Alasan Ngeblog Versi Mariatanjung

 
alasan ngeblog


Alasan ngeblog versi mariatanjung sebenarnya sih sederhana banget bagi saya, yaitu untuk persiapan di hati tua kelak. Lho kok bisa? Ya karena saya tidak memiliki anak sehingga ngeblog mungkin bisa menjadi teman di hari tua saya ketika berada di panti jompo (impian banget, hehehe)

Setiap orang punya tujuan yang berbeda-beda ketika melakukan sesuatu hal, dalam hal ini terjun ke dunia blogging. Saya dan teman yang lain belum tentu sama tujuannya walaupun mungkin di satu titik kami memiliki tujuan sama, salah satunya mendapatkan cuan dari hasil ngeblog.

Alasan ngeblog seseorang pun pastinya berbeda-beda juga kan ya termasuk diri saya yang bisa jadi di awal kalimat pembuka alasan ini agak out of the box. Tapi hidup masih harus terus berjalan, setidaknya jika tidak punya anak banyak kebaikan lain yang bisa saya tebar di permukaan bumi ini.

Alasan Ngeblog yang Menjadi Kuat Menjelang Usia 40

Dulu sempat bingung saya enaknya ngapain yah jika menjelang pensiun kelak? Rasa-rasanya sempat hopeless dan bingung mau menghabiskan sisa tua dengan cara apa.

Lalu di bulan Juli 2019 ide itu datang di otak saya. Ya, saya harus menulis! Berawal dari grup Instagram Nulisyuk yang dimotori oleh Kak Jee Luvina di situlah awal saya berkenalan dengan dunia menulis.

Selah dua bulan kemudian saya bergabung di komunitas One Day One Post dan di situlah saya mengenal apa itu dunia blogging. Ngeblog yang ternyata pernah saya lakukan di tahun 2016 namun hanya satu postingan di kala itu karena tidak ada teman-teman yang bisa memotivasi.

Menurut saya pribadi, beberapa keuntungan dari ngeblog antara lain:
  • Menyalurkan energi negatif ke dalam bentuk tulisan
Ketika kita memiliki masalah dalam hidup biasanya akan menimbulkan ketidaknyamanan. Perasaan tidak nyaman tentu tidak baik untuk kondisi fisik dan mental, bisa-bisa malah kesehatan mental akan terganggu
 
Menulis di blog menjadi obat atau terapi agar hati menjadi plong seketika. Namun tentunya harus dikemas dengan bahasa yang sedemikian rupa agar tidak terkesan mengumbar air diri sendiri.

Kalau curhatan kita ditulis di buku harian sebenarnya sih sah-sah saja namun kan tidak ada yang membaca. Menulis di blog memberi peluang pengguna internet membaca tulisan kita. Tinggal dipoles sedikit dengan kata kunci yang tepat bisa jadi tulisan kita menjadi solusi bagi orang lain yang sedang memiliki masalah.
 
  • Mengisi waktu luang
Saya pribad sekarang ini lebih berusaha berkegiatan di sela-sela waktu luang. Daripada hanya scroll media sosial tidak jelas, alangkah lebih baik menulis di blog. Scroll di media sosial lebih kepada mencari ide untuk menulis bagi saya.

Misal ada akun Instagram mengenai kejadian viral di beberapa wilayah, mungkin dari peristiwa itu kita bisa menjadikan sebagai bahan tulisan yang menarik. Tidak ada yang salah dengan scroll media sosial. Yang kurang tepat adalah jika terlalu berlebihan menggunakannya sehingga menjadi kita lupa sholat, lupa makan dan sebagainya.
  • Mendapatkan penghasilan
Saya sendiri baru mengetahui jika ngeblog bisa mendapatkan penghasilan. Tentu penghasilan tidak dapat begitu saja. Harus ada step by step yang harus dilalui misalnya saja menjalin kerja sama dengan brand tertentu.

Memperluas pergaulan dan jaringan juga harus kita lakukan demi memperbesar peluang mendapat penghasilan dari ngeblog. Tidak munafik, ketika kita terjun ke suatu kegiatan yang berpeluang tentu ujung-ujungnya berharap dapat uang donk ya.

Saya pribadi tidak ngebet banget sekarang berpenghasilan dari ngeblog. Meluruskan niat ngeblog dan tetap konsisten sampai hampir menginjak tahun kedua bagi saya suatu perjuangan yang tidak mudah.

Dulu ketika saya ngebet banget dapat cuan dari ngeblog justru penghasilan itu tidak datang namun ketika sekarang santai menjalani kegiatan blogging justru banyak tawaran berdatangan. Alhamdulillah bukan.

Luruskan dulu alasan ngeblog yang kalian miliki. Lalu tentukan tujuan ingin ngeblog, buat cara agar blog kalian dikenal oleh masyarakat luas, minimal di dalam teman komunitas dahulu.

Ini Alasanku, Mana Alasanmu?

Demikian uraian singkat saya mengenai alasan ngeblog versi Mariatanjung. Tentunya alasan setiap individu berbeda-beda tergantung cara mereka menyikapinya ketika terjun ke suatu bidang kegiatan. 

Setiap orang punya alasan unik yang melatar belakangi alasan mereka terjun ke dunia blogging dan inilah yang akan terus membuat mereka bertahan serta konsisten dalam menulis di platform blog. Jika ada yang sukses dari blog maka itu rezeki mereka. 
 
Tidak ada yang salah dengan alasan ngeblog setiap orang. Pastinya dengan alasan tersebut bisa menjadi fokus untuk mencapai tujuan masing-masing. Karena diharapkan ketika  memiliki alasan untuk melakukan suatu aktivitas kita juga mampu menggagas goals atau tujuan yang ingin diraih.

Kalau kalian sendiri apa alasan sampai sekarang masih bertahan menulis di blog? Yuk share di kolom komentar dan dengan senang hati saya akan membaca serta membalas diskusi mengenai alasan ngeblog kita yang bervariasi.

HAPPY BLOGGING!



Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Alasan Ngeblog Versi Mariatanjung"

  1. ntah kenapa saya kayak seneng aja liat tulisan saya di blog. walaupun blog sendiri wkwkwk

    BalasHapus