Mengenal 5 Jenis Kopi Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

24 komentar
 
Jenis Kopi Indonesia


Ada beberapa jenis kopi Indonesia yang perlu Anda ketahui sebagai penikmat minuman berwarna hitam ini. Saya sendiri paling suka minum kopi apalagi ketika sedang menulis, serasa memiliki energi baru yang menghantarkan dalam merangkai kata-kata. 

Setiap orang memiliki gaya menulis masing-masing tak terkecuali saya. Saya yang lebih senang membaca buku nonfiksi dengan tema-tema motivasi maka gaya menulis pun lebih bersemangat apabila bisa menceritakan berbagai peristiwa di sekeliling saya dengan tujuan mengambil nilai-nilai positif serta hikmah yang terkandung di dalamnya.

Sama halnya ketika seorang individu pecinta kopi pasti memiliki kesukaan tersendiri dalam menikmati secangkir minuman berwarna hitam pekat itu. Ada yang memilih menikmatinya tanpa sesendok gula namun aja juga yang merasa nyaman apabila menambahkan beberapa sendok teh gula ke dalamnya.

Saya sendiri pun secara pribadi lebih senang minum kopi dengan pemanis atau gula. Entah kenapa semacam ada sugesti bahwa saya menjadi bersemangat ketika minum kopi dengan gula.

Beberapa manfaat minum kopi antara lain:
  • Dapat Mengurangi Rasa Stress
Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat disinyalir mampu mengurangi tingkat stress individu yang meminumnya. Saya sendiri apabil hendak pergi untuk urusan tugas kantor maka agar bisa lebih meningkatkan percaya diri maka sebelum pergi biasanya saya sempatkan minum secangkir kopi terlebih dahulu. Idealnya seseorang dapat meminum kopi sehari maksimal tiga kali dan sebaiknya tidak dianjurkan minum lebih dari jumlah tersebut karena dapat mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan Semangat Kerja
Entah karena sugesti atau karena hobi minum kopi khususnya di pagi hari, saya merasa selalu lebih bersemangat di pagi hari dalma menjalani aktivitas sehari-hari. Karena saya orang lapangan dimana dituntut memiliki staminan prima maka saya menjadikan kopi sebagai minuman pembuka di pagi hari. Ternyata lagi-lagi kandungan kadein di dalamnya diyakini dapat meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh kita.
  • Sebagai Antioksidan yang Bisa Melindungi Tubuh
Antioksidan sendiri diyakini dapat melindungi dan menjaga daya tahan tubuh agar lebih fot dan tidak mudah terserang penyakit. Salah satu sumber antioksidan bisa kita dapatkan dari kopi yang diminum sehari-hari. Namun tentu saja jika individu tersebut suka dan gemar minum kopi. Jika tidak gemar maka antioksidan bisa didapat dari sumber lainnya seperti buah-buahan atau sayuran.

5 Jenis Kopi Indonesia yang Bisa Anda Nikmati 

Apabila kita merupakan penggemar kopi maka alangkah baiknya perlu mengetahui jenis kopi Indonesia yang bisa dinikmati terutama ketika sedang bepergian ke beberapa daerah di Indonesia. Indonesia kaya akan kekayaaan alam, salah satunya adalah biji kopi pilihan yang aroma dan rasanya sudah terkenal bahkan sampai ke mancanegara.

Berikut 5 jenis kopi Indonesia yang perlu Anda ketahui agar bisa lebih banyak memberi referensi bagi orang lain yang ingin mencoba untuk minum kopi, antara lain:
  • Kopi Kintamani dari Bali
Mungkin awalnya saya beranggapan Bali hanya terkenal dengan pesona wisatanya namun ternyata saya salah karena biji kopi Kintamani berasal dari Bali yang tergolong jenis Arabica merupakan favorit para penikmat kopi.
  • Kopi Robusta dari Temanggung
Temanggung merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang bisa dikatakan termasuk dataran tinggi di Indonesia. Kopi Temanggung memiliki rasa asam yang menarik minat pecinta kopi. Bahkan karena keunikan rasanya sehingga merek kopi dari Temanggung ini dilindungi oleh sertifikat Indikasi Geografis 
  • Kopi Bajawa dari Flores
Semakin ke timur, Anda akan menemukan biji kopi yang juga memiliki aroma unik setiap kali menikmatinya. Adalah kopi Bajawa dari Flores yang memiliki aroma kacang-kacangan ketika kita mulai menghirup aroma dan juga merasakan di setiap tegukannya. Saya pribadi menyukai kacang sebagai salah satu kudapan sehingga apabila ditemukan dalam secangkir kopi tentu akan semakin menggugah selera bukan! 
  • Kopi Arabika dari Aceh
Masyarakat Aceh yang terkenal dengan budaya minum kopi yang dikenal dengan istilah Bi Kupi Pancong Saboh tentu tak lepas dari predikatnya sebagai salah satu daerah penghasil jenis kopi Indonesia yang berkualitas. Kopi dari Aceh ini terkenal dengan nama Kopi Arabika Gayo Aceh. 
  • Kopi Liberika dari Riau
Beberapa daerah Sumatera cukup dikenal sebagai penghasil biji kopi pilihan, salah satunya di Provinsi Riau. Keunikaan Kopi Liberika dari Riau ini adalah memiliki aroma buah nangka. Wah, tentu akan terasa kesegarannya donk ketika minum secangkir kopi beraroma buah.

