Penyebab Bau Mulut, Wajib Dihindari Agar Tetap Percaya Diri

 

Penampilan seolah menjadi hal utama seseorang ketika berbaur di masyarakat. Sebisa mungkin seseorang akan memperlihatkan kondisi terbaiknya ketika bertemu orang lain. Sebut saja dari segi busana, aksesoris, bentuk rambut sampai kebersihan rongga mulut.

Setiap bertemu dengan orang lain tentu setidaknya kita akan melakukan komunikasi dengan berbicara kepada lawan bicara. Nah, kebersihan rongga mulut yang terjaga tentunya akan menimbulkan rasa nayaman ketika berbicara dengan orang lain.

Bagaimaa rasanya dijauhi oleh teman di kantor atau kuliah jika kita menderita gangguan bau mulut. Tentu tidak nyaman rasanya, dijauhi teman hanya gara-gara bau mulut. Biasanya saya pribadi akan melakukan hal berikut untuk menjaga agar jangan sampai terkena bau mulut:
  • Menggosok gigi secara teratur
Menggosok gigi 2 kali setiap hari di saat mandi tentu efektif dalam mengangkat sisa-sisa kotoran makanan yang menempel di gigi. Tapi jangan lupa untuk menggosok gigi di waktu malam hari ketika hendak tidur. Hal ini tentu saja bertujuan agar tidak ada sisa makanan yang menumpuk selama kurang lebih 8 jam kiita tidur.

Sebenarnya akan lebih bagus lagi jika kita menggosok gigi setiap kali selesai makan, namun tentu saja akan sedikit mempersulit diri manakala kita sedang tidak berada di rumah. Tidak mungkin kita selalu menyediakan sikat gigi di dalam tas. Lebih baik kita lakukan rutinitas menggosok gigi 2 kali setiap mandi dan satu kali sebelum tidur di malam hari.
  • Menggunakan mouthwash
Mouthwash sendiri sebaiknya tidak digunakan sesering mungkin karena dapat mengganggu bakteri baik di dalam mulut itu sendiri. Tentu kita tidak mau donk ketika bakteri di dalam mulut terganggu, sehingga dapat menimbulkan penyakit baru di mulut yaitu jamur.

Oleh sebab itu gunakan mouthwash apabila benar-benar diperlukan saja, seperti ketika merasa nafas sudah tidak segar lagi sementara kita harus melakukan aktivitas seperti meeting misalnya yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang.
  • Pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
Walau tidak sedang memiliki masalah dengan mulut dan gigi, namun alangkah baiknya apabila kita rutin memeriksakan gigi ke ahlinya yaitu dalam hal ini adalah dokter gigi. Meskipun kita rajin menggosok gigi namun bukan berarti masalah kesehatan gigi dan mulut tidak akan ada. 

Gigi yang berlubang dapat juga menyebabkan bau mulut sehingga solusinya adalah pergi ke dokter gigi untuk dilakukan penambalan. Atau jika sudah akut, maka dokter gigi lebih menyarankan untuk mencabut gigi tersebut.

Penyebab Bau Mulut yang Wajib Diwaspadai

Ternyata ada banyak faktor penyebab bau mulut dan itu bukan hanya sekadar masalah kesehatan belaka. Ketika Anda datang ke dokter gigi dan ternyata kesehatan gigi baik-baik saja, maka bisa jadi ada faktor lainnya yang menyebabkan bau mulut dimana menjadikan diri tak nyaman ketika sedang berkumpul dengan teman-teman.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab bau mulut diantaranya:

1. Kebersihan Lidah yang Tak Terjaga

Ternyata bukan hanya gigi saja yang wajib disikat setiap harinya demi kebersihan dan nafas yang segar. Lidah yang merupakan bagian dari rongga mulut juga berperan dalam menciptakan nafas yang segar dan wangi.

Apabila lidah tidak bersih maka kemungkinan bau mulut pun juga bisa terjadi. Hal ini dikarenakan lidah dapat menjadi tempat berkumpulnya sisa makanan berukuran mikro. Seringnya tidak disadari oleh manusia bahwa lidah dan gigi sama pentingnya untuk dijaga kebersihannya.

2. Kekurangan Cairan atau Dehidrasi

Kekurangan cairan atau yang biasa disebut dehidrasi ternyata merupakan salah satu faktor penyebab bau mulut. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk minum air putih minimal 2 liter setiap harinya.

Apabila kalian terkena dehidrasi maka secara otomatis produksi air liur juga mengalami penurunan atau berkurang drastis. Mulut yang kering akan mempermudah bakteri muncul di rongga mulut. Akibatnya bakteri menghasilkan gas sulfur sehingga menyebabkan bau mulut. Oleh karen itu, yuk kita rajin minum air putih agar air liur tidak mengalami penurunan jumlah.

3. Rokok

Tahu sendiri donk, benda yang terbuat dari nikotin ini sangat berbahaya bagi paru-paru manusia. Dan ternyata rokok pun berbahaya bagi bau mulut manusia lho. Kandungan tar di dalam rokok dapat membuat gigi berwarna kuning dan akibatnya tentu saja membuat nafas menjadi berbau. 

Demikian beberapa faktor yang dapat menyebabkan bau mulut, baik itu pada perempuan maupun laki-laki. Jadi jangan tunda


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

12 komentar untuk "Penyebab Bau Mulut, Wajib Dihindari Agar Tetap Percaya Diri"

  1. Bau mulut i ama bau badan ini masalah hidup yang harus diselesaikan dan sangat mengganggu. Jadi emang kudu care dengan kebersihan diri dan harus tahu cara menghindari dan menyelesaikannya kalau kejadian ya

    BalasHapus
  2. Memang tidak bisa diabaikan, nij. Apalagi bau mulut juga bisa jadi penanda badan lagi nggak sehat. Biasanya sariawan atau sakit di pencernaan.

    BalasHapus
  3. Bau mulut dan bau badan, kedua permasalahan ini bikin kita jadi nggak PD, so penting banged emang untuk jaga kesehatan, thanks Kak sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  4. Pernah insecure banget soal bau mulut, ternyata karena ada lubang di gigi huhu

    BalasHapus
  5. Kita emang harus memperhatikan banget masalah kesehatan mulut ya supaya gak ada bau tak sedap tercium saat berbicara sma orang .sebisa mungkin menghindari penyebab bau mulut

    BalasHapus
  6. Baru tau kalo kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa membuat bau mulut. 😰

    BalasHapus
  7. Bau mulut ternyata bisa jadi indikasi ada hal yang salah dengan tubuh ya, jadi kalau udah menjaga kebersihan tapi ternyata masih bau mulut harus dicek ya

    BalasHapus
  8. Kontrol 6 bulan sekali ke dokter ini ternyata bisa ditanggung BPJS juga ya kak? Jadinya bisa nih menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan baik

    BalasHapus
  9. Wah, makasih banyak ka untuk sharing infonya. Aku juga rajin scallig untuk cegah bau mulut nih.

    BalasHapus
  10. Bau badan yang menyiksa banget kalo misalkan naik kereta atau mrt, udah AC terus baunya menyengat bikin mual aq. Kalo bau mulut masih bisa diatasi dengan tutup pake masker kalo bau badan kadang masih kecium 😭

    BalasHapus
  11. Nahan laper juga bikin bau mulut sih menurut ku😆

    BalasHapus
  12. Bener banget bau mulut biasanya ada yg ga beres di badan. Bisa juga karena penyakit gerd. Penting untuk diketahui penyebabnya agar bisa dicari solusi yg tepat

    BalasHapus