Kuliah Kedokteran di Harvard University, Ini Syaratnya!

 
kirim uang ke luar negeri menggunakan Digibank
Credit Photo: Unsplash


Kirim uang ke luar negeri kini semakin mudah dengan menggunakan layanan remittance yang tersedia di bank atau lembaga keuangan lain. Layanan ini bisa bermanfaat untuk mendukung pendidikan dan kehidupan di luar negeri, misalnya ketika anak sedang kuliah kedokteran di kampus terbaik dunia.

Banyak anak bercita-cita menjadi seorang dokter, namun untuk menjadi dokter harus melalui masa pendidikan yang tidak sebentar, materi kuliah yang tidak mudah, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Baik kampus dalam negeri, dan apalagi kampus luar negeri seperti di Harvard University, menyediakan fasilitas pendidikan kedokteran terbaik, mulai dari kurikulum, pengajar profesional, laboratorium, hingga rumah sakit pendidikan sebagai tempat praktek internship. Fasilitas lengkap tersebut semakin menambah jumlah total biaya kuliah yang harus disediakan orang tua. Dengan begitu, diharapkan biaya kirim uang ke luar negeri lebih murah agar pengiriman uang untuk biaya kuliah di luar negeri lebih lancar.

Simulasi Biaya dan Syarat Kuliah Kedokteran Harvard University

Aplikasi digibank by DBS
Credit Photo: Pexels


Harvard University merupakan universitas tertua di USA yang terkenal dengan fasilitas pendidikan terbaik, khususnya di bidang kedokteran. Kampus ini memiliki 13 sekolah dan institut yang menjadi incaran para calon mahasiswa internasional. Meskipun banyak penawaran beasiswa yang bisa membantu biaya pendidikan, namun tidak ada salahnya Anda menyiapkan diri menghitung biaya pendidikan dan biaya hidup di sana. Dengan begitu, Anda sudah siap jika Anda atau anak Anda mendapat kesempatan untuk kuliah di Harvard University.

Berikut ini simulasi biaya-biaya selama menempuh pendidikan kedokteran di Harvard University  yang nantinya bisa Anda bayarkan dengan menggunakan layanan kirim uang ke luar negeri.

1. Biaya Pendidikan

Harvard University telah menghasilkan alumni-alumni yang sukses, bahkan 32 lulusannya tercatat sebagai kepala negara. Para alumni yang sukses memberikan timbal balik ke universitas berupa dana yang dikumpulkan untuk membantu para mahasiswa dari keluarga menengah hingga tidak mampu agar bisa mendapat kesempatan kuliah di sana. 

Apabila penghasilan keluarga kurang dari $65 ribu per tahun, maka mahasiswa bisa kuliah dengan gratis. Sedangkan dalam rentang penghasilan $65 ribu hingga $150 ribu per tahun, maka dikenakan biaya pendidikan sebesar 10% dari total biaya. Sedangkan mahasiswa dengan penghasilan orang tua di atas $150 ribu per tahun, dikenakan biaya penuh. 

Untuk mahasiswa internasional yang datang dari luar USA, diberikan pula kesempatan memperoleh keringanan biaya. Anda harus melengkapi persyaratan imigrasi dan dokumen lengkap untuk pengajuan sponsorship. Namun jika Anda ingin membiayai pendidikan secara mandiri, maka Anda harus menyiapkan dana seperti berikut:
  • Full Study 
Ditujukan untuk mahasiswa yang mengambil program sarjana atau master/spesialis. Biaya yang harus disiapkan sebesar $50,144 yang wajib dibayarkan setiap tahun akademik. Pastikan Anda membayar biaya kirim uang ke luar negeri agar dana pendidikan bisa dibayarkan tepat waktu.
  • Course 
Mahasiswa bisa mengambil pendidikan singkat berupa kursus-kursus yang menunjang pendidikan penuh di dalam negeri atau di kampus selain Harvard University. Biaya pendidikan kursus lebih murah yaitu sebesar $6,268 per kursus yang diambil. Anda bisa menggunakan layanan kirim uang ke luar negeri untuk mengikuti pendidikan kursus sebelum berangkat ke Harvard University.
  • Doctorate Degree 
Pendidikan doktoral di Harvard University membutuhkan dana sebesar $2,507 atau setara dengan Rp 36 juta yang harus dibayarkan setiap awal semester baru. Agar tidak terlalu berat, Anda bisa memilih layanan transfer uang dengan biaya kirim uang ke luar negeri gratis agar lebih menghemat dana pendidikan yang Anda siapkan.

2. Biaya Asuransi Kesehatan

Mahasiswa yang kuliah di Harvard University dan tinggal di USA wajib memiliki asuransi kesehatan dengan nilai premi sebesar $4,906 per semester. Biaya asuransi umumnya dibayarkan sebelum Anda berangkat ke Amerika Serikat. Anda bisa menggunakan layanan remittance yaitu fasilitas kirim uang ke luar negeri yang tersedia di bank atau lembaga keuangan lain.

