Tips Mencari Lowongan Kerja Lulusan SMA di Bali





Saat ini disadari atau tidak, persaingan dalam mencari kerja sangatlah tinggi. Angka para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lowongan kerja yang tersedia. Hal ini dikarenakan setiap tahunnya jumlah lulusan perguruan tinggi dan lulusan sekolah menengah tingkat atas semakin bertambah, sementara jumlah lowongan kerja bisa dibilang tetap atau tak bertambah.

Pada tahun 2022 sendiri, Kemenaker mencatat jumlah lulusan sarjana per tahun sekitar 1,4 juta jiwa, sementara jumlah lowongan kerja yang tersedia hanya 10% dari jumlah tersebut Namun tentunya untuk kalian para pencari kerja jangan putus asa dan tetap optimis untuk selalu mencari peluang kerja yang sesuai dengan kualifikasi.

Bagi kalian yang kebetulan masih menuntaskan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), maka tetap optimis walaupun harus bersaing dengan lulusan sarjana. Hal ini dikarenakan lulusan SMA masih banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Jika di kota asal, kalian belum mendapat pekerjaan, tidak ada salahnya untuk mencari lowongan kerja di Bali sebagai batu loncatan berkarir untuk pertama kali. Memang jika kalian belum pernah ke Bali, kota tersebut akan terasa asing. Namun cobalah untuk melihat dari sisi positif, dimana Bali merupakan destinasi kota wisata yang cukup besar di Indonesia, sehingga peluang kerja pun akan lebih banyak disediakan di pulau Dewata tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa Bali merupakan kota wisata yang cukup besar. Banyak usaha didirikan di Bali dalam upaya menunjang sektor pariwisata. Sebut saja usaha perhotelan, usaha kuliner, sewa kendaraan, supermarket dan masih banyak usaha lainnya. Dengan adanya bisnis yang didirikan di pulau Dewata tersebut, maka tentunya peluang mencari kerja pun akan semakin besar.

Tips Mencari Lowongan Kerja di Bali

Bagi kalian yang merupakan lulusan SMA, maka tak perlu khawatir apabila ingin bergabung dengan para pencari kerja lain di Bali. Berikut tips mencari lowongan kerja di Bali, yaitu:
  • Perbanyak skill
Memperbanyak skill dengan cara mengikuti kursus baik itu offline maupun online merupaka langkah terbaik selama kalian masih belum mendapat pekerjaan. Tentunya soft skill dan hard skill itu penting sekali bagi lulusan SMA.

Misalnya saja mamiliki skill memasak, maka kalian dapat mencoba mencari peluang kerja sebagai chef di salah satu hotel atau rumah makan yang ada di Bali. Mengingat di Bali banyak terdapat hotel dan juga rumah makan, sehingga salah satu profesi yang dibutuhkan adalah chef atau juru masak.
  • Mengikuti bursa kerja
Bursa kerja merupakan suatu pameran yang diadakan oleh beberapa perusahaan dalam rangka perekrutan karyawan. Dulu ketika zaman saya baru lulusa kuliah, bursa kerja sering sekali diadakan setiap 3 atau 4 bulan sekali untuk menjaringa calon tenaga kerja yang berbakat dan memiliki kualifikasi.

Cobalah cari info lowongan kerja bagi lulusan SMA untuk penempatan di Bali. Bursa kerja dapat diselenggarakan di kota tempat domisili kalian masing-masing, namun bukan mustahil jika ada penempatan di Bali.
  • Bergabung di situs lokerbali.info
Salah satu situ lowongan kerja yang menyediakan berbagai info seputar peluang kerja di Bali tentu saja ada pada lokerbali.info dimana kalian bisa memilih jenis lowongan yang sesuai dengan skill dan juga kualikasi yang dimiliki.

Lowongan kerja lulusan SMA juga tak kalah banyak dibutuhkan bagi kalian yang ingin mencoba peruntungan berkarir di Bali. Yang terpenting adalah kalian memiliki skill yang mungkin tidak dimiliki oleh para pencari kerja lain, sehingga hal tersebut menjadi nilai plus untuk diterima menjadi kandidat karyawan di sebuah perusahaan.

Semoga bermanfaat.


Referensi :

https://kumparan.com/kumparanbisnis/sulitnya-sarjana-cari-kerja-lulusan-banyak-tapi-loker-terbatas-1zWEl4LDhwD
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Mencari Lowongan Kerja Lulusan SMA di Bali"