4 Manfaat Zumba Bagi Kesehatan Tubuh: Anda Harus Mencobanya

 
Manfaat Zumba
Picture Source: Pexels

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan kita sebagai manusia di muka bumi ini. Baik anak muda, orang dewasa, bahkan lansia sekalipun menginginkan agar bisa selalu sehat. Jika boleh memilih saya pun ingin selalu sehat sampai akhir hayat, agar tak perlu merepotkan keluarga kelak jika sudah memasuki usia tua.

Banyak cara seseorang menjadikan tubuhnya selalu sehat dan bugar, diantaranya:
  1. Makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi
  2. Berolahraga rutin setidaknya 3 kali
  3. Menjaga berat badan ideal. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami obesitas cenderung menderita berbagai macam penyakit.
  4. Minum air putih minimal 2 liter setiap hari
  5. Istirahat cukup dan usahakan tidur 7 sampai 8 jam setiap hari.
Memang dari 5 cara di atas mungkin tidak bisa semuanya kita lakukan. Misalnya saja ketika hidup di kota besar dimana kita harus berhadapan dengan kemacetan, sehingga rasanya untuk bisa sampai di rumah sebelum malam hari susah sekali. Akhirnya waktu istirahat pun menjadi berkurang dan  kita tidak bisa tidur selama 7 sampai 8 jam.

Namun setidaknya kita bisa memilih mau melakukan pola hidup sehat yang mana agar tubuh selalu fit dan tak mudah terserang penyakit. Kalau boleh saya memilih maka saya ingin berolahraga rutin dan minum air putih tiap hari sebanyak 2 liter. 

Berbicara mengenai olahraga, tentu semua olahraga itu baik. Hanya saja saya ingin memilih olahraga yang ada unsur refreshing agar ketika selesai melakukannya  akan timbul perasaan senang dan gembira.

Salah satu olahraga yang ada unsur refreshing adalah Zumba. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan Zumba adalah salah satu olahraga yang menggabungkan unsur senam, tarian dan irama musik.

Zumba merupakan olahraga yang pertama kali diperkenalkan oleh Alberto Beto Perez, dimana dia merupakan instruktur aerobik yang berasal dari Kolombia. 

Beberapa tarian yang dapat digabungkan ke dalam olahraga Zumba antara lain:
  • Hip hop
  • Salsa
  • Merengue
  • Flamenco
  • Rumba
Sering kali saya melihat di banyak kesempatan, baik secara langsung maupun online, dimana gerakan Zumba sangat dinamis sehingga menimbulkan adrenalin tersendiri bagi pecinta aerobik. Biasanya kaum hawa senang sekali dengan olahraga yang dapat meningkatkan adrenalin, seperti Zuma ini. 

Manfaat Olahraga Zumba Bagi Kesehatan Tubuh

Tak ada olahraga yang tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, asal dilakukan secara benar dan porsi yang sesuai. Begitu pula dengan Zumba. 

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila melakukan olahraga Zumba ini, sebut saja:

1. Membakar Kalori

Dengan berolahraga Zumba selama kurang lebih 1 jam, maka Anda berpotensi untuk membakar sekitar 300 sampai 900 kalori. Tentu saja hal ini sangat baik sekali bagi tubuh agar tidak terjadi penumpukan lemak.

Perlu diingat bahwa pada umumnya manusia makan dalam sehari bisa sampai sekitar 2000 kalori lebih yang apabila tidak dibakar dengan olahraga akan berpeluang menimbulkan obesitas.

2. Menyehatkan Kinerja Jantung

Dengan gerakan dinamis berintensitas tinggi yang dilakukan berulangkali, maka Zumba masuk ke dalam jenis olahraga kardio. Berolahraga Zumba dapat meningkatkan detak jantung sehingga lebih sehat. Aliran darah juga menjadi lebih lancar setelah melakukan Zumba.

3. Mengatasi Stress

Dengan berbagai gerakan Zumba yang setidaknya harus kita hafal dan lakukan secara bersama-sama tentu akan menghidupkan semangat berolahraga. Zumba sendiri lebih asyik dilakukan secara bersama-sama dengan peserta Zuma lain misalnya. Tentu ada rasa senang apabila bisa berolahraga secara bersama-sama sambil bergerak mengikuti alunan musik. 

Dengan bertemu peserta Zumba lainnya, akan muncul perasaan senang sehingga dapat mengusir stress. 

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Gerakan dalam Zumba yang dinamis tentu saja membuat tubuh lebih banyak bergerak. Hal inilah yang membuat kalori di dalam tubuh lebih cepat terbakar dan berat badan pun bisa tetap terjaga. 

Tentu saja ketika kita sudah merasa berolahraga maksimal tapi tidak membatasi asupan makanan yang masuk, maka jangan berharap berat badan akan terjaga.

Penutup 

Demikian manfaat langsung dari Zumba yang bisa kalian rasakan setelah rutin melakukannya. Tentu saja berolahraga Zumba harus dilakukan secara rutin agar kalian bisa merasakan dampak setelah berolahraga.

Mari mulai sejak dini menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kalau bukan kita sebagai pemilik tubuh, siapa lagi yang akan menjaga kesehatan tubuh sendiri.

Semoga bermanfaat.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Zumba Bagi Kesehatan Tubuh: Anda Harus Mencobanya"