Investasi Obligasi Kini Semakin Mudah di Ajaib, Dapet Profit Sambil Bantu Negara!

Investasi Obligasi Kini Semakin Mudah di Ajaib

Apakah kamu tipe investor yang hanya berinvestasi pada 1 instrumen saja? Sebenarnya ini tidak disarankan, istilahnya “don’t put all your eggs in one basket”. Sebaiknya kamu melakukan diversifikasi ke berbagai instrumen lainnya. Nah, ada satu produk investasi yang menarik banget di tahun 2024 ini karena diprediksi akan naik. Instrumen itu adalah Obligasi atau Bond.

Jadi, suku bunga (interest rate) di tahun ini diprediksi akan mengalami penurunan. Dan biasanya, instrumen investasi yang memiliki keterkaitan dengan suku bunga adalah Obligasi. Di mana saat suku bunga turun, maka harga obligasi diprediksi akan naik. 

Momentum ini perlu dimanfaatkan oleh investor untuk mengamankan profit, yaitu dengan melakukan akumulasi pada instrumen obligasi negara FR yang memberikan kupon tetap (fixed rate).

Mungkin ada yang masih belum begitu paham dengan obligasi FR ini yah. Baik, mari coba kita bahas sedikit. 

Obligasi Negara FR (Fixed Rate) atau yang dikenal dengan Obligasi FR merupakan surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam jangka waktu tertentu yang menawarkan kupon tetap (fixed rate). Jenis obligasi ini dijamin oleh negara sehingga investasi pada Obligasi FR memiliki risiko yang rendah, jadi instrumen ini tuh aman banget!

Selain aman, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan pasti dari kupon yang dibayarkan per 6 bulan sekali. Jadi meskipun kondisi ekonomi naik turun, kamu tetap bisa tetap mendapatkan penghasilan dari kupon obligasi FR kamu. Enak banget kan?!

Selain dari kupon, kamu juga bisa loh mendapatkan capital gain dari obligasi FR ini, karena kamu bisa memperjual-belikannya di pasar sekunder. Kalau harganya lagi naik atau lebih tinggi dibanding harga saat kamu beli, bisa deh dijual. Cuan lagi. Makanya Obligasi FR ini tuh cocok untuk semua tipe investor, baik jangka panjang, menengah, atau jangka pendek bahkan trader sekalipun.

Dan yang menarik lagi, berinvestasi di Obligasi FR ini gak hanya melulu soal cuan, tapi kamu juga ikut berkontribusi membangun negeri loh. Karena dana yang terkumpul dari Obligasi FR ini dipergunakan oleh pemerintah untuk merealisasikan proyek-proyek pembangunan, mulai dari ekonomi, infrastruktur, dan lainnya. Ini yang disebut aksi nyata untuk negara!

Lalu, bisa beli obligasi FR di mana?

Beli Obligasi Bond di Ajaib kapan saja

Tenang, karena sekarang kamu bisa beli obligasi FR ini dengan mudah di aplikasi Ajaib! Kamu bisa diversifikasi portofolio secara lengkap di berbagai produk mulai dari saham, reksa dana hingga sekarang Obligasi hanya dari 1 aplikasi Ajaib. Gak heran kalau Ajaib itu jadi Pilihan #1 Investor Indonesia.

Kamu bisa beli Bond di Ajaib kapan saja, setiap hari 24 jam. Prosesnya juga mudah dan praktis karena semuanya online, cukup dari aplikasi aja. Kamu bisa beli obligasi FR dengan kupon 8,375% atau seri lainnya dengan kupon yang berbeda-beda. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Bagaimana Cara Menentukan Obligasi FR yang Sesuai Sama Profil risiko kita?

Serunya di Ajaib, semua informasi terkait performa obligasi setiap serinya sudah tersedia. Di Ajaib terdapat grafik informasi yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat obligasi mana yang memiliki performa bagus untuk portofolio kamu.

