Berjualan Sembako Online, Keterpaksaan di Saat Pandemi yang Membawa Hikmah

 
Berjualan Sembako Online


Setiap membahas mengenai usaha penjualan sembako saya dan suami, rasanya kenangan akan dampak pandemi seolah terngiang kembali dalam pikiran. Betapa tidak, pandemi datang tanpa permisi lalu menjadikan suami sementara waktu sebagai seorang jobless alias pengangguran karena statusnya yang dirumahkan di kantornya.

Walau suami saat ini sudah bekerja kembali, namun kami tetap berkomitmen untuk menjalankan usaha warung sembako online yang sudah ada saat ini. Sayang sekali apabila warung sembako tersebut harus ditutup, mengingat perjuangan yang cukup “berdarah-darah” dalam memulai bisnis ini, hahaha. Bukan lebay sih, namun memang ketika saya dan suami membuka warung sembako itu, ada beberapa hal yang harus kami lakukan, diantaranya:

1. Survey harga barang yang akan dijual kembali

Tentu sebagai seorang pedagang, saya ingin mendapatkan margin keuntungan yang sebesar-besarnya. Salah satu cara mendapatkan margin keuntungan yang besar adalah dengan melakukan survey pasar terlebih dahulu. Saya akan mencoba memilih distributor sembako yang menawarkan harga murah dengan kualitas bagus tentunya.

2. Menentukan target market

Kalau dengar kata warung sembako, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Hampir dimanapun kita berada, selalu ada warung sembako yang menawarkan produk kebutuhan bulanan yang dibutuhkan masyarakat. Tentu saja dengan harga yang tidak jauh berbeda antara satu toko dengan toko lainnya. Sebagai pemain baru di usaha sembako tentu saja saya dan suami harus kreatif dalam memasarkan produk. Akhirnya kami sepakat menjual sembako untuk memenuhi kebutuhan tetangga sekitar serta beberapa teman yang tinggalnya tidak jauh dari saya.

3. Menentukan sistem penjualan yang efektif

Hal ketiga yang harus saya pikirkan ketika hendak membuka warung sembako adalah sistem yang seperti apa yang ingin dijalankan. Akhirnya kami putuskan untuk menjual sembako secara offline dan juga online. Jual sembako online, why not? Mungkin terdengar aneh, jual beras kok secara online ya. Tapi zaman sudah berubah, dan masyarakat dituntut untuk lebih memahami dunia digital. Apalagi saya membuka warung sembako di saat pandemi, dimana saat itu intensitas orang untuk keluar rumah sangat minim sekali demi menghindari terpapar virus Covid-19.

Jualan Sembako Online dan Pemilihan Jasa Pengiriman yang Tepat

Jualan Sembako Online

Memutuskan berjualan sembako secara online pun tentu tidak bisa serta merta dan terburu-buru. Saya yang tadinya hanya memasang produk dagangan melalui status Whatsapp, mulai mencari cara bagaimana menjual secara efektif produk sembako. Salah satu caranya adalah dengan bergabung di marketplace dan juga membuat media sosial khusus jualan sembako.

Karena produk yang saya jual ada yang berukuran besar seperti beras, maka tentu saja harus menggunakan kurir yang khusus untuk pengiriman barang dengan ukuran tertentu. J&T Cargo merupakan solusi bagi saya sebagai pelaku usaha ritel sembako untuk mengirim sejumlah barang yang cukup besar ukurannya. Anda pun jika memiliki usaha yang mengharuskan pengiriman barang dalam jumlah besar maka bisa menggunakan jasa J&T Cargo sebagai solusi pengiriman barang.

J&T Cargo memberikan layanan ketepatan waktu

Dulu saya akan bingung apabila memiliki paket berukuran besar namun jasa ekspedisi langganan tidak bisa menerima dikarenakan tidak melayani pengiriman dalam jumlah besar. Akhirnya saya beralih ke ekspedisi local yang bisa memuat barang sampai ukuran ratusan kilo namun menggunakan jalur laut. Hal ini dikarenakan kapal memiliki kemampuan dalam mengirim barang dengan kapasitas sangat besar. Namun tentu saja pengiriman menggunakan armada kapal akan memakan waktu yang tidak sebentar. Hadirnya J&T Cargo tentu memberikan rasa lega bagi kalian yang terbiasa mengirimkan paket dengan jumlah besar.