3. Biaya Hidup

Perkiraan biaya hidup selama kuliah di Harvard University ditentukan dari tempat tinggal yang Anda pilih, di dalam atau di luar kampus. Perhitungannya seperti berikut ini:

  • On Campus 
Harvard menyediakan asrama dengan biaya yang lebih murah. Untuk tempat tinggal, Anda wajib menyediakan dana sebesar $16,660 per tahun dan biaya makan sebesar $6,360 per tahun. Biaya ini lebih hemat karena Anda tidak perlu repot memikirkan biaya listrik, internet, hingga transportasi. Pastikan biaya kirim uang ke luar negeri yang murah saat Anda melakukan transfer uang untuk membayar biaya asrama dan makan selama satu tahun.

  • Off Campus 
Tinggal di luar kampus berarti Anda wajib menyediaka`n dana tempat tinggal sekitar $1,400 ditambah $250 per bulan untuk listrik dan internet. Kebutuhan makan sekitar $35 - $50 per hari. Anda bisa menghemat dengan memasak makanan sendiri.

Biaya Buku dan Dana Darurat

Dana yang wajib disiapkan dan tidak kalah penting adalah buku dan dana darurat. Anda bisa mengalokasikan sejumlah $4,000 per tahun untuk kebutuhan tersebut. Pastikan biaya kirim uang ke luar negeri yang dibebankan dari layanan remittance lebih hemat agar membantu meringankan pengeluaran biaya pendidikan anak Anda. 

Biaya Kebutuhan Sehari-hari

Selain dana yang sudah disebutkan di atas, Anda juga wajib menyiapkan  biaya untuk kebutuhan harian, baik tinggal di dalam asrama kampus atau tinggal mandiri di apartemen. Dana tersebut bisa bervariasi dan tergantung kebiasaan yang Anda lakukan. Cakupannya adalah untuk membeli peralatan mandi, pakaian, alat tulis, dan lainnya.

Pembayaran Kuliah Kedokteran di Harvard Lancar dengan Remittance 

Simulasi total biaya kuliah kedokteran di Harvard University di atas bisa Anda siapkan sebelum anak berangkat ke luar negeri. Pembayaran seluruh biaya bisa Anda lakukan menggunakan layanan remittance. Saat ini, layanan kirim uang ke luar negeri tersebut bisa menggunakan aplikasi yang diunduh di smartphone, contohnya Aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi digibank by DBS merupakan platform perbankan online yang menyediakan fasilitas perbankan lengkap. Banyak keunggulan yang ditawarkan dengan menggunakan layanan remittance melalui aplikasi ini, yaitu:
  • Praktis bisa dilakukan kapan saja selama 24/7 melalui smartphone
  • Bebas biaya kirim ke lebih dari 20 negara dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.
  • FX rate kompetitif dan terkini
  • Dana bisa diterima di hari yang sama

Dukung impian anak Anda untuk menjadi dokter dengan menempuh kuliah di Harvard University. Manfaatkan kemudahan penggunaan fasilitas perbankan yang disediakan Aplikasi digibank by DBS untuk membayar biaya pendidikan di kampus tertua dan terbaik di Amerika Serikat. Lihat informasi lebih lengkap dan jelas mengenai remittance di sini.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

6 komentar untuk "Kuliah Kedokteran di Harvard University, Ini Syaratnya!"

  1. Mudah-mudahan kelak ada anak-anak yang bisa melanjutkan pendidikannya di Harvard University. Aamiin
    Nabungnya harus mulai dari sekarang, kalau nanti kesampaian kuliahnya, kan tinggal transfer-transfer aja, ya

    BalasHapus
  2. Wah emang kalau mau kuliah di luar negeri apalagi di Harvard dengan jurusan bergengsi yha butuh biaya yang ngga sedikit. Untung banget ada kemudahan penggunaan fasilitas aplikasi digibank by DBS untuk membayar biaya pendidikan.

    BalasHapus
  3. Memang kalau mau melanjitkan pendidikan tinggi, salah satu ikhtiarnya dengan menabung sejak lama ya mbak

    BalasHapus
  4. Masya Allah ya biaya pendidikan sekarang. Di dalam negeri aja biaya kuliah sudah tinggi, kalau di luar negeri emang lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan. Terutama biaya hidup yang wow. Kalau ada apk digibank by DBS gini bisa mengurangi biaya kirim uang ke luar negeri, Mayan banget kan.

    BalasHapus
  5. Biayanya masya Allah...
    Semoga Allah mampukan kita untuk menyekolahkan si kecil di Harvard 🤲🏻🤲🏻 Sholawat dulu aja 😇🙏🏻

    BalasHapus
  6. Semoga bisa terwujud anak saya bisa kuliah di luar negeri khususnya di harvard...semoga ada rejekinya darimana pun jalannya. Kirim kirim uangnya mudah banget lagi zaman sekarang ya mba

    BalasHapus