Tips Memilih Obat Demam Untuk Anak

 
Obat Demam
Credit Photo: Pixabay



Hati orang tua mana yang tidak sedih manakala buah hati tercinta tergolek lemas karena sakit demam. Apalagi buah hati Anda masih tergolong anak-anak sehingga ketika sakit, maka hilang keceriaan pada wajah mereka untuk beberapa saat. 

Sebagai orang tua sih kita inginnya anak selalu bisa ceria dan melakukan aktivitas apapun yang mereka sukai. Apalagi masa kanak-kanak merupakan masa bermain bagi buah hati dan tentu saja mengeksplor berbagai hal asal tidak membahayakan diri mereka.

Namun kita tidak pernah tahu kapan sakit akan menyerang buah hati khususnya anak kecil. Pada umunya ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang anak bisa dengan mudah terserang demam, diantaranya:
  • Sistem kekebalan tubuh anak yang sedang menurun
  • Terjadi infeksi di dalam tubuh yang menyebabkan anak terkena demam
  • Tanpa sengaja masuk bakteri ke dalam tubuh salah satunya dikarenakan adanya makanan tak higienis yang tidak sengaja dikonsumsi.
Kalau sudah demam begini tentu yang bisa dilakukan orangtua adalah memberi obat terbaik demi kesembuhan buah hati. Obat demam memang sebaiknya menjadi salah satu persediaan obat yang paling penting di rumah. Hal ini untuk megantisipasi apabila anak mendadak sakit khususnya demam. Akan tetapi masalahnya jangan sampai kita salah dalam memberikan obat demam untuk anak. Hal ini dikarenakan apabila anak tidak cocok mengonsumsi obat demam, maka bisa mengakibatkan efek jangka panjang yang tidak baik terhadap fungsi kognitif pada anak. 

Dampak lainnya apabila memberikan obat demam yang tidak tepat adalah anak bisa mengalami keracunan obat yang ditandai dengan mual, muntah bahkan sakit pada perut bagian atas.

Cara Efektif Memilih Obat Demam Untuk Anak

Orang tua hanya ingin yang terbaik apabila anak sakit yaitu kesembuhan buah hati. Jangan langsung mengambil keputusan apabila anak terserang demam dengan memberikan mereka obat yang tak tahu kandungan di dalamya. Berikut tips memlih obat demam untuk anak:

1. Konsultasikan ke dokter anak

Biasanya ketika memiliki buah hati masih usia di bawah 10 tahun, kita memiliki dokter anak yang menjadi rujukan apabila anak sakit. Anak sakit biasanya langsung kita bawa ke dokter anak langganan.

Ada baiknya ketika hendak ingin menyetok persediaan obat untuk anak, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak yang biasa memeriksa buah hati kita. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai kita salah dalam memilih obat batuk yang dampaknya bisa berbahaya untuk anak. 

2. Cari tahu kandungan yang terdapat di dalam obat demam

Di zaman yang sudah semakin canggih seperti sekarang, rasanya mencari informasi kandungan bahan aktif di dalam obat demam anak sudah tidak sulit lagi. Kita bisa mencarinya secara online.

Kandugan paracetamol diyakini ampuh dan efektif menurunkan demam buah hati Anda. Tentunya dengan pemakaian yang sesuai dosis agar tidak membahayakan anak di kemudian hari. 

3. Pilih rasa obat yang disukai anak

Rasa obat yang cenderung pahit umumnya tidak disukai anak ketika harus mengonsumsinya. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk tahu kebiasaan anak apakah mereka tahan dengan rasa pahit obat, atau bisa diganti alternatif memilih obat terdiri dari varian rasa yang enak sehingga anak lupa kalau dia sedang minum obat.

4. Pilih obat demam yang telah memiliki legalitas

Masih ingatkah kalian dengan salah satu obat dari negara tertentu yang ternyata berbahaya apabila dikonsumsi untuk anak. Tentu sebagai orang tua, kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada buah hati sehingga harus berhati-hati memilih obat demam anak.

Pilihlah obat demam dari pabrikan yang sudah terpercaya dan pastinya memiliki legalitas yang resmi dari BPOM. 

Dari berbagai obat demam yang beredar di pasaran, Biogesic merupakan obat demam yang saya rekomendasikan untuk Anda yang memiliki buah hati. Bagi Anda yang memiliki anak usia3 sampai 10 tahun, maka Biogesic anak sangat cocok dikonsumsi apabila sedang demam. 

Rasa jeruk pada Biogesic anak tentu akan menjauhkan anak dari ketakutan akan rasa pahit yang selama ini diyakini ketika minum obat.

Penutup

Jangan sepelekan jika anak Anda mengalami demam. Segera berikan obat demam terbaik agar panas di tubuh anak segera turun. Jangan salah pilih obat demam karena dampaknya bisa membahayakan anak untuk jangka waktu yang cukup lama.

Semoga bermanfaat.
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Obat Demam Untuk Anak"