8 Desain Area Laundry Sederhana, Mencuci jadi Lebih Praktis

 
8 Desain Area Laundry Sederhana
Credit Photo: Unsplash


Waterproofing semen diperlukan dalam beberapa konstruksi, termasuk area yang basah seperti kamar mandi atau area mencuci baju. Tempat mencuci sendiri biasanya terkesan basah, kotor dan penuh dengan tumpukan baju kotor. 

Kondisi tersebut menyebabkan orang malas untuk mencuci baju. Anda bisa mengubah desain area laundry yang terkesan kotor, menjadi ruang yang lebih estetik dan praktis. Ada banyak sekali desain area laundry sederhana dan praktis yang bisa dijadikan referensi.

8 Desain Area Laundry Sederhana untuk Mencuci yang Lebih Praktis

Berikut beberapa desain area laundry yang minimalis namun bisa membuat kegiatan mencuci menjadi lebih praktis dan menyenangkan:

1. Ruang Ala Japandi

Pertama, Anda bisa mencoba desain area laundry yang minimalis dengan gaya Japandi. Gaya Japandi adalah desain yang menggabungkan antara desain interior Jepang dan Skandinavia. Pada gaya ini, ruangan biasanya didominasi dengan warna natural. 

Penggunaan cat dinding dan dekorasi berwarna cokelat, krem, atau orange akan memberikan kesan sederhana dan bersih. Supaya kegiatan menjemur baju lebih praktis, Anda bisa tambahkan railing untuk menggantung pakaian di dekat mesin cuci. 

Anda juga bisa tambahkan lemari di dekat mesin cuci untuk memudahkan penataan pakaian yang sudah bersih dan kering. Anda bisa menggunakan warna yang sama antara dinding dan laundry cabinet. 

Jika Anda tidak memiliki ruang yang luas di dalam rumah, Anda bisa menghemat ruang dengan menggunakan lemari atau rak baju yang menempel pada dinding.

2. Klasik dan Fungsional

Bagi Anda yang menyukai desain klasik dengan sedikit sentuhan desain modern, maka bisa menggunakan warna netral dengan furnitur yang simpel. 

Anda bisa tambahkan lemari kabinet laundry berwarna putih dengan aksen profil di bagian permukaan pintunya. Desain lemari tersebut bisa memberikan kesan klasik sehingga ruangan tidak terlihat membosankan. 

Anda juga bisa memilih lokasi area laundry dengan jendela di samping mesin cuci sebagai penerangan alami dan penyejuk ruangan.

Di atas mesin cuci, Anda bisa tambahkan rak untuk mengeringkan baju yang menempel pada dinding untuk memudahkan Anda dalam menjemur pakaian. 

3. Ruang Kecil di Belakang Rumah

Sudah tidak memiliki ruang kosong di dalam rumah? Anda bisa memanfaatkan ruang kecil yang tak terpakai di belakang rumah atau membuat ruang kecil di belakang rumah sebagai area laundry. 

Anda bisa memisahkan area mesin cuci dan area mencuci baju manual yang basah dengan membuat area mesin cuci sedikit lebih tinggi dari area mencuci manual. 

Kemudian, Anda bisa menggunakan lantai keramik polos untuk area kering dan keramik bercorak untuk area basah. Supaya lebih estetik, Anda bisa tambahkan hiasan dengan menggantung tanaman hias di dinding. 

Untuk area basah, jangan lupa untuk memberikan waterproofing membrane untuk mencegah kebocoran.

segera gunakan SikaTop®-107 Plus
Credit Photo: Pexels

4. Ruang Outdoor

Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan area halaman belakang rumah menjadi ruang laundry outdoor. Supaya lebih praktis, Anda bisa menggabungkan area mencuci baju dengan area menjemur pakaian. 

Dengan desain outdoor, Anda akan terhubung langsung dengan alam dan bisa merasakan sensasi menyegarkan saat mencuci dan menjemur pakaian.

Anda bisa memasang kanopi untuk melindungi ruang mesin cuci dari air hujan dan cuaca panas. Supaya lebih estetik tambahkan dekorasi seperti tanaman hias, kursi untuk menunggu cucian, atau rumput sintetis. 

