Persiapkan Dana Membeli Apartemen dari Keuntungan Reksadana

prioritas DBS Treasures
Credit Photo: Freepik


Selalu ada yang namanya pertama kali untuk segala sesuatu, seperti misalnya dalam hal membeli properti berupa apartemen. Apabila Anda tertarik untuk membeli sebuah apartemen, ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan mulai dari lokasi hingga rentang budget yang seharusnya dimiliki.

Bicara tentang modal untuk membeli sebuah apartemen, Anda bisa mencoba mempersiapkan dananya dengan melakukan investasi. Saat ini sudah banyak instrument-instrumen investasi yang bisa Anda pilih, termasuk salah satunya investasi Reksadana Saham.

Untuk Anda yang memiliki rencana membeli sebuah apartemen, artikel ini akan mencoba membahas tentang tips-tips yang perlu diaplikasikan agar Anda bisa memiliki apartemen yang nyaman.

Tips Membeli Apartemen

Saat ini lahan untuk permukiman jumlahnya sudah semakin terbatas yang membuat harga tanah juga semakin meningkat. Kondisi tersebut membuat jumlah apartemen semakin banyak dibangun sebagai alternatif dari hunian tapak.

Akibatnya, banyak orang memilih menyewa dan juga membeli apartemen sebagai solusi yang lebih efisien apabila dibandingkan dengan membeli tanah dan membangun rumah.

Bahkan mengutip dari 99.co, ada sekiranya 7 alasan yang membuat orang cenderung memilih untuk tinggal di apartemen dibandingkan rumah tapak termasuk harganya yang lebih terjangkau dan kelengkapan dari fasilitasnya.

Keuntungan Reksadana
Credit Photo: Freepik

Meskipun demikian, sama seperti membeli properti hunian yang lain, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan ketika Anda berniat untuk membeli sebuah apartemen.

Pada poin ini akan dijelaskan terkait tips-tips apa saja yang bisa Anda terapkan saat hendak membeli apartemen.

  • Melakukan Riset Terhadap Lokasi Apartemen
Apabila Anda membeli apartemen untuk dihuni, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terutama dalam aspek lokasinya.

Supaya Anda dapat dengan mudah melakukan kegiatan sehari-hari, pastikan apartemen yang dipilih memiliki akses jalan yang baik. Tidak hanya itu, pastikan juga lokasi apartemen Anda dekat dengan transportasi dan juga fasilitas umum.

  • Memilih Tipe Unit Apartemen yang Tepat
Supaya bisa nyaman dihuni, Anda perlu memilih tipe unit apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Umumnya tipe apartemen terbagi ke dalam beberapa kategori seperti tipe studio, tipe one bedroom, maupun tipe two bedroom.

Dari beberapa macam tipe unit apartemen yang ada tersebut, pastikan Anda memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai referensi, apabila Anda ingin menghuninya bersama keluarga, Anda bisa memilih tipe unit two bedroom, sementara apabila untuk dihuni sendiri, Anda bisa memilih tipe studio atau one bedroom.
  • Mengecek Fasilitas
Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda mengecek kembali tiap-tiap fasilitas yang ditawarkan dari apartemen tersebut.

Apabila sebelumnya Anda memiliki beberapa pilihan apartemen, Anda bisa membandingkan tiap-tiap fasilitas tersebut dan memilih jenis apartemen yang menawarkan fasilitas paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Mencari Tahu Pajak dan Biaya Lain
Umumnya, saat membeli apartemen Anda tidak hanya akan dibebankan biaya pokoknya saja melainkan Anda juga harus mempersiapkan adanya biaya lain seperti pajak maupun iuran.
Anda perlu mencari tahu macam-macam biaya apa saja yang sekiranya perlu dikeluarkan, seperti biaya air, parkir, keamanan, hingga biaya perawatan. Dengan mengetahui rincian biaya yang perlu dibayarkan, Anda jadi bisa mempersiapkan dananya dengan lebih matang.

  • Memilih Sesuai Budget
Tipe penting berikutnya apabila Anda ingin membeli sebuah apartemen, yaitu Anda perlu memilih apartemen yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Beberapa faktor yang umumnya mempengaruhi besaran harga dari sebuah apartemen ialah tipe unit yang dipilih, fasilitas, dan lokasi apartemennya.

Semakin lengkap fasilitas dan semakin strategis lokasi dari apartemen, maka Anda bisa mengekspektasikan harga apartemen yang juga tinggi dan begitu pula sebaliknya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana apabila Anda ingin membeli sebuah apartemen yaitu dengan mencoba berinvestasi Reksadana Saham.
  • Mempertimbangkan Ulasan
Sama seperti ketika membeli barang pada umumnya, saat Anda hendak membeli apartemen, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan ulasan dari para penghuni apartemen lainnya.
Umumnya, Anda bisa melihat ulasan-ulasan secara online yang bisa dilihat di internet. Dengan memperhatikan ulasan tersebut, Anda jadi bisa menilai kredibilitas dan rekam jejak developer apartemen.
  • Memastikan Legalitas
Saat hendak membeli apartemen, Anda juga perlu memastikan sisi legalitas dari apartemen tersebut. Periksalah dokumen dan surat penting mulai dari IMB, sertifikat apartemen seperti Sertifikat Hak Kepemilikan Rumah Susun (SHKRS), PBB, hingga Akta Jual Beli.

Menggunakan Jasa Agen Properti

Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan jasa agen properti untuk membantu Anda dalam proses pembelian apartemen. Tidak hanya itu dengan menggunakan bantuan agen properti Anda jadi tidak perlu repot-repot mengurus pembelian apartemen secara mandiri.
Namun apabila Anda memutuskan untuk menggunakan jasa agen properti, pastikan Anda memilih agen properti yang terpercaya dan sudah terbukti rekam jejaknya.

Miliki Apartemen dengan Keuntungan Reksadana

Melakukan investasi, seperti misalnya dengan instrumen Reksadana jenis Saham dapat dipilih sebagai langkah yang tepat untuk mewujudkan memiliki sebuah apartemen. Dikatakan demikian karena manfaat Reksadana Saham yang cenderung menawarkan return besar, dapat digunakan untuk membeli unit apartemen yang diimpikan.

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi Reksadana dengan aset Saham, Anda bisa melakukannya bersama mitra perbankan prioritas DBS Treasures. Pengelolaan investasi dilakukan Manajer Investasi terkemuka, sehingga kinerja produk semakin optimal. Risiko dapat diminimalisir karena diversifikasi distribusi dana dilakukan ke berbagai jenis aset investasi lainnya.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.
Bagi Anda yang ingin memahami lebih lanjut terkait investasi Reksadana Saham bersama perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa langsung klik di sini.



Referensi

https://www.bca.co.id/id/informasi/Edukatips/2023/03/02/04/05/5-tips-membeli-apartemen-bagi-calon-pembeli-pemula 

https://www.99.co/id/panduan/tips-membeli-apartemen/ 

https://www.fortuneidn.com/business/eko-wahyudi/10-tip-membeli-apartemen-bagi-pemula-agar-tidak-kecewa?page=all 


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Persiapkan Dana Membeli Apartemen dari Keuntungan Reksadana"