Beberapa keunggulan ketika menggunakan jasa J&T Cargo antara lain:
  1. Jangkauan area pengiriman luas, dimana meliputi hampir 99% area yang ada di Indonesia
  2. Harga yang lebih efisien sampai 50% apabila Anda menggunakan jasa pengiriman J&T Cargo, mulai dari berat 5 kilogram.
  3. Adanya fasilitas jemput paket untuk pengiriman regular.
  4. J&T Cargo memberikan layanan ketepatan waktu dalam pengantaran pengiriman paket Anda ke tujuan.
  5. Dilengkapi dengan layanan EzTrack, dimana merupakan layanan pelacakan bagi Anda yang membeli barang di e-commerce dengan menggunakan jasa pengiriman J&T Cargo. Layanan EzTrack sendiri sudah terintegrasi dengan sistem API (Application Programming Interface), sehingga konsumen akan lebih cepat mengetahui proses pengiriman barang sudah sampai mana.
layanan warehouse



Ada beberapa layanan tambahan yang disediakan oleh J&T Cargo, sebut saja:

1. Asuransi barang

Dalam perjalanan menuju rumah penerima barang, tentu ada risiko yang tidak dapat terhindarkan. Untuk itu J&T Cargo memberikan fasilitas asuransi barang bagi paket yang mengalami kerusakan. Namun tentu saja proses klaim asuransi tersebut telah melalui proses identifikasi yang telah dilakukan oleh tim J&T Cargo.

2. Layanan Warehouse

Sebelum dikirimkan ke alamat tujuan, tentu barang milik pelanggan akan disimpan di dalam lokasi penyimpanan yang aman. Di sinilah fungsi dari warehouse yang disediakan oleh J&T Cargo bagi seluruh barang yang dikirimkan oleh pelanggan.

3. Pengembalian tanda terima

Ketika kurir J&T Cargo mengambil paket yang hendak Anda kirim, maka tentu saja Anda akan mendapat tanda terima sebagai bukti barang telah di-pick up. Tanda terima yang berfungsi sebagai resi ini nantinya bisa Anda gunakan untuk melacak sampai dimana keberadaan barang yang dikirim.

4. Layanan gabungan warehouse dan distribusi

Bagi Anda yang tergabung sebagai pelanggan VIP, bisa memanfaatkan layanan gabungan warehouse dan distribusi sekaligus di J&T Cargo, sebagai wujud loyalitas J&T terhadap para pelanggannya.

Penutup

Menjadi pelaku usaha online tentunya memiliki pengalaman tersendiri bagi kita yang menjalaninya, tak terkecuali saya. Usaha sembako online bisa jadi mimpi yang tak pernah terduga untuk saya jalankan dan bersyukur sekali bisa eksis hampir 3 tahun ini.

Hikmah akan selalu ada apabila kita mau berpikiran positif terhadap sesuatu hal. Begitu juga dengan pandemi ini, dimana usaha sembako saya berjalan dan tak lama di tahun 2021 J&T Cargo mulai beroperasi hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Bagi kalian para pelaku bisnis online dengan ukuran besar, maka tak perlu lagi bingung apabila harus mengirimkan paket ke pelanggan. Sekarang sudah ada J&T Cargo dimana bisa mengirim paket dalam kapasitas besar. J&T Cargo tentu saja berada di bawah merek J&T, dimana tentu saja kita pasti tahu bagaimana kualitas pelayanan J&T yang sangat cepat dalam mengirimkan berbagai paket pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi, kembangkan bisnis online kalian bersama J&T Cargo dan dapatkan berbagai keuntungan ketika mengirimkan paket.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Berjualan Sembako Online, Keterpaksaan di Saat Pandemi yang Membawa Hikmah"