Kalau dilihat dari daerah tempat penghasil biji kopi yang berkualitas dan mendunia, maka dapat dikatakan hampir seluruh wilayah di Indonesia merupakan penghasil biji kopi terbaik. 

Kesimpulan

Kopi merupakan salah satu minuman yang bisa menyatukan beberapa individu dalam obrolan yang mengasyikkan. Kopi dalam diminum kapan saja dan dalam musim apapun. Tak peduli musim hujan dimana kopi bisa menghangatkan tubuh dan mencairkan suasana, di musim panas pun kopi bisa kita minum tanpa mengurangi kenikmatannya,

Ketika Anda tahu bagaimana cara menikmati secangkir kopi maka disitulah seni yang bisa Anda dapatkan. Bagi Anda yang senang berkumpul dalam komunitas pecinta alam dan ingin mendapatkan informasi seputar kegiatan tersebut, Anda bisa bergabung menjadi member SuperAdventure
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis
Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Related Posts

24 komentar

  1. Kalo di Lampung jenis kopi yang sering ditanam adalah jenis kopi arabika dan kopi robusta...
    Banyak ditanam di kabupaten Lampung Barat (Liwa) dsk.

    Nah jenis kopi ini rasanya sangat enak sekali dan baunya harum.

    Saya juga penyuka kopi...cuma konsumsi secukupnya saja kak, sesuai kebutuhan. Bukan menjadi agenda rutin harian...

    BalasHapus
  2. Darimanapun kopinya berasal, saya suka kopi berdasarkan olahannya Mom. Seperti kopi susu, mocca, capuccino, latte. Hehehee.

    BalasHapus
  3. Saya juga suka minum kopi sambil beraktivitas, terutama saat menulis artikel, jadi menambah semangat lagi. Tapi saya suka minum yang sachetan. Maunya sih kopi-kopi yang kayak di cafe gitu, tapi kalau setiap hari, bisa diabetes dan isi dompet jebol, hehehe...

    Banyak daerah di Indonesia yang menghasilkan kopi terbaik, salah satunya yang saya kenal biasanya dari daerah TImur, kayak Lombok dan Flores, tapi belum pernah nyobain. Jadi penasaran. Aceh juga kopinya uenak, udah pernah nyobain langsung, namanya Kopi Sarang, di Pulau Sabang, Aceh.

    Kopi itu dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari rakyat paling bawah hingga yang paling atas. Hanya saja penyajiannya yang mungkin berbeda.

    Nice inpoh kakakkkkk

    BalasHapus
  4. Kopi Aceh, pernah nyoba sekali, dan sukses semalaman nggak bisa tidur.
    Waktu itu pas ada tugas ke aceh, di ajak teman-teman minum kopi di kedai kopi pinggir jalan.

    BalasHapus
  5. Infonesia ini surganya kopi. Banyak sekali jenis2 kopi dengan rasa khasnya masing-masing. Aku sih bukan pecinta kopi, tapi suka sekali menghirup aroma kopi. Klo pas suami nyeduh kopi, aku bagian menghirup aromanya haha

    BalasHapus
  6. Kalau inget kopi, aku selalu inget sebagai temen begadang kala Dateline datang. Ehh...ternyata beneran ya kalau kopi itu bisa jadi moodbooster dan munculnya inspirasi.

    BalasHapus
  7. Aaah betul bgt, dengan mengkonsumsi kopi dapat memgurangi stres. Saya pun demikian, tiap kali sedang bekerja yang dikejar DL, maka kopi menjadi salah satu teman setia menemani. Semangat kerja kembali pulih serta tidak merasakan ada beban pada saat bekerja.

    BalasHapus
  8. Makin didalami makin banyak informasi yang kita belum ngerti. Saya sebagai penggemar kopi ala-ala masih sulit bedakan aneka macam kopi. Yang saya tahu, kalau mau kopi sehat ya bukan kopi instan yang hanya berisi perasa dan gula, ya?

