Jenis Plafon Rumah yang Wajib Diketahui Untuk Renovasi

 
Credit photo: Freepik

Punya rumah merupakan dambaan setiap manusia. Hal ini dikarenakan dengan memiliki rumah, kita bisa punya tempat untuk berteduh dari hujan, panas dan dari rumah itu juga, kehangatan keluarga dapat tercipta.

Untuk dapat memiliki rumah, tentu saja kita harus bekerja keras agar bisa membelinya. Biasanya memiliki rumah dapat berawal dari membeli tanahnya terlebih dahulu lalu dibangun sebuah hunian, atau langsung sudah jadi dalam bentuk rumah.

Nah, ketika Anda hendak membangun sebuah rumah dari sebidang tanah, tentunya harus mempersiapkan berbagai hal, sebut saja:
  1. Desain rumah yang akan dibangun
  2. Bahan-bahan yang akan digunakan untuk membangun rumah impian
  3. Plafon yang akan digunakan 
Berbicara mengenai plafon, tentu komponen tersebut merupakan hal penting dalam pembangunan sebuah rumah. Plafon merupakan penutup atap sebuah bangunan baik itu rumah maupun gudang atau gedung lainnya. Dengan adanya plafond di atap rumah, maka selain mempercantik rumah itu sendiri tentunya kita akan terlindungi dari kebocoran di genteng rumah.

Plafon sendiri terbuat dari berbagai macam bahan, dimana tentunya diproduksi sesuai kebutuhan pengguna. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberi penjelasan mengenai berbagai macam jenis plafon yang wajib Anda ketahui ketika ingin membangun atau merenovasi rumah.

Jenis Plafon Rumah, Ketahui Agar Tak Salah Beli

Jenis plafon rumah ada banyak yang dijual di pasaran. Namun Anda sebagai pemilik rumah yang lebih mengetahui material terbaik yang dapat digunakan untuk rumah Anda maka setidaknya harus mengetahui berbagai jenis plafond.

Berikut beberapa jenis plafon yang dapat dipasang untuk mempercantik interior rumah:

1. Plafon Tripleks

Apabila Anda memiliki budget yang minim ketika ingin membuat plafond maka plafon tripleks bisa menjadi solusi. Pemasangan yang mudah tidak membuat Anda harus mempekerjakan tukang selama berhari-hari ketika ingin memasang plafond tripleks ini.

Namun perlu diingat bahwa plafond tripleks akan mudah lapuk apabila terkena air dalam waktu yang cukup sering. Hal inilah yang membuat Anda harus mengganti secara berkala apabila plafond triplek sering terkena air.

2. Plafon Kalsiboard

Bahan pembuat plafon kalsiboard terdiri dari semen, silica, pasir, asbes dan juga serat selulosa. Dengan bahan-bahan pembuat yang cukup banyak itulah membuat plafon kalsiboard terbilang cukup kuat dari serangan rayap dan juga jamur. 

3. Plafon Kayu

Harga plafon kayu bisa dibilang cukup mahal, sehingga Anda pun harus menyediakan budget tinggi ketika ingin membuat plafond di rumah. Plafon kayu berasal dari olahan lembaran kayu dengan ukuran kurang lebih 1x9 cm.

Sebaiknya ketika ingin memasang plafon kayu di rumah, pilihlah jenis kayu yang tahan terhadap hama rayap misalnya saja kayu jati, kayu meranti, kayu bengkirai dan juga kayu merbau.

4. Plafon PVC

Bisa dibilang plafon PVC merupakan plafon yang paling kuat dari segi keamanan bahan. Plafon yang terbuat dari polyvinyl chloride ini tahan terhadap air, api dan juga rayap. Plafon PVC juga sangat ringan digunakan. 

5. Plafon Gypsum

Plafon gypsum cukup populer di kalangan masyarakat kita pada umumnya. Selain mudah didapatkan di toko-toko bangunan, jenis plafon ini juga memiliki harga yang lebih ekonomis, sama dengan plafon tripleks.

Kelemahan ketika menggunakan plafon gypsum adalah memiliki daya serap air yang rendah sehingga apabila terkena air terlalu sering maka lebih cepat rusak. 

Karena ada banyak jenis plafon yang dijual di pasaran, maka saya punya tips agar Anda tidak bingung ketika hendak membeli plafond. Berikut tips memilih plafon untuk di rumah:
  • Sesuaikan dengan dana yang dimiliki
  • Pilih plafond dengan warna yang sesuai dengan warna rumah
  • Pilih plafon dari material yang kuat agar lebih awet dan tahan lama
Semoga artikel ini membantu Anda yang kebetulan sedang mencari plafon untuk dipasang di rumah.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Jenis Plafon Rumah yang Wajib Diketahui Untuk Renovasi "