Setidaknya, kamu perlu memahami 3 indikator ini:

Performa

Di aplikasi Ajaib akan tersedia grafik dimana menggambarkan performa obligasi yang dihitung berdasarkan pergerakan harga dan akumulasi kupon obligasi yang dihitung setiap hari. 

Jadi kamu dapat melihat obligasi mana yang memiliki performa yang baik, dan juga sebaliknya. Kamu bisa menjadikan grafik performa ini sebagai acuan untuk investasi jangka pendek.

Coupon

Kupon merupakan pembayaran bunga tahunan yang diberikan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. 

Ibaratnya kupon seperti rewards bagi kita yang telah memberikan pinjaman. Sebagai contoh, ketika kita memiliki obligasi dengan nilai $1,000 dengan kupon 5%, maka pemegang obligasi akan menerima $50 setiap tahun sebagai pembayaran kupon. 

Kupon di obligasi itu nilainya lebih tinggi daripada bunga deposito bank pada umumnya. Gimana? Tentu kalian lebih tertarik donk melakukan investasi obligasi ini. Perhitungan kupon ini bisa dijadikan acuan untuk kamu dengan tipe investor jangka menengah.

Yield to Maturity

Yield to Maturity (YTM) adalah perhitungan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor jika obligasi tersebut dipegang sampai jatuh tempo. Kamu perlu memahami perhitungan yield to maturity ini jika akan memegang obligasi tersebut hingga jatuh tempo.

YTM meliputi pembayaran kupon tahunan, dimana dapat memberikan gambaran lengkap tentang potensi keuntungan atau kerugian yang dapat diperoleh oleh pemegang obligasi. 

Penutup

Menurut saya instrumen obligasi FR ini aman banget karena dijamin negara, bisa dapet pendapatan pasti pula. Poin plusnya, kita bisa ikut bantu pembangunan negara. Yuk, sama-sama kita selesaikan #misiinvestasi bersama Ajaib Bond. Manfaatkan momentum ini untuk diversifikasi portofolio di obligasi.

Buat kamu pengguna baru, jangan lupa gunakan kode Ajaib maridt7f saat registrasi di Ajaib ya. Biar kita sama-sama dapat hadiah 1 lot saham. 



Referensi:

https://ajaib.co.id/category/obligasi/ 

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

39 komentar untuk "Investasi Obligasi Kini Semakin Mudah di Ajaib, Dapet Profit Sambil Bantu Negara!"

  1. Kayanya mesti banyak belajar nih akunya. Sebelumnya udah coba mau mulai, tapi tersangkut pengetahuan yang belum seberapa ini. Takut sia-sia. Tapi setelah baca ini kayanya agak sedikti tercerahkan. Terima kasih infonya, Kak :)

    BalasHapus
  2. kayaknya emang harus mencoba produk yang satu ini dah biar ada opsi pendapatan dari sumber lainnya, bismilah moga disegerakan aja

    BalasHapus
  3. Ternyata ada yang fix rate ya. Kalau buat investor tentu saja menarik banget tu, soal fix rate. Sepertinya lebih aman ya?

    BalasHapus
  4. Jenis investasi ini masih jauh dari jangkauanku sih. Walau tak melulu soal uang, tapi tentu perlu pertimbangan matang.

    BalasHapus
  5. Saya setuju banget nih dengan kutipan di atas kalo sebaiknya kita tidak berinvestasi di satu tempat saja alias dont put all your eggs in a basket. Tuk aplikasi Ajaib saya pernah denger, tapi jujur tuk investasi obligasi saya masih kurang paham nih, kayaknya harus cari info sebanyak2nya dulu.

    BalasHapus
  6. Mbaa... aku sampe saat ini belum bisa memahami cara kerja obligasi. Ada rasa pingin jadi investor, tapi pingin aja kan ngga cukup ya. Harus bener-bener paham supaya ngga zonk yaaa

    BalasHapus
  7. Makin lengkap aja ya instrumen investasi yang tersedia di aplikasi Ajaib. Ingat dulu pertama kali kenal ajaib pas mulai beli satu demi satu lot saham, beli padahal belum belajar banyak, akhirnya sering panikan jual rendah. Hahaha. Dulu mikirnya ya udah, investasi saham aja, pas ada teman nawarin instrumen lain, saya nolak. Terus ya disampaikan quote don’t put all your eggs in one basket itu..

