Persaingan Kerja Di Kantor

 
persaingan kerja



Siapa yang ketika bekerja terjadi pernah mengalami persaiangan di kantornya ? Atau setidaknya melihat jika kawan-kawannya sedang bersaing memperebutkan sesuatu. Entah dari segi jabatan, perhatian dari atasan maupun uang. Yap, semua orang pasti punya tujuan tertentu dalam hidupnya termasuk ketika sedang bekerja.

Jika tidak, maka beruntunglah kalian yang selalu dikelilingi suasana kerja positif dan saling support. Bukannya malah menjatuhkan satu sama lain.

Saya punya beberapa pengalaman ketika bekerja di tahun 2007 ada seorang karyawan baru yang memegang posisi staf keuangan di kantor. Dia dipercaya merombak seluruh bentuk laporan keuangan milik bos saya. Memang eks teman saya ini lulusan SMK namun jangan salah, kemampuannya menurut saya sangat mumpuni di bidangnya.

Akhir kata, teman saya lah yang bisa memberi laporan laba rugi pada si bos. Namun saya melihat perubahan perilaku dari teman yang lebih sombong dari biasanya dan cenderung mengatur setiap detail pekerjaan saya serta rekan-rekan lainnya.

Karena bos sudah sangat percaya padanya maka semua tindakannya seakan diperbolehkan.

Lalu ada lagi kisah teman yang setiap pagi di meja kerjanya selalu tersebar kembang dan ada wangi-wangian aneh. Lucu juga ya kok di zaman modern ini ada orang main tabur kembang. Entah motif apa di balik semua itu apakah hanya iseng atau ada masud-maksud tertentu.

Kenapa Harus Ada Persaingan Kerja?

Persaiangan kerja terjadi karena ada beberapa individu yang merasa dirinya terancam di perusahaan tersebut walaupun sejatinya itu hanya perasaannya saja yang tak terbukti.

Menurut saya sendiri, persaingan kerja biasanya memperebutkan :
  1. Kenaikan jabatan
  2. Perhatian lebih dari pimpinan yang berakibat dipermudahnya seseorang ketika sedang bekerja seperti izin menjadi lebih mudah dan lain sebagainya.
  3. Fasilitas pribadi di luar jabatan
  4. Last but not least adalah uang
Lalu bagaimana menyikapi jika ada rekan kerja yang berusaha menjatuhkan akibat dari ingin bersaing dan mendapat tempat di hati bos. Berikut tips sederhananya:
  • Bersikap wajar kepada teman tersebut dan tetap baik kepadanya meskipun mungkin dia merasa bersaing dengan kita.
Saya pribadi menganggap tidak perlu bersaing di dunia kerja karena toh kita hanya mengharap imbalan berupa gaji di akhir bulan. Persaiangan kerja tentu ada motif-motif tertentu seperti misalnya ingin melihar rekan kerja jatuh atau diberi teguran oleh pimpinan.

Lalu bagaimana jika kita sendiri yang mengalami hal tersebut? Tentu tidak ingin kan karena bisa jadi rekan kerja yang kita jatuhkan kredibilitasnya di kantor akan dipecat lalu dia harus menghidupan dirinya dari mana?
  • Lakukan yang terbaik dalam pekerjaan kita
Sudahlah kita tidak perlu mengurusi job description teman kerja lain di kantor. Lebih baik kita berbenah dalam memperbaiki semua urusan yang berkaitan dengan pekerjaan. Apabila sudah bersinggungan dengan persaingan kerja maka endingnya menurut saya tidak akan menjadi baik. 
  • Kita jangan terpengaruh untuk ikut-ikutan bersaing dengannya.
Jika kita sama dengan mereka yang menganggap persaingan merupakan hal yang wajar maka kita akan sama saja dengan mereka. Persaingan yang akan merusak mental diri kita secara pribadi akan menimbulkan stress. Apabila kita bisa berdamai dengan rasa bersaing itu maka sah-sah saja namun jika tidak bagaimana?

Bekerja itu tujuannya selain mencari nafkah juga pastinya mencari ketenangan. Jika persaingan kerja itu sehat maka teruskanlah untuk menunjukkan prestasi masing-masing namun jika hanya menjatukan satu sama lain, saya rasa tidak ada gunanya.

Penutup

Akhir kata, hindarilah persaingan kerja yang menuju pada kepentingan negatif yang saling menjatuhkan. Ingat jika kita bekerja untuk mencari nafkah, bukan untuk mencari muka untuk tujuan tertentu.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Persaingan Kerja Di Kantor"