Ramadan Kini Lebih Produktif Bersama Jaringan Internet Cepat IndiHome

 
IndiHome


Kalau ditanya pengalaman menjalani ibadah puasa Ramadan dulu dan sekarang, maka jawabannya adalah sangat berbeda sekali. Tentu saja dari suasananya pasti ada perubahan. Dunia banyak berubah semenjak teknologi juga berkembang khususnya dengan kehadiran internet. 

Begitu juga kebiasaan manusia sehari-hari bisa jadi tidak akan pernah sama dari tahun ke tahun. Kalau pun ada kebiasaan yang sama pada bulan Ramadan, maka tak lain seputar sahur, berbuka puasa, tadarrus, serta menunaikan ibadah-ibadah lainnya di bulan penuh hikmah tersebut. 

Jika dibandingkan dengan sepuluh tahun lalu dimana belum ada jaringan internet cepat di rumah maupun di tempat-tempat umum, saya merasa 3 tahun terakhir merupakan tahun paling produktif ketika menunaikan ibadah puasa. 

Terlebih sejak saya berkenalan dengan dunia kepenulisan, bulan Ramadan menjadi motivasi tersendiri menulis banyak artikel bermanfaat sembari menunggu waktu berbuka puasa atau menunggu adzan Subuh berkumandang setelah sahur.

Masih terekam dalam memori, dimana 10 tahun lalu ketika jaringan internet cepat belum berkembang pesat seperti sekarang ini,  saya justru tidak produktif di bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan banyak waktu luang yang tidak saya pergunakan untuk hal bermanfaat. Misalnya saja ketika hari Minggu tiba, saya lebih banyak tidur sepanjang hari dan bangun menjelang beberapa jam sebelum berbuka. 

Meskipun di dalam bulan Ramadan, tidurnya seorang Muslim dianggap ibadah, namun bukan berarti kita harus tidur sepanjang hari tanpa berakvititas. Ada banyak cara bagi tiap individu untuk memaksimalkan hari-hari yang dilalui selama bulan Ramadan tahun ini. Apalagi didukung dengan adanya jaringan internet cepat, maka Ramadan dulu dan sekarang akan terasa banyak perbedaan. Tentunya diharapkan perbedaan itu mengarah pada hal yang positif.

Produktif Saat Menunaikan Ibadah Ramadan Bersama Jaringan Internet Cepat

Sebelum adanya perkembangan teknologi internet seperti sekarang ini, ada beberapa aktivitas yang dilakukan terbatas saat Ramadan misalnya saja:

1. Hanya dapat menonton televisi dengan acara-acara terbatas yang disediakan oleh stasiun televisi, baik milik pemerintah maupun swasta.

Seperti yang kita ketahui, bahwa acara televisi di saat sebelum teknologi internet berkembang cenderung monoton dan kurang variatif. Namun kita sebagai penonton televisi kita tidak bisa berbuat apa-apa selain tetap menikmati acara televisi tersebut.

Namun tidak demikian halnya ketika kita hidup di saat jaringan internet cepat berkembang pesat. Kita bisa memilih berbagai acara baik itu di televisi nasional maupun saluran OTT sesuai selera menonton kita.

2. Anak-anak lebih banyak melakukan aktivitas di luar seperti bermain ketika libur Ramadan yang cenderung monoton.

Walaupun menyenangkan bisa bermain dengan teman-teman sebaya, namun ketika dulu belum ada internet, maka sarana belajar di rumah menjadi terbatas adanya. Ketika libur sekolah di bulan Ramadan, tidak ada yang bisa dilakukan anak tanpa adanya jaringan internet provider di rumah. Anak hanya bisa membaca buku dan juga menonton televisi sehingga akan lebih cepat mengalami kejenuhan.

3. Keterbatasan dalam mobilitas

Sebelum ada internet provider dan kecanggihan teknologi lainnya, mungkin jika kita ingin membeli makanan untuk berbuka puasa, maka harus ada effort atau usaha untuk menuju lokasi tempat menjual takjil. 

Namun coba perhatikan saat ini, dengan mudahnya kita  memesan makanan cukup dari rumah hanya dengan  menggunakan aplikasi online. Tentunya dengan menggunakan jaringan internet cepat di rumah, pesan makanan secara online tidak akan mengalami kendala.

Tentu saja kita harus bersyukur karena hidup di era yang serba memberi kemudahan.  Apalagi saat ini teknologi berkembang sangat pesat, sehingga sudah seharusnya Anda menjadikan hal tersebut sebagai sarana pendukung untuk lebih menyebarkan syi’ar Ramadan di tahun 2023 ini.

