Cara Pindah TV Analog ke Digital Untuk Diketahui

 
Picture Source : Pexels

Apakah di rumah Anda sudah mulai beralih menggunakan TV digital? Jika belum, maka saya sarankan untuk segera beralih dari TV Analog ke Digital. Hal ini dikarenakan adanya peraturan pemerintah yang berencana untuk menggantikan TV Analog ke Digital, hingga akhirnya pemerintah resmi memberhentikan layanan TV Analog pada tanggal 30 April 2022. Tentu saja pemberhentian layanan TV Analog tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga 2 November 2022

Seperti yang kita ketahui bahwa TV Analog sudah sangat populer di Indonesia, sehingga untuk migrasi ke TV Digital pun memerlukan proses yang tidak sebentar. Membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun sampai benar-benar TV Analog ditiadakan lalu diganti permanen menjadi TV Digital di bulan November 2022 ini.

TV Analog adalah jenis televisi yang siarannya menggunakan frekuensi dari sinyal radio. Bisa dikatakan bahwa TV Analog merupakan perkembangan teknologi pertama kali penyiaran televisi dikembangkan. Karena menggunakan frekuensi, maka pada beberapa kesempatan kita sering menonton televisi dalam kondisi gambar yang buram atau suara yang tak jelas, terutama apabila cuaca sedang tak mendukung seperti hujan misalnya.

Sementara menurut Wikipedia, TV Digital yaitu saluran televisi yang menggunakan modulasi digital untuk menyiarkan sinyal gambar, suara maupun data ke pesawat televisi yang dimiliki oleh masyarakat.

Tentu saja perbedaan yang mendasar dari TV Analog dan Digital adalah sinyal yang dihasilkan. Adanya perbedaan sinyal yang dihasilkan berpengaruh terhadap visual dan suara yang kita dapatkan ketika menonton siaran televisi.

Ada sebagian masyarakat yang beranggapan ketika mengakses TV Digital harus berbayar layaknya menonton televisi melalui aplikasi streaming. Namun tentu saja kita harus meluruskan persepsi masyarakat yang kurang tepat itu. 

Anda cukup menambahkan Set Top Box (STB) untuk bisa mengalihkan TV Analog yang ada di rumah menjadi TV Digital. Pastinya Televisi Digital gratis kita akses melalui layanan Free to Air (FTA).

Cara Pindah TV Analog ke Digital: Sosialisasikan ke Masyarakat Sejak Dini

Informasi mengenai cara Pindah TV Analog ke Digital tentunya harus kita dapatkan agar tidak kebingungan ketika waktunya tiba dan TV Analog sudah tidak dapat digunakan sama sekali.

Jawaban harus beli televisi baru mungkin bukan solusi bagi Anda yang belum memiliki cukup budget. Berikut akan saya uraikan bagaimana cara pindah TV Analog ke Digital agar masyarakat tidak bingung. Tentu saja Anda tidak perlu mengganti televisi lama yang ada di rumah.

Berikut cara pindah TV Analog ke Digital:
  1. Siapkan STB atau Set Top Box di rumah Anda
  2. Ketika membeli STB, jangan lupa untuk pilih jenis DVB-T2 yang bisa disambungkan pada antena TV Analog Anda
  3. Matikan TV Analog yang ada di rumah Anda untuk persiapan disambung ke STB.
  4. Cabut kabel antena yang tertancap di TV Analog 
  5. Sambungkan kabel antena ke port yang ada di bagian punggung STB atau Set Top Box
  6. Sambungkan kabel HDMI yang terdapat di TV Analog ke port STB
  7. Apabila TV Analog Anda belum terhubung dengan HDMI, maka bisa disambungkan dengan kabel AV yang memiliki 3 konektor dengan warna berbeda yaitu merah, putih dan kuning.
  8. Jangan lupa nyalakan STB dan TV Analog secara bersamaan
  9. Masuk ke pengaturan pada TV Analog Anda lalu pilih menu AV
  10. Pilih pencarian saluran
  11. Apabila saluran siaran digital telah muncul, pilih menu simpan dan siaran digital bisa Anda nikmati di TV Analog.
Penutup

Demikian langkah-langkah memindahkan TV Analog ke Digital agar bisa ditonton oleh seluruh anggota keluarga yang ada di rumah. Keberadaan TV Digital tentunya lebih membawa manfaat bagi penggunanya karena minim gangguan sehingga berbagai acara televisi dapat dinikmati tanpa hambatan.

Semoga bermanfaat
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Cara Pindah TV Analog ke Digital Untuk Diketahui"