Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik 2023

Tips Memilih Asuransi Mobil
Credit Photo: Pexels



Asuransi mobil all risk terbaik merupakan jenis asuransi mobil yang menanggung seluruh jenis kerusakan pada mobil mulai dari penyok, lecet, hingga kerugian akibat pencurian. Asuransi mobil all risk ini juga diartikan sebagai asuransi yang memberikan ganti rugi ketika kendaraan yang diasuransikan mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Jenis asuransi ini cukup populer di Indonesia sebab perlindungan yang diberikan lengkap. Jenis asuransi ini sangat cocok dipilih untuk mobil baru, sehingga bisa mendapatkan perlindungan yang menyeluruh. Kalau mobil baru tiba-tiba mengalami rusak, pastinya biaya perawatannya cukup mahal. Dengan adanya asuransi mobil, maka biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Lantas, apa saja tips dalam memilih asuransi mobil yang bagus. 

Tips Pilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Produk asuransi ini telah cukup mudah dijumpai. Bahkan, biasanya saat Anda membeli kendaraan roda empat ini, Anda akan diberi penawaran untuk melengkapi pembelian dengan produk perlindungan. Nah, berikut ini sejumlah tips memilih asuransi mobil all risk terbaik yang dapat Anda terapkan.

1.  Mencari Asuransi yang Memiliki Banyak Bengkel Rekanan

Salah satu ciri asuransi mobil all risk terbaik yang pertama yakni memiliki bengkel rekanan yang luas. Maka dari itu, ketika hendak membeli polis asuransi, Anda bisa mencari perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan. 

Hal ini bertujuan agar, Anda bisa memperbaiki kendaraan dimana saja. Informasi seputar bengkel rekanan ini bisa Anda peroleh dari website resmi perusahaan asuransi tersebut atau dengan bertanya langsung pada customer service perusahaan asuransi terkait.

2. Memilih Asuransi yang Premi dan Manfaatnya Seimbang

Premi asuransi kendaraan sebenarnya telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan. Akan tetapi, manfaat asuransi yang diberikan sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi. Sehingga, setiap perusahaan asuransi akan menawarkan manfaat yang berbeda-beda.

Maka dari itu, ketika akan memilih asuransi kendaraan, pastikan memilih polis yang memberikan manfaat sesuai dengan premi yang harus dibayarkan. Dengan demikian, Anda akan merasakan dan mendapatkan manfaat asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Mencari Asuransi Mobil Pihak Ketiga

Asuransi mobil pihak ketiga adalah produk perlindungan yang memberikan ganti rugi apabila terdapat risiko kecelakaan atau tabrakan yang melibatkan pihak ketiga. Misalnya seperti, saat Anda tidak sengaja menabrak mobil lain, maka biaya kerusakan mobil yang Anda tabrak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Meskipun demikian, polis asuransi ini tidak akan menanggung beberapa kerugian, seperti berikut ini:
  • Kerusakan yang direncanakan atau disengaja. 
  • Kerugian yang diakibatkan oleh pengemudi yang tidak memiliki SIM.
  • Nasabah menabrak kendaraan ketika latihan mengemudi.
  • Kerugian akibat bencana alam atau kerusuhan.
  • Kerugian yang diakibatkan oleh balapan, kejahatan, kampanye, hingga unjuk rasa.
  • Kerugian yang diakibatkan oleh pengemudi yang sedang mabuk atau terpengaruh efek obat-obatan.
4. Membandingkan dengan Polis Asuransi Lain

Supaya bisa mendapatkan asuransi mobil all risk terbaik sebaiknya melakukan perbandingan beberapa polis asuransi yang ada. Tujuannya, supaya Anda bisa mendapatkan produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Beberapa hal yang bisa dibandingkan antara lain premi yang harus dibayarkan, manfaat yang diberikan, hingga prosedur klaim asuransi tersebut.

5. Memperhatikan Kredibilitas Perusahaan

Hal penting lain yang harus Anda lakukan sebelum memilih produk asuransi mobil all risk terbaik yakni dengan memperhatikan kredibilitas perusahaan. Tujuannya yaitu untuk menjaga keamanan sebagai nasabah. Perusahaan asuransi terbaik pasti telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Bukan hanya itu, kredibilitas perusahaan juga bisa dilihat dari pelayanan yang diberikan. Anda juga bisa menilai baik buruknya perusahaan asuransi dari review nasabah lain yang ada di website asuransi tersebut.

Itulah sejumlah tips dalam memilih produk asuransi mobil all risk terbaik yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli polis asuransi kendaraan, menggunakan asuransi mobil all risk agar Anda tidak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel sebab Anda akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Untuk menambah proteksi maksimal pada mobil, Anda bisa gunakan asuransi kendaraan dari Garda Oto untuk melindungi mobil kesayangan dari risiko kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, pencurian, dan faktor eksternal lainnya. Selain itu, Anda pula akan mendapatkan sejumlah keuntungan seperti bantuan darurat Garda Siaga 24 jam, perbaikan di seluruh jaringan bengkel Garda Oto, dan lain sebagainya. Yuk segera berikan perlindungan terbaik untuk kendaraan Anda hanya di Garda Oto.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

1 komentar untuk "Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik 2023"

  1. Wah pas aku baca nih, kebetulan mobil aku jg gak ada asuransinya, udah lama sih dengar garda oto cum belum mendalami bgt

    BalasHapus