Semenjak ada jaringan internet cepat di zaman sekarang, ada banyak perubahan dalam setiap aktivitas manusia, misalnya saja:
  • Ibu rumah tangga dapat belajar berkreasi membuat makanan melalui kanal YouTube demi menyajikan hidangan berbuka puasa dan juga sahur untuk keluarga tercinta. 
Dari belajar memasak secara online dengan otodidak, dapat menjadikan peluang untuk menambah penghasilan bagi para ibu rumah tangga.  Skill bertambah, cuan pun mengalir. Selain itu pula, tidak hanya keterampilan memasak yang bisa dijadikan peluang usaha. 

Segala sesuatu asalkan halal dapat dijadikan peluang usaha, salah satunya dengan berjualan secara online. Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki jaringan internet cepat di rumah, alangkah lebih baik apabila dimanfaatkan tidak hanya untuk hiburan semata, namun dapat juga digunakan untuk menambah penghasilan.
  • Anak-anak di rumah dapat menonton tayangan Islami di kanal YouTube maupun layanan media OTT sembari menunggu waktu berbuka puasa. 
Hal ini dapat menjaga anak-anak kita dari pergaulan yang negatif apabila terlalu sering berada di luar rumah menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tak bermanfaat. Bersosialisasi dengan teman sebaya itu sangat dianjurkan bagi anak untuk melatih rasa empati serta memiliki kemampuan bersosialisasi. 

Namun ada baiknya jika diimbangi dengan siraman rohani yang mengikutsertakan orangtua. Ayah dan Bunda dapat mengajak buah hati untuk menonton kajian agama secara online sebagai salah satu bentuk pola pengasuhan yang baik, agar kelak jika dewasa, anak-anak bisa menjadi pribadi yang beretika di masyarakat. 

Dengan adanya bonding antara orang tua dan anak di bulan Ramadan ini, diharapkan setelah puasa berakhir sekalipun, anak akan tetap dekat dengan Ayah Ibu, serta memiliki budi pekerti luhur dan tak terpengaruh dengan pergaulan negatif.
  • Keberadaan jaringan internet dapat mengembangkan skill manusia
Untuk seorang blogger seperti saya, bulan Ramadan selain digunakan untuk beribadah sesering mungkin dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, waktu luang dapat dimanfaatkan untuk  mengembangkan skill menulis menggunakan jaringan internet cepat.
  • Pergeseran dalam cara berjualan bagi sebagian pedagang
Para pedagang yang dulunya berjualan secara offline di bulan Ramadan, semenjak ada koneksi internet cepat, mereka bisa menawarkan produk secara online, sehingga ada beberapa pedagang yang justru tak perlu membuka lapak demi bisa berhemat biaya operasional. Jika beberapa tahun lalu sebelum internet berkembang cepat seperti sekarang, banyak orang bingung memikirkan membuka peluang usaha dikarenakan tidak memiliki tempat memadai, namun di zaman sekarang 

Untuk Anda yang ingin merasakan jaringan internet cepat di rumah, bisa berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia, agar waktu di bulan Ramadan tidak dipergunakan untuk hal yang sia-sia. Telkom Indonesia yang sudah berdiri sejak 57 tahun lalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada. Dengan provider internet yang stabil, memungkinkan Anda melakukan aktivitas tanpa batas selama bulan Ramadan.

Bagi Anda yang tidak memungkinkan mudik di saat lebaran, maka manfaatkan keberadaan jaringan internet cepat dengan melakukan silaturahmi secara online dengan sanak saudara yang jauh di mata selama bulan Ramadan. Bukankah silaturahmi tidak harus dilakukan saat hari raya saja. Di bulan Ramadan pun Anda bisa bersilaturahmi secara online apabila memiliki kerabat dan keluarga yang jumlahnya cukup banyak. 

Penutup

Meskipun ada sebagian orang beranggapan keberadaan internet saat ini seolah menjadi penghambat dalam hubungan sosial antara manusia satu dengan lainnya, dikarenakan keberadaan gadget yang seolah menjadikan tiap individu ketergantungan dengan benda elektronik tersebut, namun tak seluruhnya asumsi itu benar.

Perkembangan teknologi memang mengharuskan kita untuk menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat, tak terkecuali di bulan suci Ramadan yang sedang kita jalani seperti saat ini. Jika memang seorang individu bermasalah dengan caranya bersosialisasi dengan individu lain, maka jangan salahkan gadgetnya, namun perbaikilah manajemen waktu kapan harus menggunakan gadget dan kapan harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Jadikan keberadaan internet sebagai salah satu cara untuk membantu kehidupan kita. Hindari penggunaan yang berlebihan agar kita tetap dapat bersosialiasi dengan masyarakat sekitar. Jadikan Ramadan tahun 2023 ini sebagai sarana untuk melakukan ugrade diri dan juga sarana untuk saling mendekatkan hubungan dengan seluruh anggota keluarga. Jaringan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia merupakan jaringan terbaik untuk kita dapat melakukan pengembangan kualitas diri selama bulan Ramadan di tahun ini.

