Syarat dan Cara Buka Rekening Online Bebas Biaya Admin

Syarat dan Cara Buka Rekening Online
Sumber Gambar: Pexels


Kini siapa saja bisa buka rekening online tanpa perlu pergi ke bank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara daring melalui platform digital mobile banking yang disediakan oleh tiap bank. Anda bisa membuat tabungan online dengan praktis kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. 

Kepemilikan rekening sudah menjadi kebutuhan pokok di masa sekarang. Rekening bank telah terhubung dengan berbagai platform keuangan digital yang dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi seperti belanja online. 

Rekening bank bermanfaat membantu penggunanya dalam pengelolaan keuangan, seperti menabung, transfer, membayar tagihan, dan sebagainya. Namun dibalik itu, beban biaya admin pada rekening sering menjadi keluhan penggunanya. Untungnya, kini sejumlah bank telah menyediakan layanan rekening online bebas biaya admin. 

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu ada rekening online tanpa potongan admin. Simak artikel berikut ini sampai selesai untuk mendapatkan penjelasan bagaimana cara buka rekening online tanpa biaya admin.

Apa itu Biaya Admin?

Biaya admin adalah biaya yang perlu dibayarkan oleh pemilik rekening kepada bank secara berkala untuk kebutuhan administrasi. Potongan admin akan dikenakan saat melakukan aktivitas keuangan, seperti untuk transfer, iuran tahunan kartu kredit, rekening koran, dan sebagainya. 

Biaya admin bukan hanya terdapat pada dunia perbankan. Biaya admin diterapkan dalam berbagai sektor industri yang memerlukan biaya-biaya untuk kegiatan produksi. Misalnya dalam sebuah perusahaan, biaya admin diberlakukan pada bagian administrasi, staff, dan pembukuan. Biaya admin yang terdapat pada sebuah perusahaan meliputi biaya gaji karyawan, biaya pengadaan dan perawatan peralatan kantor, biaya pajak, dan sebagainya. 

Fungsi Biaya Admin 

Biaya admin digunakan oleh bank untuk mendukung kelancaran kegiatan usaha, dalam memberikan layanan keuangan. Setiap bulan, pihak bank akan memotong biaya admin terhadap nasabahnya. Banyak masyarakat yang menanyakan potongan tersebut digunakan oleh bank untuk apa.

Bank menarik biaya admin untuk diakumulasi menjadi pendapatan perusahaan. Pendapatan yang terkumpul kemudian disalurkan kembali kepada nasabah bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk benefit. Benefit yang didapatkan oleh nasabah berupa pengembangan layanan, pengembangan teknologi, kemudahan transaksi, penambahan mesin ATM, dan sebagainya.

Biasanya, pemilik rekening dapat terbebas dari biaya admin apabila memiliki saldo minimum berdasarkan ketentuan dari bank. Saat dalam kondisi maintenance fee tersebut, pengguna tidak perlu membayar biaya administrasi. Tapi ada juga bank yang memiliki produk tabungan online yang membebaskan nasabah dari biaya admin, seperti PermataBank dengan produk PermataME.

Manfaat Rekening Online

Rekening bank bermanfaat
Sumber Gambar: Pexels

Ada berbagai manfaat yang didapatkan oleh nasabah yang membuka rekening online. Berikut sejumlah benefit dari memiliki tabungan online. 

1. Proses Pembuatan Rekening Lebih Mudah dan Cepat

Teknologi mobile banking telah membuat proses membuka rekening online menjadi lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Proses registrasi dapat dilakukan secara online di mana pun dan kapan pun melalui smartphone yang terhubung dengan internet. Jadi Anda tidak perlu repot-repot meluangkan waktu untuk pergi ke bank.

Berbeda dengan pembukaan rekening tabungan konvensional. Calon nasabah harus pergi ke bank dan menemui customer service untuk mengajukan pembukaan tabungan. Belum lagi jika harus mengantri panjang, tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga. 

2. Dapat Diakses Kapan pun dan di Mana pun

Manfaat rekening online yang lainnya adalah pada kemudahan aksesnya. Tabungan online bersifat praktis karena dapat diakses oleh penggunanya di mana dan kapan saja selama memiliki koneksi internet. 

Adanya rekening online membuat kebutuhan transaksi menjadi lebih fleksibel. Nasabah dapat melakukan transfer atau kirim uang tanpa perlu ke ATM. Rekening online juga memberikan kemudahan pembayaran untuk transaksi lain, seperti membayar tagihan listrik, top up pulsa, mengisi saldo e-wallet, dan lainnya. 

3. Gratis Biaya Admin

Salah satu kelebihan lain dari rekening online adalah layanan bebas biaya administrasi. Adanya beban biaya seperti biaya admin bulanan, biaya transfer, hingga biaya tarik tunai tentu saja cukup menguras keuangan anda. Kelebihan layanan gratis biaya admin bisa dinikmati oleh penggunanya untuk menghemat keuangan, layanan bebas biaya admin ini bisa Anda rasakan jika menggunakan rekening online PermataME dari PermataBank. 

Cara Buka Rekening Online 

Pendaftaran rekening online bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui smartphone dari rumah. Anda hanya perlu menginstal aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank tujuan Anda. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store bagi pengguna Android dan di App Store bagi pengguna Apple. 

Anda juga perlu menyiapkan persyaratan yang ditentukan oleh pihak bank. Setiap bank memberlakukan persyaratan yang berbeda-beda. Namun secara umum persyaratan untuk mengajukan pembukaan rekening adalah sebagai berikut: 
  • Fotokopi KTP bagi WNI
  • Fotokopi KITAP/KITAS bagi WNA
  • Fotokopi NPWP
Anda bisa memilih bank yang tidak mensyaratkan setoran awal untuk membuka rekening. Berbagai bank telah menerapkan gratis biaya pembukaan rekening. Jika semua persyaratan dokumen sudah lengkap, Anda bisa segera mengajukan pendaftaran rekening melalui aplikasi mobile banking. 

Rekening Online PermataME

Salah satu produk tabungan online bebas biaya admin yang bisa Anda pilih adalah PermataME. Anda bisa memiliki produk rekening dari PermataBank ini melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Mengapa PemataME menjadi rekening online yang tepat untuk Anda? Ada sejumlah kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan rekening ini. Sejumlah layanan yang menguntungkan bagi Anda, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon, gratis transfer ke bank lain tanpa batas dan syarat. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda dapat mengunjungi laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame. 

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

1 komentar untuk "Syarat dan Cara Buka Rekening Online Bebas Biaya Admin"

  1. saya kalau permata masih belum punya, tapi nice info

    BalasHapus