Dimana Dapat Mengetahui Cara Hitung Denda Pajak Motor Telat 1 Hari

Cara Hitung Denda Pajak Motor Telat 1 Hari
Credit Photo: Pixabay


Sebagai seorang warga negara Indonesia yang baik, tentu saja kita harus rutin membayar pajak ke negara. Pajak yang harus kita bayarkan itu berdasarkan barang-barang yang dimiliki, misalnya saja Pajak Bumi dan Bangunan untuk rumah yang dimiliki, serta pajak kendaraan bermotor atas mobil atau sepeda motor yang kita punya.

Saya dan suami memiliki satu unit sepeda motor yang digunakan untuk transportasi suami ketika bekerja. Sementara saya cukup mengandalkan antar jemput menggunakan motor tersebut.

Suami sangat tepat waktu dalam membayar pajak sepeda motor, sehingga setiap tahunnya kami tidak pernah terlambat satu hari pun. Malah kami berusaha untuk membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Kebetulan kami memasang alarm di smartphone agar tak lupa kapan waktunya membayar payak.

Saya menghimbau kepada kalian yang memiliki kendaraan bermotor, agar jangan sampai telat dalam membayar pajak karena akan dikenakan denda. Denda pajak motor telat 1 hari juga ada perhitungannya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun besaran denda pajak motor yang ditetapkan tergantung dari daerah masing-masing, oleh sebab itu kalian sebagai pemilik kendaraan bermotor penting untuk mencari tahu besaran denda pajak motor 1 hari di daerah masing-masing.

Bagi kalian yang sudah telanjur lupa membayar pajak motor dan bingung harus menyediakan dana berapa untuk membayar denda, berikut saya akan memberikan informasi dimana saja dapat mengetahui cara menghitung denda pajak motor telat 1 hari.

Aplikasi Untuk Menghitung Denda Pajak Motor Telat 1 Hari

Tidak perlu khawatir apabila kalian harus membayar denda keterlambatan karena lupa membayar pajak motor. Kalian bisa cek berapa denda yang harus dibayarkan di aplikasi berikut:

1. Aplikasi Cek Pajak

Kalian bisa mengunduh aplikasi cek pajak melalui Playstore dan juga iOS yang ada di smartphone. Pastikan kalian sudah memiliki data lengkap dari kendaraan yang terlambat membayar pajak tersebut.

Hal ini dikarenakan ketika ingin menghitung denda pajak motor melalui aplikasi Cek Pajak, kalian harus memasukkan nomor identitas kendaraan seperti nomor plat motor dan nomor rangka.

Aplikasi Cek Pajak memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya, yaitu terdapat fitur pengingat atau reminder kapan waktunya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. 

2. Situs e-Samsat

Situs e-Samsat dapat dikunjungi sesuai dengan wilayah tempat tinggal masing-masing. Sama halnya dengan aplikasi Cek Pajak, kalian harus memasukkan data kendaraan apabila ingin menghitung jumlah denda pajak motor telat 1 hari. 

Setelah menginput data kendaraan, maka situs e-Samsat akan menghitung secara otomatis besaran denda pajak motor sesuai dengan wilayah domisili Anda.

Dengan mengunjungi aplikasi di atas, maka kalian tak perlu repot datang ke kantor pajak kendaraan bermotor untuk mengetahui besaran jumlah denda yang harus dibayarkan. Zaman sudah semakin canggih dan kita bisa menghitung denda pajak motor telat 1 hari secara online juga bisa.

Ketika ingin membayar denda pajak kendaraan, kalian bisa memilih apakah ingin membayar secara online maupun offline. Tentu saja kedua cara ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Apabila ingin membayar denda pajak secara offline, maka harus datang ke kantor Samsat terdekat dengan lokasi kalian. Jangan lupa membawa berkas kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK, BPKB dan juga KTP asli pemilik kendaraan. Pastikan untuk membawa uang tunai karena biasanya akan diarahkan ke loket pembayaran apabila hendak membayar pajak kendaraan bermotor. Setelah membayar, kalian akan menerima bukti bayar resmi yang dikeluarkan oleh kantor Samsat.

Namun ketika sedang tidak punya waktu datang ke kantor Samsat, kalian juga bisa membayar pajak motor secara online. Masuk ke situs resmi e-Samsat lalu input data kendaraan yang terkenda denda karena keterlambatan membayar pajak.

Setelah cek berapa nilai denda, maka kalian akan disuruh memilih cara pembayaran seperti transfer bank, melalui kartu kredit dan metode lainnya. Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa menyimpan bukti bayar yang akan dikirim melalui email kalian sebagai pengguna akun situs resmi e-Samsat.

Semoga bermanfaat.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Dimana Dapat Mengetahui Cara Hitung Denda Pajak Motor Telat 1 Hari"