Semoga bermanfaat.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

20 komentar untuk "Ramadan Kini Lebih Produktif Bersama Jaringan Internet Cepat IndiHome"

  1. Indihome memang the best deh...saya pun di rumah pakai indihome

    BalasHapus
  2. Dengan adanya akses internet yang cepat dan stabil, Ramadan jadi ga mati gaya karena banyaknya ragam kegiatan yang bisa kita lakukan dengan dukungan internet

    BalasHapus
  3. Bagi aku juga emang terasa banget sih Ramadhan dulu dan sekarang. Sekarang Ramadhan terasa lebih produktif, apalagi segala informasi bisa dicari dengan lewat internet. Dan IndiHome sangat berperan banget. Makasih IndiHome!

    BalasHapus
  4. Iyaaa. Jaman dulu belum ada internet agak rempong. Sekarang enak mau nyiapin takjil atau buka tinggal nyari resep di Youtube. Asala ada jaringan internet cepat semua bisa dilakukan. Kebantu banget.

    BalasHapus
  5. Produktifnya Mba Maria ngga diragukan lagi. Sekarang semua serba internet, kalo ngga ada internet ngga kebayang deh. Indihome emang provider yang paling bisa diandalkan. DI manapun, pelosok pun makenya Indihome. Wis ngga ada lawan hehehe

    BalasHapus
  6. Dengan adanya internet cepat dari IndiHome, kita jadi lebih mudah berkreasi "tanpa batas", seperti menonton acara apapun yang kita mau di YouTube (Zen)

    BalasHapus
  7. Layanan OTT IndiHome bagus banget ya, Kak. Bisa jadi makin mudah nonton tayangan keluarga, tanyangan film favorit dengan aplikasi favorit juga

    BalasHapus
  8. Layanan internet cepat dari IndiHome benar-benar terasa manfaatnya ya, mbak. Apalagi dalam urusan silaturrahiim online. Jadi lebih bermakna

    BalasHapus
  9. Semakin majunya perkembangan teknologi, semakin memudahkan kita buat berkegiatan ya mba. Walaupun berbeda jarak, tetap bisa silaturahmi. Tetap bisa juga belajar dari manapun dan kapanpun kita mau

    BalasHapus
  10. Semakin majunya perkembangan teknologi, semakin memudahkan kita buat berkegiatan ya mba. Walaupun berbeda jarak, tetap bisa silaturahmi. Tetap bisa juga belajar dari manapun dan kapanpun kita mau

    BalasHapus
  11. Masya Allah, syukur deh kalau adanya internet jadi makiproduktif ya dan makin mendekatkan sama Allah, biar makin rajin ibadahnya juga nih memanfaatkan internet :)

    BalasHapus
  12. Bener banget, Mbak. Aktivitas selama bulan Ramadhan jadi lebih tenang dan khusyuk adanya akses internet cepat dari IndiHome yaa. alhamdulillah

    BalasHapus
  13. Sekarang dengan adanya internet cepat, semuanya lebih mudah ya, Kak. Alhamdulillah...

    BalasHapus
  14. Jadi inget dulu main ke warnet pas SMP, 1 bilik 10 orang wkwkkw mana mahal sekarang ada indihome lebih enak ya mba apalagi jika kerja dan aktivitas di rumah

    BalasHapus
  15. Setuju bgt sih kalau jaringan internet cepat bisa bikin kita lebih produktif. Selain itu, internet cepat jg mendukung buat upgrade skill.

    BalasHapus
  16. internet memang bikin kegiatan ramadan kita lebih bervariasi yaa. kalau dulu paling ya tidur aja tuh siang-siang karena nggak ada yang dikerjain

    BalasHapus
  17. Anonim10.27.00

    Pas ramadhan kemarin bahkan sampe hari ini terbantu sekali dengan resep" di medsos jd bisa berkreasi lebih di rumah.

    BalasHapus
  18. Anonim14.06.00

    Semoga kemudahan tersebut makin membuat kita produktif dan lebih semangat dalan mengisi Ramadhan dengan amalan-amalan berkualitas

    BalasHapus
  19. Bener banyak plusnya internet ini ya kak, aku sendiri makin produktif, tinggal memilah milah saja yang positif lanjutkan

    BalasHapus
  20. benar banget Mbak, sejak ada internet (WiFi IndiHome di rumah) rasanya jadi lebih berwarna ya, bisa lebih kreatif kita, jalani Ramadan juga jadi lebih semangat karena bisa sambil cari inspirasi menu berbuka dan sahur, misalnya, terus masak deh, atau bisa cari ide dekorasi rumah untuk sambut Lebaran juga dan masih banyak lainnya :)

    BalasHapus