    Sering dengar tentang obligasi ini, bener sih yaa..jadinya kita ya turut berpartisipasi dalam pembangunan negara, karena peruntukannya ya memang untuk itu.

    BalasHapus
  8. Menarik nih investasi obligasi nih, ternyata bisa diaplikasi Ajaib ya. Kudu ngumpulin modal agar gak mengganggu kebutuhan yang lain nih, sudah lama penasaran soalnya, info artikelnya semakin yakin untuk mencoba investasi.

    BalasHapus
  9. kalau ada jaminan negera seperti itu bikin nyaman sih ya buat memulai Obligasi FR ini.
    Sepertinya boleh juga buat menjadi instrumen keuangan jaman now, biar peluang dan kestabilan financial kita itu terus terjaga

    BalasHapus
  10. Dapat pencerahan tentang investasi obligasi. Teruma kasih sharingnya mbak, ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Aku termasuk yang masih buta mengenai informasi obligasi FR kak. Jadi banyak tau setelah baca postingan ini. Kunci utama investasi berhasil adalah ilmu untuk menggali baik buruknya investasi udh kita kuasai

    BalasHapus
  12. udah lama nih pingin coba investasi obligasi
    karena bisa berkontribusi langsung dalam pembangunan negara
    ternyata mudah ya? Bisa melalui Ajaib
    Coba ah

    BalasHapus
  13. Oh dengan menggunakan aplikasi AJAIB, kita uda bisa memulai belajar investasi obligasi FR yaa..
    Mau banget kalau bisa jadi passive income yang bisa diandalkan.

    BalasHapus
  14. Benar sekali “don’t put all your eggs in one basket”. jadi kalau keranjang jatuh, maka tidak semua telur pecah. Makanya sangat dianjurkan mempunyai beberapa investasi, termasuk obligasi yang sangat aman, karena merupakan surat utang negara.

    BalasHapus
  15. Kebetulan kemarin aku dan pak suami sempat diskusi rencana investasi di tahun ini. Mungkin kali ini kami bisa coba instrumen obligasi ya, semoga cuan hihi

    BalasHapus
  16. Gak banyak ilmu tentang obligasi dan baru tentang ajaib. Pendapat jangan taruh investasi di satu tempat yg sama, setuju banget. Buat masa depan emang perlu banget dipikirkan matang2.. Klo pake aplikasi jadi bisa terbantu ya performa naik turunnya

    BalasHapus
  17. Wah ini keren sih Kak kalau ngambil investasi jenis Obligasi Negara FR ya, Soalnya kita jadi turut dalam pembangunan negara. Kayaknya Saya tertarik buat nyobain investasi ini di platform Ajaib deh.

    BalasHapus
  18. Entah kenapa dari dulu Teddy probadi masih belum ngeh dengan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Investasi, termasuk obligasi ini. Walau Kakak telah memaparkan dengan jelas, masih agak bingung tentang ini.

    Namun, obligasi yang Teddy baca dalam artikel ini membuat Teddy tertarik untuk melihat dan membaca lebih jauh soal Obligasi ini. Apalagi dikatakan bahwa kita juga ikut membangun negara, keren banget dong.

    Terima Kasih ilmunya ya Kak.

    BalasHapus
  19. Wah makasih informasinya, selama ini aku selalu ragu dengan investasi seperti obligasi. Setelah baca artikel ini jadi yakin apalagi dengan sistem fix rate nya, pasti aman ya.. Harus segera download aplikasi Ajaib nih..

    BalasHapus
  20. Menarik nih, Obligasi FR juga bisa milih jangka waktunya ya bisa pendek, menengah dan panjang.
    Platform Ajaib bisa jadi pilihan yang terpercaya buat inves, mayan tabungan masa depan. Udah pasti aman no tipu2 deh.