    BalasHapus
  9. Saya kalau lagi gak bersemangat atau lagi dikejar deadline sering kali mengonsumsi kopi untuk membangkitkan semangat dan bikin joss kembali. Namun, saya juga sedang mencoba mengurangi konsumsi kopi biar bb gak makin bengkak, hehehe.

    BalasHapus
  10. Wah menarik ya? Sayang saya bukan pencinta kopi. Melainkan teh. Tapi seru aja kalo membaca hal-hal yg terkait kopi.

    BalasHapus
  11. Aku suka mencium bau kopi mbak walo bukan pecinta kopi banget. Masih level kopi susu belum sampai level kopi asli hitam gitu. Asyik juga ya menjelajah aneka jenis kopi ini. Asal daerah membuat kopi memiliki cita rasa yang berbeda juga.

    BalasHapus
  12. kopi Toraja gak masuk daftar sini yaa Mbak?
    salah satu kopi yang banyak diincar juga kan itu :)
    eh ya jadi penasaran dengan kopi Bajawa dari Flores, minum ini bisa sekalian rasain ngemil gitu ya, secara ada aroma/rasa kacangnya ya :)

    BalasHapus
  13. Saya bukan coffe lovers jadi kurang tahu dengan jenis kopi di Indonesia baca postingan ini jadi nambah wawasan dan merasa senang juga karena ternyata kopi dari Indonesia termasuk kopi yang terbaik ya

    BalasHapus
  14. Saya sudah berusaha menyukai kopi. Sayangnya, jantung gak kuat. Jadi, tiap habis nyobain kopi, terutama kopi asli macam kopi Aceh, kopi Toraja, dll pasti beberapa menit setelahnya jantung langsung berdegup kencang.
    Pernah juga nyoba kopi sachet biasa yang dijual di toko, langsung deh semalaman gak bisa tidur dan badan gemetar. Yah, apa boleh buat, saya klo pengen cuma berani minum dikit aja, sekadar obat kangen.

    BalasHapus
  15. Aku gak oernah tahu apa sih bedanya kopi-kopi ini. Secara, aku sendiri gak bisa minum kopi.

    Kalau minum tuh suka kembung perutku. Jadi agak kapok

    BalasHapus
  16. Minum kopi sambil ngobrol bikin makin asyik. Buat pecinta kopi rasanya nggak afdol kalau tidak mencoba kopi hasil alam negeri sendiri. Meskipun punya banyak kopi kemasan, tapi soal rasa pastilah beda.

    BalasHapus
  17. Aku pikir selama ini kopi tu terbagi menjadi robusta dan arabika aja lho mbak. Walau pernah denger nama kintamani juga. Tapi kupikir kintamani ini bagian dari robusta atau arabika. Hmmm.

    BalasHapus
  18. Ada Kopi Toraja juga yang lumayan terkenal dari provinsi saya, Mbak. Banyak juga peminatnya.

    BalasHapus
  19. Indonesia kaya akan kopinya juga ya, Mba. Di setiap daerah punya jenisnya tersendiri. Aku sekarang lagi suka kopi pahit karena lebih nyaman di perut.

    BalasHapus
  20. Ulasan yang menarik mbak. Saya ngopi tidak terlalu hobi, karena ada beberapa kopi tertentu yang membuat lambung saya bergejolak. kecuali kalau disuguhin oleh orang lain, saya pasti minum. hehe

    BalasHapus
  21. Kopi daei Sumatra jenis kopi Liberica ya,, noted. Btw minum kopi tuh fave nya saya juga buat nemenin nulis, berasa fresh dan bersemangat yaa kl ngopi

    BalasHapus
  22. Karena saya lama di Bali, saya udah sering minum kopi Bali. Banyak juga jenisnya, gak cuma Kintamani. Apalagi brandnya banyak banget. Kintamani dari Bali unik, ada rasa jeruk2nya. Mungkin krn kintamani banyak ditanam jeruk ya. Jadi tanaman sela kopi yg notabene tanah dan lahannya sama, jadi ikut terbawa ke cita rasanya.

    BalasHapus
  23. Aku suka kopi Aceh kak. Apalagi kalo dicampur sama susu. Waaaah enak banget, jadi kawan sempurna ngerjain deadline.

    BalasHapus
  24. Bukan kaleng kaleng memang, indonesia surganya kopi. Maaf saya sendiri kurang suka konsumsi kopo, apalagi kopi hitam entah kenapa kayak nggak cocok gitu

    BalasHapus

Posting Komentar