Cara Menjaga Organ Reproduksi Untuk Perempuan, Ini yang Harus Diperhatikan

Credit Photo: Situs www.emc.id/


Sebagai seorang perempuan, tentunya kita memiliki organ reproduksi yang harus dijaga sangat hati-hati. Hal ini dikarenakan organ reproduksi perempuan inilah nantinya yang akan berperan dalam mengandung serta melahirkan keturunan kelak. 

Apabila tidak dijaga kesehatannya, maka organ reproduksi perempuan akan rentan terkena penyakit. Selain itu juga masalah lain dapat terjadi pada organ reproduksi yaitu akan sulit memiliki keturunan apabila tidak dijaga dengan benar kesehatannya. Tentu saja sebagai kaum hawa, kita tidak mau hal itu terjadi.

Seringkali beberapa perempuan mengeluhkan sakit di organ reproduksinya. Secara tidak disadari, bisa saja hal tersebut disebabkan oleh:
  1. Kurang menjaga area kewanitaan. Area kewanitaan bisa dibilang merupakan area yang sangat sensitif karena secara anatomi, organ tersebut terbuka. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga area kewanitaan agar tidak mudah terkena infeksi
  2. Stress yang berlebihan dapat  memacu organ reproduksi terkena infeksi atau gangguan kesehatan lainnya
  3. Tidak berhati-hati ketika melakukan aktivitas seksual. Aktivitas seksual seseorang merupakan ranah pribadi yang tidak bisa kita campuri urusannya. Namun setidaknya sebagai sesama perempuan, saya ingin sekadar mengingatkan untuk selalu melakukan aktivitas seksual secara aman agar tidak menimbulkan kerugian berupa penyakit menular seksual yang menyerang organ reproduksi perempuan.

Jangan Sepelekan Kesehatan Organ Reproduksi Perempuan, Lakukan Langkah Ini Sebelum Terlambat

Bukankah menjadi perempuan zaman now itu harus cerdas! Salah satunya cerdas dalam menjaga kesehatan reproduksi, agar hidup bisa lebih tenang dan tentu saja nyaman dalam beraktivitas.

Sebenarnya ada banyak cara sederhana untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan. Berikut cara menjaga organ reproduksi yang harus kita ketahui sebagai kaum hawa:

1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Secara tidak langsung kualitas hidup seseorang dapat dilihat dari pola hidup yang dilakukan. Anda yang berupaya untuk tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol serta makanan maupun minuman yang dapat menganggu kesehatan reproduksi, maka Anda tergolong perempuan yang mampu menjaga organ vital yang dimiliki.

Olahraga juga merupakan aktivitas keseharian yang dapat menyehatkan tubuh serta menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan.

2. Secara Rutin Memeriksakan Kesehatan Organ Reproduksi 

Ada beberapa tes kesehatan yang dapat dilakukan oleh kaum Hawa dalam rangka mengetahui apakah organ reproduksi mereka bermasalah atau tidak. Tes kesehatan tersebut diantaranya:
  • Pap Smear
Pap Smear merupakan tes kesehatan yang dilakukan oleh perempuan untuk memastikan tidak adanya kanker serviks yang diderita. Kanker serviks sendiri merupakan jenis kanker yang menyerang leher rahim. Sementara leher rahim sendiri berada merupakan bagian paling bawah pada uterus.

  • Pemeriksaan Payudara
Meskipun ada gerakan SADARI atau pemeriksaan payudari secara mandiri, namun tidak ada salahnya Anda juga pergi ke dokter spesialis untuk berkonsultasi manakala merasa ada yang aneh dengan bentuk payudara, seperti ada benjolah dan terasa sakit misalnya.
  • Pemeriksaan Kanker Reproduksi
Penyakit pada organ reproduksi perempuan tidak hanya kanker serviks saja, namun ada beberapa jenis yang mungkin tidak kita ketahui. Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan berbagai macam tes kesehatan seperti pemeriksaan USG (Ultrasonografi) serta tes darah yang dapat mengidentifikasi apabila seorang perempuan terserang penyakit di area reproduksi mereka.

3. Waspada Jika Ada Kelainan Terhadap Organ Reproduksi

Sedikit perubahan terhadap masalah yang berkaitan dengan reproduksi, harus mendapat perhatian kita sebagai kaum Hawa. Misalnya saja ketika mendapat keputihan yang tidak wajar, maka sebaiknya segera dapat ke dokter untuk mengetahui cara penyembuhannya.

Lalu apabila kita mengalami gejala yang tidak normal ketika menstruasi seperti sakit yang berlebih atau perdarahan hebat, maka jangan menunggu lama untuk segera dibawa berobat ke dokter. Hal ini bertujuan agar bisa ditangani lebih serius manakala memang terjadi sakit yang lebih serius.

Apabila Anda sudah mulai merasakan gejala sakit pada area kewanitaan, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan di rumah sakit terdekat di kota Anda. Hal ini dikarenakan organ reproduksi merupakan bagian vital perempuan yang apabila tidak mendapat penanganan serius ketika terserang penyakit, akan membahayakan nyawa.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, saya rekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di Rumah Sakit EMC. Hal ini dikarenakan Rumah Sakit EMC merupakan referensi rumah sakit terbaik untuk melakukan konsultasi dan penanganan masalah kesehatan reproduksi perempuan.

Dengan didukung oleh para dokter spesialias kebidanan dan kandungan yang berkompeten di bidangnya, serta peralatan kedokteran yang canggih, menjadikan Rumah Sakit EMC sebagai rujukan bagi warga perempuan Jakarta dan sekitarnya yang memiliki masalah dengan organ reproduksi mereka.

Semoga bermanfaat.


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

2 komentar untuk "Cara Menjaga Organ Reproduksi Untuk Perempuan, Ini yang Harus Diperhatikan"

  1. Bener mbaa kadang sbg wanita sendiri kita juga menyepelekan kesehatan organ reproduksi..yang penting dicuci bersih saat mandi..namun tdk hanya perawatan dr luar saja namun juga peelu perawaran dr dalam spt mjga pola makan dan bbrp tes yg dilakukan

    BalasHapus
  2. wah setuju banget ini mbak Maria. ternyata stress dan pola makan juga ngaruh bgt ya pada kesehatan organ reproduksi perempuan.bener, ada baiknya kontrol kesehatannya ya cuma kadang kok aku takut ya.takut ketahuan penyakitnya hehehe.btw,makasih artikelnya

    BalasHapus