Liburan Di Saat Pandemi

 
liburan di saat pandemi

Pernah tidak kalian melakukan liburan di saat pandemi ? Kalau pernah maka sebaiknya banyak hal yang mestinya dipersiapkan agar ketika sampai di tempat tujuan tidak terpapar virus atau justru tidak menyebarkan virus COVID-.

Bulan November 2020 lalu kakak laki-laki saya mudik ke Surabaya beserta istri dan kedua anaknya. Mereka melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi. Selain lebih murah juga tidak perlu diribetkan oleh prosedur perjalanan jauh dimana harus melakukan rapid test misalnya.

Lalu beberapa status teman juga ada yang sedang liburan di luar kota. Kalau selebriti? Jangan tanya yah, hehehe. Namanya juga punya uang jadi walau harus melakukan rapid test berulang kali ketika akan bepergian juga tak masalah.

Liburan di saat pandemi ini juga memiliki kelebihan lho yaitu tidak harus menunggu datangnya waktu libur sekolah anak.

Bagaimana tidak, sejak pandemi para murid diharuskan untuk belajar dari rumah dan hal itu tidak harus di rumah kan ya. Asal ada peralatan menunjang seperti laptop dan smartphone, maka belajar daring bisa dilakukan dimana saja.

Persiapan Liburan di Saat Pandemi

Dari kakak, saya memperhatikan caranya mempersiapkan segala sesuatu ketika liburan selama pandemi. Khususnya istrinya yah yang mempersiapkan perlengkapan untuk anak-anaknya.

Menurut saya beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan ketika hendak liburan di saat pandemi antara lain :
  • Bawalah pakaian lebih banyak dari biasanya.
Selama pandemi pasti kita ingin badan selalu bersih dari kuman atau bakteri. Mungkin sedikit berat dengan membawa pakaian lebih banyak dibanding liburan standar pada umunya. Namun demi kesehatan tidak ada salahnya kan!

  • Jangan lupa bawa vitamin dan suplemen untuk seluruh keluarga yang akan ikut dalam rombongan liburan.
Vitamin merupakan barang yang harganya sama diseluruh kota di Indonesia sehingga jika kita mau beli di kota tujuan tak masalah ya.

  • Masker merupakan benda vital selama pandemi. Maka bawalah masker lebih banyak ketika liburan.
Tidak masalah mau masker kain atau medus yang penting bisa untuk menutup hidup dan mulut ketika berada di luar rumah. Kalau memungkinkan membawa pelindung wajah atau face shield, bawa juga ya gaes. 

  • Jangan lupa sediakan hand sanitizer dan disinfektan selama liburan.
Jika seseorang mampu untuk berlibur artinya memiliki budget lebih donk ya. Sehingga saya rasa untuk membeli hand sanitizer dan disinfektan juga bukan hal yang berat donk ya.

Nah, begitu sampai kota tujuan kalian berlibur segera mandi dan ganti baju yah. Baju yang dipakai selama perjalanan sebaiknya langsung direndam diterjen untuk membunuh kuman. 

Setelah mandi segera makan dan konsumsi vitamin karena jika perjalanan jauh yang kalian tempuh tentu terasa melelahkan. Apalagi jika membawa anak kecil.

Ada dua alternatif tujuan ketika seseorang liburan yaitu rumah keluarga atau penginapan berbayar seperti hotel maupun villa.

Jika rumah keluarga seperti tujuan kakak saya liburan ke Surabaya, maka sebaiknya kita harus melihat kondisi anggota keluarga lainnya dalam satu rumah.

Walaupun keinginan liburan ya jalan-jalan tapi sebisa mungkin tidak terlalu dekat dengan kerumunan yah. Kalau kalian ingin pergi ke objek wisata carilah waktu dimana tidak banyak pengunjung. Hari kerja merupakan pilihan terbaik jika ingin berwisata.

Nah, untuk kalian yang kebetulan menginap di hotel usahakan sebelum booking, survey terlebih dahulu bagaimana keadaan hotel tersebut apakah sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar atau belum.

Sekarang zaman serba canggih dimana testimoni pengunjung hotel bisa disearching melalui Google.

Akhir kata penting untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi. Namun anggapan bahwa liburan meningkatkan imunitas tubuh ya engga sepenuhnya benar juga.

Tak ada yang salah dengan liburan di saat pandemi. Yang keliru adalah antusiasme sebagian masyarakat karena sudah bisa pergi ke tempat-tempat wisata namun tidak mengindahkan social distancing.

Happy holidays!


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Liburan Di Saat Pandemi"