Layanan QRIS Untuk Memberikan Kemudahan Pembayaran Bagi Konsumen

Layanan QRIS


Menggunakan sistem pembayaran online menjadi salah satu pilihan untuk bisa melakukan transaksi di jaman yang modern ini. Ada berbagai layanan pembayaran secara online yang bisa digunakan untuk membantu memberikan kemudahan pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen. Karena sekarang ini orang membawa uang tunai dalam jumlah sedikit dengan asumsi bisa membayar dengan non tunai. 

Sehingga bagi tempat yang memberikan pilihan untuk pembayaran non tunai seperti dari layanan QRIS akan mendapatkan keuntungan yang beragam bisa didapatkan, meliputi:

1. Bisa lebih praktis tidak perlu menyiapkan kembalian

Keuntungan yang pertama dari menyiapkan pembayaran online menggunakan QRIS adalah akan lebih praktis. Sebagai penjual biasanya akan mendapatkan hari di mana banyak orang yang membayar menggunakan uang dengan nominal yang besar, sehingga perlu kembalian. 

Apabila Anda tidak sedang sedia kembalian uang kecil maka hal tersebut dapat membuat masalah karena nantinya perlu untuk menukarkan uang kecil di tempat lainnya sebagai bentuk layanan yang diberikan untuk tetap memberikan kembalian uang. Hal tersebut bisa dicegah dengan memberikan layanan pembayaran non tunai menggunakan QRIS, sehingga dapat untuk lebih praktis dan mudah tidak perlu menyiapkan dan menyediakan uang tunai.

2. Melindungi bisnis dari resiko mendapatkan uang palsu

Keunggulan selanjutnya dengan menggunakan pembayaran QRIS yang disediakan dan bisa dilakukan oleh konsumen adalah bisa melindungi bisnis yang dipunyai agar tidak menerima uang palsu. Salah satu resiko dari mempunyai cara pembayaran konvensional menggunakan uang tunai adalah akan mendapatkan peredaran uang tunai.

Karena bisa saja mendapatkan uang palsu di tangan yang didapatkan dari pembeli yang bahkan juga tidak mengetahui bahwa uang yang diberikan untuk pembayaran adalah uang palsu. Dengan memberikan layanan QRIS untuk pembayaran yang bisa digunakan oleh konsumen dapat untuk melindungi bisnis yang dipunyai agar tidak mendapatkan uang palsu yang diterima.

3. Memberikan alternatif pembayaran pada konsumen

Menyediakan layanan pembayaran menggunakan QRIS juga bisa memberikan keuntungan karena dapat membuat pengalaman belanja yang dipunyai oleh konsumen akan lebih kaya dengan memilih macam pembayaran yang bisa dilakukan. 

Bisnis yang dipunyai bisa memberikan pembayaran menggunakan metode yang beragam yaitu dengan membayar dengan uang tunai dan juga cukup dengan QR Code dengan metode QRIS yang lebih mudah. Selain itu, pembayaran lain yang diterima oleh bisnis juga adalah dengan menggunakan kartu yaitu kartu debit dan kredit yang bisa digunakan menggunakan mesin EDC yang menerima pembayaran menggunakan kartu.

4. Lebih menarik bagi pelanggan 

Masyarakat bergerak ke arah yang maju secara teknologi, sehingga juga tidak ketinggalan teknologi dengan menggunakan layanan pembayaran non tunai yang bisa digunakan. Sehingga banyak juga masyarakat yang menggunakan layanan pembayaran non tunai seperti salah satunya adalah dengan QRIS untuk melakukan transaksi keuangan yang dibutuhkan. 

Hal tersebut menjadi daya tarik sendiri dari bisnis yang dipunyai karena banyak orang yang menggunakan sistem pembayaran cashless. Sehingga akan menjadi daya tarik dan menjadi tempat pilihan untuk belanja dan melakukan transaksi keuangan dengan sistem pembayaran yang disediakan juga menerima cashless dengan QRIS dan layanan pembayaran non tunai lainnya.

5. Membuat proses laporan keuangan lebih mudah

QRIS dapat untuk memberikan keuntungan karena dapat untuk menghemat proses dalam membuat laporan keuangan. QRIS memberikan kemudahan untuk memberikan layanan pembayaran bagi pelanggan yang dapat dilakukan dengan mudah, praktis, dan juga prosesnya yang cepat. 

Metode pembayaran QRIS juga membuat transaksi yang tercatat dengan rapi sehingga akan bisa membantu untuk membuat penyusunan laporan keuangan yang lebih mudah dan dapat dilakukan secara otomatis dari data pembayaran QRIS yang dipunyai.

Dengan menggunakan layanan QRIS untuk bisnis akan sangat membantu sebagai daya tarik bagi konsumen yang memberikan pembayaran dengan metode yang lebih modern dan praktis dengan sistem cashless. 

Untuk mendapatkan layanan pembayaran QRIS dan cashless lainnya seperti EDC, bisa dengan bergabung menjadi merchant bisnis yang dipunyai BCA. Caranya dengan mendaftar QRIS dan EDC yang dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi merchant BCA dengan klik link ini untuk mengunduh bagi pengguna Android, sedangkan bagi pengguna iOS bisa klik link berikut.  


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

3 komentar untuk "Layanan QRIS Untuk Memberikan Kemudahan Pembayaran Bagi Konsumen"

  1. Menurutku penerapan QRIS di Indonesia merupakan salah satu inovasi di bidang teknologi dan keuangan yang terbaik di negara kita.
    Kalau di luar negeri ngetrennya pakai tap to pay, bisa pakai kartu atau smartphone yg ada NFC-nya, seperti Apple Pay misalnya. Di Indonesia? Cukup pake smartphone yg ada kameranya (dan tentunya ada saldonya juga hehee). Bahkan berkat adanya QRIS rasanya sungkan sekali mau transaksi uang tunai.

    BalasHapus
  2. Sejak ada QRIS belanja cashless jadi lebih mudah, sayangnya di tempat ku masih ada beberapa penjual yang belum open pakai QRIS.. padahal bener kata Mbak Maria, QRIS mempermudah pelanggan

    BalasHapus
  3. Sejak ada QR memang hidupku ter-QR-QR hahaha.mempermudah byk hal. Gak bawa dompet gpp asal bawa hp karena bisa qr

    BalasHapus