Jangan Gegabah Ketika Melakukan Jual Beli Mobil Bekas, Perhatikan Hal Berikut

 
Jangan Gegabah Ketika Melakukan Jual Beli Mobil Bekas
Credit Photo: Pixabay


Setiap orang pastinya ingin merasakan nyaman dalam melakukan perjalanan. Tentu dengan naik kendaraan roda empat, kita akan terbebas dari teriknya panas matahari dan hujan. Walaupun akan mengalami kemacetan dalam mengendarai kendaraan roda empat alias mobil tapi rasa nyaman tetap akan dirasa ketika berada di dalamnya.

Namun tentu saja tidak semua orang diberi rejeki berlebih untuk membeli mobil baru, sehingga solusinya adalah dengan membeli mobil second atau bekas. Bagi saya hal itu tidak masalah, selama mobil yang dibeli masih bisa menyala dan dapat dipakai untuk melakukan perjalanan. Percuma saja jika membeli mobil bekas keluaran terbaru tapi mesinnya sering mogok.

Oleh karena itu ketika melakukan jual beli mobil bekas, sebaiknya kita harus jeli dan tidak mudah terbujuk rayu dengan iklan-iklan yang berseliweran di internet misalnya. 

Saat ini teknologi semakin canggih dan berbagai informasi dengan mudahnya dapat kita cari. Salah satunya ketika hendak membeli mobil bekas. Kiita bisa mencari di situs yang ada di internet, media sosial bahkan informasi dari mulut ke mulut saja.

Tips Melakukan Jual Beli Mobil Bekas

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas sesuai dengan ekspektasi, bisa mengikuti tips sederhana dari saya:
  • Cek Kondisi Fisik Mesin Mobil
Ketika Anda melihat iklan jual beli mobil bekas, tentu saja pertama kali tergoda dengan harga yang ditawarkan. Saran saya adalah datang ke lokasi penjualan mobil bekas tersebut lalu periksa kondisi fisik dari mobil yang ditawarkan.

Apabila mesin mobil berfungsi dengan sempurna, maka Anda bisa memutuskan apakah akan membelinya atau sambil mencari perbandingan mobil bekas lainnya. Sebisa mungkin kita tidak berpatok pada satu mobil saja, tapi lakukan perbandingan sebelum benar-benar memutuskan membeli
  • Cek Kelengkapan Surat Mobil
Setelah dilakukan pengecekan pada mesin mobil dan hasilnya bagus, sekarang giliran kelengkapan surat mobil yang harus Anda cek. Tentu saja kita ingin membeli mobil secara resmi karena nantinya kendaraan itu akan menjadi miliki kita.

Cari tahu siapa pemilik mobil bekas tersebut, tahun berapa pajak yang harus dibayarkan serta kelengkapan BPKB-nya. Biasanya kalau belum dipindah nama, kita harus menggunakan KTP dari pemilik terdahulu untuk membayar pajar.
  • Sesuaikan Dengan Harga Beli Mobil di Pasaran
Tentu ketika melihat iklan jual beli mobil bekas, kita akan tergiur apabila harga yang ditawarkan di bawah harga pasaran. Kita tidak boleh gegabah, karena harga murah terkadang cenderung menipu.

Misalnya saja mobil bekas dijual dengan harga murah karena pajak yang sudah mati, kondisi fisik mobil mengalami beberapa kerusakan dan berbagai sebab lainnya. Saran saya, belilah mobil bekas sesuai dengan harga pasaran.

Memang ada mobil bekas yang dijual dengan harga murah dikarenakan tipe dan jenis kendaraan itu sudah sangat lama namun kondisi mesin masih baik karena jarang dipakai. 

Anda yang ingin menjual mobil sendiri pun jangan sampai gegabah karena menjual mobil juga diperlukan trik agar kendaraan roda empat ini bisa segera terjual.

Caranya adalah Anda bisa mengiklankan di marketplace, menyebarkan informasi kepada teman dan kerabat bahwa Anda hendak menjual mobil yang dimiliki serta menjual melalui media sosial misalnya.

Kembali lagi, ketika memutuskan untk menjual mobil pun, sebisa mungkin Anda meminta pendampingan kepada teman maupun kerabat. Hal ini agar meminimalkan tindak kriminalitas yang dapat terjadi pada diri Anda. 

Semoga bermanfaat.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Jangan Gegabah Ketika Melakukan Jual Beli Mobil Bekas, Perhatikan Hal Berikut"