Satria Mandala ini terletak di Jl. Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710

Taman Situ Lembang
Lembang, tempat piknik di Jakarta (travelspromo.com)


4. Taman Situ Lembang 

Untuk yang terakhir ada Taman Situ Lembang, taman ini memiliki fasilitas danau air payau yang dilengkapi dengan air terjun. Suasana taman ini terasa sangat asri karena memiliki banyak pohon yang menjadi sumber kesejukan ditaman ini.

Bagi kalian pecinta wisata air, Taman Situ Lembang sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga tercinta. Lokasinya pun cukup stategis, yaitu berada di Jakarta Pusat. Lebih detailnya, Taman Situ Lembang berada di Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910

Penutup

Itulah beberapa tempat piknik di Jakarta yang dapat kalian kunjungi. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan jika berpiknik dimana pun karena dengan cara ini ini kalian sudah ikut ambil bagian untuk melestarikan lingkungan sekitar. 

Jadi, kalau merasa perlu menghirup udara segar dan melepas rasa penat, tak ada salah untuk datang ke beberapa taman yang ada di Jakarta ini.

Semoga bermanfaat ya!

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "4 Tempat Piknik di Jakarta yang Gratis dan Bersih, Bikin Nyaman!"