    BalasHapus
  21. aku belum terlalu paham nih soal obligasi tapi menyenangkan kalo investasi obligasi kaya gini ternyata bisa menjadi pasif income ya

    BalasHapus
  22. Niat mau investasi tapi terbentur pengetahuan.Artikel ini lumayan bikin tercerahkan plgi ttg obligasi. Baca lagi ahhh..biar mudeng

    BalasHapus
  23. Invesyasi Oblogasi RI ini bagus ya kak selain untuk menambah aset pribadi di masa depan juga bisa jadi sarana membantu negara

    BalasHapus
  24. Wahhh jadi lebih mudah yaa mau investasi obligasi, tinggal download aplikasi lewat hp aja

    BalasHapus
  25. Investasi sekarang banyak pilihan dan cara ya, jadi bisa pilih sesuai yang cocok
    Kalo investasi obligasi cocok buat yang ingin punya pasif income

    BalasHapus
  26. Instrumen investasi yang masih baru saya ketahui, karena pada umumnya hanya saham yang sudah dikenal. Bagusnya bisa bantu negara, kapan lagi kita bisa bersumbangsih seperti ini kalo bukan di platform ajaib. Bravo..

    BalasHapus
  27. Bagi pemula tentu harus banyak belajar, ya. Selain paham juga harus jeli dan bijak. Aplikasi terpercaya dan mentor pastinya akan sangat membantu.

    BalasHapus
  28. Wah semakin mudah nih untuk investasi, kebetulan saya lagi belajar tentang obligasi dan investasi lainnya, jadi nambah referensi lagi

    BalasHapus
  29. masih perlu banyak belajar nih soal investasi, terutama yang obligasi. Thanks kak penjelasannya mudah dipahamii

    BalasHapus
  30. Hmmm... menarik. Bisa buat pasif income ya mbaa ini. Kayaknya aku mesti pelajari lebih lanjut deh biar lebih paham.

    BalasHapus
  31. Wah mesti belajar serius nih. Aku harus baca pelan-pelan biar beneran paham. Agak lemot memang mencerna kalau bahan investasi yang ini, tapi ya penasaran pengen coba. Khan asyik juga kalau bisa dijadikan pasive income ya

    BalasHapus
  32. Memang katanya hanya berinvestasi pada 1 instrumen saja tidak disarankan, ya. Invetasi obligasi ini bisa jadi alternative investasi juga. Sepertinya harus banyak belajar dulu tentang obligasi

    BalasHapus
  33. Di aplikasi Ajaib saya baru nanam saham sama reksadana, kalau obligasi belum berani karena gk bener bener paham

    BalasHapus
  34. Ilmu tentang investasi ini memang penting banget sih, Mba. Apalagi dengan cara investasi setidaknya kita bisa meminimalisir kebutuhan dana mendadak satu waktu nanti.

    BalasHapus
  35. Terima kasih infonya mbak, sering ditawarin juga di aplikasi yang aku punya tapi aku masih suka bingung gimana belinya. Hihihi nasionalis sekali sekalian bantu negara ya kalau beli obligasi FR ini :D
    Aku belum pernah nih nyoba Ajaib, kapan2 mau coba juga ah biar gak nyimpen telur di satu tempat TFS :D

    BalasHapus
  36. Enggak heran Ajaib jadi pilihan nomor 1 investor di Indonesia, karena proses investasi obligasi di sini mudah dan praktis karena semuanya online, cukup dari aplikasi aja.

    BalasHapus
  37. Kalau untuk instrumen investasi obligasi FR ini aku ga punya krn aku masi memilih SR sama ST tapi aku pakai ajaib juga untuk transaksi saham

    BalasHapus
  38. investasi obligasi, sepertinya saya masih harus belajar banyak akan hal ini. Aplikasi Ajaib saya rasa akan sangat membantu.

    BalasHapus
  39. Ternyata ada beberapa instrumen untuk investasi obligasi FR ini aku sendiri baru tahu dan tentunya menambah informasi aku tentang investasi

    BalasHapus