Jika Anda akan menggunakan konsep ini maka pastikan jika area laundry dekat dengan sumber listrik dan air bersih. Karena berada di area outdoor yang sering terkena perubahan cuaca maka Anda perlu memberikan waterproofing. 

Waterproofing semen adalah pemberian lapisan kedap air berbahan semen untuk mencegah kebocoran pada struktur beton bangunan yang kerap basah atau terkena air seperti area kamar mandi atau area mencuci. 

5. Ruang Semi Outdoor

Jika Anda tidak ingin ruang laundry yang terlalu terbuka, namun tetap ingin terhubung dengan alam, maka Anda bisa membuat ruang laundry dengan desain semi outdoor. Masih sama seperti sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan halaman atau area belakang rumah.
Anda bisa meletakkan mesin cuci di area yang memiliki atap sejajar dengan area yang terbuka. Tambahkan dekorasi seperti tanaman hias untuk memberikan kesan yang menyegarkan. 

Sama seperti laundry outdoor, untuk area semi outdoor juga memerlukan waterproofing. Salah satu waterproofing semen terbaik adalah SikaTop®-107 Plus.
 
Produk satu ini memiliki banyak kelebihan. Komposisinya mudah untuk aplikasi, kedap air, ketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan, tidak beracun untuk tangki air minum, kolam ikan, dan kolam renang.

Tidak hanya itu, strukturnya agak fleksibel, hasil produksi pabrik – kualitas konsisten, dan mudah digunakan dan diaplikasi, hanya dengan mixing kedua material.

Jika Anda tertarik, maka gunakan juga SikaCeram®-850 Design sebagai perekat keramik. Produk ini memiliki jarak lebar nat : 2–15 mm, mudah diaplikasikan menggunakan cartridge gun, 2-komponen cartridge ganda berdampingan dengan static mixer nozzle, aplikasi pada lantai dan dinding, tersedia banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, ketahanan yang baik terhadap kimia, workability bagus, dan tahan noda dan mudah dibersihkan.

6. Bertema Kayu

Apakah Anda pecinta desain minimalis, alami, dan rustic? Jika iya, maka Anda bisa coba ruang laundry dengan tema woody. Untuk menciptakan suasana alami dan hangat, maka diperlukan kabinet laundry yang terbuat dari bahan kayu.

Warna cat dinding sebaiknya warna netral seperti krem, putih, atau abu-abu untuk memberikan kesan yang bersih dan indah. Anda juga bisa mengkombinasikan furnitur kayu dengan keramik pada bagian wastafel untuk memberikan kesan mewah.

Kemudian, tambahkan aksesoris  dari kayu seperti pot, kursi dan keranjang rotan, dan sejenisnya, untuk menambah kesan alami pada ruangan laundry Anda.

7. Asri dengan Tanaman Hias

Tanaman hias tidak hanya dapat memberikan kesan alami, sejuk, dan asri; namun juga baik untuk membersihkan dan memperbaiki kualitas udara di ruangan laundry, terutama pada ruang yang terbatas dan tertutup.

Beberapa tanaman hias yang bisa dipilih seperti sukulen, sansevieria, dan sejenisnya. Tanaman tersebut bisa diletakkan di meja, lemari kabinet laundry, atau digantung di dinding.

8. Minimalis Serba Putih

Terakhir, Anda juga bisa membuat ruangan laundry bernuansa modern dengan menggunakan seluruh cat dinding dan furnitur berwarna putih. Anda juga bisa mengkombinasikan cat ruangan yang dominan berwarna putih dengan keramik glossy.
Itulah beberapa desain area laundry sederhana namun praktis yang bisa Anda coba. Salah satu tahap penting dalam pembuatan ruang laundry adalah mengaplikasikan waterproofing semen.

Sika sendiri sudah berpengalaman dalam proyek selama sekitar 113 tahun serta menjadi pencetus pertama waterproofing semen di Indonesia. Tidak hanya itu, Sika sudah menangani proyek-proyek besar, salah satu contohnya renovasi museum zeitz di Afrika Selatan.

Jadi, segera gunakan SikaTop®-107 Plus untuk ciptakan area laundry yang awet! Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan jasa waterproofing, bisa Anda akses di sini!

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "8 Desain Area Laundry Sederhana, Mencuci jadi Lebih Praktis"