Ciri-Ciri Hipertensi yang Perlu Anda Ketahui: Jangan Sepelekan dan Segera Obati

 
Picture Source: Pexels


Sebagai seseorang yang sudah tidak muda lagi, saya merasa memang ada banyak perubahan pada tubuh ini. Badan yang tadinya bisa lincah dan banyak melakukan aktivitas, sekarang mau tidak mau saya harus mengakui cepat lelah dan mudah terserang penyakit.

Sebenarnya saya tidak ingin seperti ini, mengingat banyak orang lain yang seumuran tapi masih sehat. Setelah saya analisa penyebab kenapa tubuh ini mudah lelah dan gampang sakit, ternyata faktor berat badan berlebih penyebabnya.

Sebenarnya seseorang akan mudah terserang penyakit jika memiliki berat badan yang berlebih, sebut saja:
  • Diabetes 
  • Penyakit Jantung
  • Tekanan Darah tinggi
  • Osteoarthritis
  • dan masih banyak penyakit lainnya yang disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan.
Lalu bagaimana sih seseorang itu dapat dikatakan memiliki berat badan berlebih, yaitu manakala nilai Indeks Masa Tubuh (BMI) lebih dari 25. Bagaimana cara menghitung kadar Indeks Masa Tubuh, berikut penjelasannya:

Misalkan tinggi badan Anda adalah 155 cm dan berat badan 60 kg, maka BMI yang dapat diukur adalah:

60 kg / (1,5 x 1,5) = 26,6

Semenjak pandemi, saya sering mengalami sakit kepala yang tak tertahankan. Setelah memeriksakan ke dokter spesialis, ternyata didiagnosa dokter Jantung bahwa saya mengidap tekanan darah tinggi. Bayangkan, tekanan darah tinggi saya pernah 180/100 dimana itu sudah merupakan warning tersendiri bagi saya untuk rutin konsumsi obat penurun tekanan darah tinggi.

Sebenarnya kita sebagai manusia harus dapat tahu aapbila alarm tubuh sedang tidak baik-baik saja. Sebagai contoh saya yang mengidap hipertensi ini harusnya sudah tahu sejak awal bahwa penyakit ini ternyata ada namun baru mengetahuinya saat ini.

Ciri-Ciri Anda Terserang Hipertensi 

Apabila Anda belum dinyatakan mengidap penyakit tekanan darah tinggi, maka ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri hipertensi agar bisa mengantisipasi jangan sampai dokter mendiagnosis penyakit tersebut ke diri kita. Hal ini disebabkan apabila kita mengidap hipertensi maka harus minum obat seumur hidup untuk menstabilkan tekanan darah.

Adapun ciri-ciri hipertensi antara lain:

1. Sering Sakit Kepala 

Awalnya mungkin saya merasa sakit kepala biasa dikarenakan kelelahan akibat beban kerja berlebih serta di rumah banyak sekali yang harus diselesaikan. Saya pun hanya konsumsi obat pereda sakit kepala. Namun ternyata konsumsi obat pereda sakit kepala berlebihan tidak baik bagi ginjal kita.

Penderita hipertensi sering sakit kepala karena tekanan darah naik ke tingkat kritis, dimana menekan bagian tengkorak. Jika Anda mengalami sakit kepala hebat, maka segera panggil bantuan medis. Berbaringlah untuk meringankan sakit kepada yang menyerang Anda.  

2.  Nyeri Pada Dada Bagian Kiri

Nah, kalau nyeri pada dada bagian kirim terkadang tak semua penderita hipertensi menyadarinya. Saya pun baru menyadarinya beberapa bulan teakhir, belum ada setengah tahun. Saya kira yang nyeri adalah bagian payudara. Sebagai perempuan, tentu cemas donk jika dada terasa sakit.

Bukan bermaksud menakut-nakuti, namun penderita hipertensi pada beberapa kasus mengalami otot jantung tidak mendapat pasokan oksigen darah. Hal inilah yang kemudian menimblkan nyeri pada bagian dada sebelah kiri.

3. Penglihatan Buram dan Terganggu

Pada pasien dengan hipertensi tak jarang mengalami gangguan retinopati. Gangguan ini merupakan kerusakan pembuluh darah mata akibat tingginya tekanan darah seseorang. Seorang penderita hipertensi yang mengalami retinopati tidak boleh menyepelekan hal ini. Segera konsultasikan pada dokter terkait agar gangguan ini bisa diatasi.

Penutup

Seorang penderita hipertensi harus minum obat sepanjang hidupnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya komplikasi penyakit lainnya apabila tidak minum obat setiap hari. Jangan sepelekan dengan gejala awal seperti sering sakit kepala. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui mengapa Anda sering pusing dan disertai dengan penghilatan yang buram.

Selain konsumsi obat penurun tekanan darah, lakukan olahraga rutin agar jantung Anda tetap sehat walau sudah menjadi pasien hipertensi. Percayalah, pola hidup sehat akan membuat kita lebih berpikiran positif.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Hipertensi yang Perlu Anda Ketahui: Jangan Sepelekan dan Segera Obati"